Selasa, 06 Oktober 2009

Warnet Mulai Mengandalkan Penjualan Minuman

Warnet Mulai Mengandalkan Penjualan Minuman


Warnet Mulai Mengandalkan Penjualan Minuman

Posted: 05 Oct 2009 03:54 AM PDT

SLEMAN, KOMPAS.com - Di tengah persaingan bisnis internet, warnet-warnet di pinggiran kota bertahan dengan tarif sewa Rp 2.500 per jam. Tarif ini, sebenarnya hanya tipis di atas biaya operasional alias bukan tarif menguntungkan. Warnet bisa bertahan karena mengandalkan penjualan minuman dan makanan.

Starnet di perempatan Kamdanen, Sariharjo, Ngaglik, Sleman yang buka dua tahun lalu, mempunyai tujuh komputer yang menyala 16 jam sehari, dari pukul 09.00-23.00. Jika dihitung, tujuh komputer tersebut total menyala selama 132 jam tiap hari.

"Setiap hari, setidaknya 100 jam komputer pasti terpakai. Dengan kata lain, warnet ini cukup laris. Namun pendapatan dari sewa internet di tujuh komputer hanya tipis menutup biaya operasional," ujar Wilyanto, Administrasi Starnet, Senin (5/10).

Starnet tak memasang pendingin udara (AC) dengan alasan menghemat pengeluaran. Sebagai gantinya, dipasang dua kipas angin. Secara tampilan, Starnet memang kalah dari warnet lain di kota, salah satunya karena masih memasang monitor cembung. Padahal, warnet-warnet di kota berlomba memakai monitor layar datar.

Kondisi serupa nampak di Sastromutunet, di Perempatan Denggung, Sleman. Hanya saja, warnet ini berani memasang AC walau hanya satu unit. Heri, operator warnet di sana menuturkan, warnet bisa bertahan hidup karena menjual makanan dan minuman.

"Sekitar 20-30 botol minuman dingin dan 10 kue dan roti, pasti laku setiap hari. Kalau nggak ada tambahan pemasukan dari penjualan makanan dan minuman, tarif warnet ini enggak bisa Rp 2.500 per jam. Tarif di sini benar-benar murah," kata Heri.

Untuk menjaring konsumen, Sastromutunet buka nonstiop 24 jam. Menurut Heri, langkah itu cukup efektif karena dalam radius 3 km ke utara dan 2 km ke timur, tak ada warnet berdiri. Warnet terdekat dari Starnet berada di arah selatan dan barat yang berjarak 700-an meter.

Starnet juga terbilang warnet paling utara jika acuannya dari Jalan Palagan Tentara Pelajar. Ke utara lima km lebih, tak ada warnet lagi. Karena itu, banyak masyarakat dari Pakem datang ke warnet ini. Persentase pengunjung warnet adalah masyarakat dan pelajar/mahasiswa adalah sama besar.

 

 



image

Adobe Flash Player 10.1 Bawa Animasi ke Smartphone

Posted: 05 Oct 2009 02:04 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kebutuhan layanan multimedia meningkat pesat, Adobe mengumumkan Flash Player 10.1 untuk berbagai platform smartphone melalui Open Screen Project. Dengan aplikasi ini beragam konten animasi serta game-game dan video berbasis Flash bisa dimainkan di berbagai ponsel pintar.

Flash Player 10.1 juga sudah dilengkapi fitur yang mendukung layar sentuh, akselerometer, dan screen orientation. Selain itu, sofware ini juga mendukung kontrol berbasis sensor gerakan yang saat ini banyak dipakai untuk navigasi game dan musik. Adobe mengklaim software ini tidak akan menyedot daya besar saat memainkan beragam konten dan menghabiskan baterai.

Versi beta untuk pengembang akan tersedia akhir tahun ini. Masing-masing untuk platform Windows Mobile dan Palm webOS. Sementara versi beta untuk BlackBerry, Symbian, dan Android baru akan tersedia tahun 2010.

Adobe menyatakan tak kurang dari 19 vendor handset telah bekerja dengannya untuk mengintegrasikan software tersebut. Bahkan, bukan tidak mungkin Flash Player 10.1 akan mendukung handset-handset non-smartphone.

Sayangnya software tersebut belum akan mendukung iPhone. Adobe menyatakan pihaknya masih berupaya agar Flash Player bisa mendukung platform buatan Apple tersebut meski masih sangat terbatas.



image

Esia Beri Kemudahan Pelanggan di Padang

Posted: 05 Oct 2009 12:54 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menyediakan 20 nomor hotline yang ditempatkan di rumah sakit M. Djamil dan RRI Padang sejak hari pertama proses evakuasi berlangsung, Esia kali ini memberi kemudahan kepada pelanggannya di Padang untuk melakukan komunikasi. Program tersebut antara lain telepon gratis antarpengguna Esia, penyebaran kartu perdana secara cuma-cuma, tempat pengisian ulang baterai, dan memperpanjang masa aktif.

Sejak 3 Oktober 2009, Esia menggratiskan percakapan telepon sesama Esia di dalam kota-kota Sumatera Barat maupun antar kota dimana Esia telah beroperasi di Sumatera Barat seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar dan Padangpanjang dengan menggunakan kode akses 01010. Termasuk wilayah Pariaman, Lubuk Alung dan Pauh Kambar yang juga mengalami banyak kerusakan fisik dan korban jiwa. Telepon gratis juga diterapkan untuk percakapan telepon sesama Esia baik dari Padang ke Jakarta maupun sebaliknya juga dengan kode akses 01010.

"Dengan menggratiskan biaya telepon, masyarakat Sumatera Barat tidak lagi punya kendala untuk menggunakan esia di Padang atau di kota-kota lainnya di Sumatera Barat walaupun tidak punya pulsa ataupun uang untuk membeli pulsa," jelas Wakil Direktur Utama PT. Bakrie Telecom, Tbk, Erik Meijer dalam siaran persnya.

Esia juga tengah membagikan 1000 kartu perdana gratis bagi masyarakat Padang yang memiliki ponsel CDMA tapi kartunya tidak berfungsi lagi sehingga mereka tetap bisa memberikan informasi kepada keluarga dan kerabat baik di Sumbar maupun di Jakarta.

Masyarakat juga dapat mengisi baterei ponsel CDMA-nya karena Esia menyediakan pula fasilitas ini. Terdapat 2 lokasi strategis dimana masyarakat Padang dapat memperoleh kartu perdana gratis maupun mengisi ulang baterei ponselnya: Gerai Esia Jalan Ahmad Yani no. 40 Padang, dan Rumah Sakit M. Djamil Padang.

Selain itu Esia memperpanjangan otomatis masa aktif semua nomor Esia di semua kota di Sumatera Barat di mana Esia telah beroperasi hingga akhir Oktober 2009 sehingga pelanggan Esia tidak perlu isi voucher untuk dapat tetap menelpon dan menerima telpon.

Bagi masyarakat yang hendak membantu meringankan beban masyarakat Sumatera Barat, Esia memberi kesempatan dengan mempersiapkan SMS Donasi. Lewat jalur SMS ini masyarakat, khususnya pelanggan Esia di kota-kota lainnya di Indonesia bisa menyumbang sebesar Rp 5000,-. Untuk itu pelanggan Esia cukup mengetik "SUMBAR" dikirimkan ke nomor 5000. Keseluruhan program untuk Padang tersebut berlaku selama satu bulan mulai 3 Oktober 2009 hingga akhir Oktober 2009.



image

Eugene Kaspersky akan ke Jakarta, Mau Ketemu?

Posted: 05 Oct 2009 12:43 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila tak ada halangan Eugene Kaspersky, pendiri perusahaan penyedia antivirus terkemuka asal Russia-Kaspersky, akan datang ke Jakarta untuk pertama kalinya minggu ini. Ia akan meluncurkan K-Klub Indonesia, komunitas online yang baru didirikan Kaspersky untuk para pengguna dan fans bertukar pikiran soal keamanan komputer dan jaringan.

Chief Executive Officer Kaspersky Labs itu akan turun ke Jakarta untuk menyapa semua fans pada 9 Oktober 2009 di Bhineka.com Store, mal Mangga Dua. Ia akan menghabiskan waktu selama dua jam dari waktunya yang berharga dari pukul 14.00 hingga pukul 16.00.

Selama acara berlangsung tanggal 9 Oktober 2009, 5 pembeli produk Kaspersky 2010 Special Edition dan Kaspersky Mobile Security 8.0 di Mall Mangga Dua dan Orion Dusit akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik berupa handphone dan kesempatan berfoto bersama dengan Eugene Kaspersky.



image

Kaspersky Bangun Klub Virtual

Posted: 05 Oct 2009 12:36 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaspersky Lab mengumumkan peluncuran Kaspersky Friends and Fan Klub (K-Klub) yang merupakan komunitas online terintegrasi bagi pengguna dan fans Kaspersky untuk berbagi pemikiran dan minat, bertukar ide, dan bertemu dengan fans lainnya. Situs ini dapat diakses di www.kklub.net.

Klub virtual ini adalah yang pertama didirikan oleh penyedia solusi keamanan internet. Komunitas interaktif tinggi merupakan arena bermain yang dirancang secara unik di mana home dan corporate users dapat mengakses dari berbagai situs, dan menikmati cuplikan-cuplikan software dan games, dapat membeli merchandise dan produk Kaspersky dengan harga spesial, undangan eksklusif untuk acara dan pesta spesial, menerima berita spesial serta pemberitahuan acara.

Anggota K-Klub juga dapat berkorespondensi dengan ahli TI untuk mencari dukungan dan informasi sebanyak-banyaknya mengenai isu-isu keamanan teknologi informasi yang tersedia di website.

"Bagian jaringan sosial, bagian blog dan bagian forum para ahli, K-Klub adalah sebuah jalan baru yang menarik bagi penyokong keamanan teknologi informasi untuk berinteraksi dengan merk Kaspersky dan memperoleh informasi terbaru mengenai antivirus dan pertempuran kejahatan di dunia maya," ujar Gun Suk Ling, Kaspersky Lab's Director of Channel untuk Southeast Asia dalam siaran persnya.

K-Klub mengundang anggota masyarakat untuk memulai blog personal, membuat kelompok-kelompok dan berpartisipasi dalam forum untuk berbagi pemikiran mereka dan menciptakan diskusi publik lebih jauh mengenai tren terbaru dibandingkan dengan teknologi. Untuk berpartisipasi, pertama dan paling utama, anda perlu mendaftarkan diri sebagai anggota. Tidak perlu khawatir, mereka yang mendaftarkan diri akan memperoleh keanggotaan gratis seumur hidup dan seluruh akses ke kegiatan-kegiatan K-Klub. Sistem poin kami akan memastikan setiap yang anda lakukan dalam K-Klub akan diberi penghargaan.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION