Selasa, 13 Oktober 2009

Surabaya Network Building Diresmikan

Surabaya Network Building Diresmikan


Surabaya Network Building Diresmikan

Posted: 12 Oct 2009 12:00 PM PDT

VIVAnews - Bersamaan dengan perayaan ulang tahunnya yang ke-13 tahun, PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) meresmikan fasilitas jaringan barunya Surabaya Network Building (SNB) di Surabaya.

Menurut keterangan pers yang VIVAnews kutip, 12 Oktober 2009, peresmian tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas jaringan XL, khususnya di wilayah Jawa Timur dan Indonesia Timur yang terus mengalami pertumbuhan permintaan layanan.

"Fasilitas jaringan ini akan menjadi salah satu pusat monitoring atas kondisi jaringan di seluruh wilayah Indonesia Timur," kata Febriati Nadira, Manager Corporate Communication XL.

"Selain itu, SNB juga memungkinkan XL untuk bisa lebih memproteksi jaringannnya serta mampu membuat second route jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan di salah satu jaringan," ucap Ira.

Ira menjelaskan, SNB dibangun dengan masterplan 10 tahun ke depan. Dengan demikian, gedung ini diharapkan mampu menampung kebutuhan pengembangan jaringan XL hingga kurun waktu tersebut.

"Dengan adanya SNB ini, XL akan lebih leluasa dalam ekspansi kapasitas seiring dengan kenaikan pelanggan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir, serta penambahan beberapa fitur berkenaan dengan perkembangan teknologi dalam 10 tahun mendatang," ucap Ira.

Di kawasan Indonesia Timur, yang mencakup Jawa Timur, Sulawesi, NTB, NTT, Maluku, dan Papua, saat ini XL melayani sekitar 7,4 juta pelanggan dan memiliki sekitar 4.400 BTS (2G/3G). Di daerah ini, jaringan XL juga ditopang dengan fiber optik dan satelit.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Komunikasi Murah ke Arab Saudi

Posted: 12 Oct 2009 11:05 AM PDT

VIVAnews - Menjelang Idul Adha, 3 (Tri), operator jaringan GSM milik PT Hutchison CP Telecommunication (HCPT) berencana untuk menyediakan akses komunikasi murah ke luar negeri. Caranya melalui kode akses 01089 dengan tarif Rp 1.299/menit ke nomor telepon tetap dan ponsel di Arab Saudi.

Tidak hanya sambungan suara, Tri juga memberikan promo tarif SMS ke Arab Saudi hanya Rp 199/SMS dan MMS Rp 1.000/MMS. Bahkan, bagi jamaah haji di Arab Saudi dapat menerima SMS gratis tanpa dikenakan biaya tambahan.

Menurut Tri, potensi pasar jemaah Haji cukup besar. "Tahun ini Departemen Agama RI memperkirakan sekitar 207 ribu calon jemaah haji Indonesia akan terbang ke Saudi Arabia mulai 23 Oktober 2009," kata Suresh Reddy, Chief Commercial Officer Tri, pada keterangan pers yang VIVAnews kutip, 13 Oktober 2009.

Bagi pelanggan Tri yang menunaikan ibadah haji di Arab Saudi, dijamin Suresh, tetap dapat mengaktifkan nomornya. Bagi pelanggan 3 prabayar dapat menikmati fasilitas Call Back sementara pelanggan 3 paskabayar bisa menikmati fasilitas Call Back dan Direct Call.

Call Back adalah fasilitas jelajah internasional yang dapat digunakan pelanggan tanpa harus memberikan deposit maupun registrasi. Tarif percakapan yang dikenakan real time. Sementara Direct Call merupakan layanan jelajah internasional yang memungkinkan pelanggan untuk langsung menghubungi nomor tujuan dimanapun.

"Untuk menikmati layanan ini, pelanggan terlebih dahulu melakukan registrasi dan deposit di 3store," ucap Suresh.

Namun, registrasi dan deposit ini cukup dilakukan satu kali dan berlaku bagi keperluan jelajah internasional di negara-negara lain yang menjadi kunjungan berikutnya. Untuk tarifnya, akan disesuaikan dengan tarif yang diberlakukan oleh mitra operator jelajah internasional di negara tersebut.

Di Arab Saudi, jaringan operator yang telah bekerja sama dengan HCPT adalah Etisalat (Mobily) dan Al Jawaal (STC).

Setalah dua tahun beroperasi, Tri telah melayani 21 propinsi di Indonesia. Layanan telekomunikasi selular Tri didukung oleh 7.300 BTS (Juni 2009) dan telah melayani 6,4 juta pelanggan di 3.000 kecamatan.

Adapun wilayah-wilayah yang sudah dijangkau Tri meliputi Kepulauan Riau, NAD, Lampung, Yogyakarta, Jatim, Jateng, Jabar, Jambi, Jakarta, Banten, Bengkulu, kepulauan Bangka Belitung, Bali, NTB, Banjarmasin, Banjar, Barito Kuala, Banjar Baru, Samarinda, Kutai Kertanegara, Balikpapan dan Sulawesi.

This content has passed through fivefilters.org.



image

IMO G910, ‘Nokia E71’ Rp 1 Juta

Posted: 12 Oct 2009 09:05 AM PDT

VIVAnews - Menyusul vendor ponsel merk lokal lainnya, IMO mengumumkan kerjasamanya dengan PT Indosat Tbk (Indosat). Berdua, mereka menjajakan produk bundel perdana, IMO G910.

Masih mengedepankan desain candybar horizontal dengan susunan keyboard Qwerty, IMO G910 digelontorkan ke pasar dengan fisik menyerupai handset Nokia E71.

Dengan layar selebar 2,4 inci, ponsel yang dibungkus chrome metalik memberi kemudahan bagi penggunanya menjalankan aplikasi social media atau jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya.

Beroperasi di frekuensi GSM-GSM 900/1800MHz, ponsel dual-on GSM berdimensi 114 x 58 x 10 mm ini juga dilengkapi dengan konektivitas data GPRS dan Bluetooth. Sayangnya, IMO belum menyematkan WLAN untuk konektivitas Wi-fi di IMO G910.

Meski begitu, kekurangan bisa ditutupi dengan sejumlah fitur multimedianya. Sebut saja, kamera flash light berkemampuan 1,3MP, radio FM, pemutar musik MP3, AMR, hingga Midi, dan platform Java, yang memungkinkan pengguna dapat menambah aplikasi-aplikasi berbasis Java yang dibutuhkannya lewat jalur download.

"Harganya cukup kompetitif dan relatif terjangkau. Tak jauh berbeda dengan pesaing, kami memasarkan IMO G910 dengan harga Rp 999.000 per unitnya," kata Sarwo Wargono, Presiden Direktur PT Koin, distributor resmi ponsel Philips dan IMO di Indonesia.

"Di dalam paket tersebut, pelanggan tak hanya mendapatkan satu buah starter pack, tetapi juga voucher IM3 gratis senilai Rp 50.000," ucap Sarwo saat ditemui wartawan di sela Peluncuran IMO G910, di Jakarta, 12 Oktober 2009.

Ke depannya, Sarwo menuturkan, pihaknya berencana merilis sejumlah ponsel anyar dengan sistem bundel lebih banyak lagi dengan value lebih tinggi. "Namun, kami tetap menjaga agar harganya terjangkau, terutama bagi segmen low-end dan mid-end," ucapnya.

This content has passed through fivefilters.org.



image

IMO Tawarkan ‘Palm Centro'’ dan ‘HTC Snap'

Posted: 12 Oct 2009 03:15 AM PDT

VIVAnews - Ingin terlihat berbeda dengan vendor-vendor ponsel merk lokal lainnya, IMO mengaku telah menyiapkan "Palm Centro" untuk pasar Indonesia. Ponsel tersebut ditawarkan dalam empat pilihan warna, yakni merah cerah, hijau lemon, silver chrome, dan biru langit.

Menilik spesifikasinya, ponsel warna-warni dual-on GSM-GSM 900/1800 satu ini telah dilengkapi sound box untuk kualitas audio yang lebih mumpuni, kamera 1,3MP, multimedia player, dan platform Java untuk aplikasi-aplikasi tambahan.

Masih belum puas, IMO mengantongi satu senjata andalan lagi, "HTC Snap" IMO G911. Tetap menawarkan kemampuan dual-on GSM-GSM 900/1800, ponsel berdimensi 109x61x13,5 mm dengan berat 120 gram ini juga dilengkapi dengan navigasi trackball, dual camera, dan TV analog. IMo juga tidak lupa membenamkan aplikasi Facebook dan platform Java di dalamnya.

"Dalam waktu dekat, keseluruhan ponsel ini akan didistribusikan ke seluruh gerai IMO di Indonesia," kata Sarwo Wargono, Presiden Direktur PT Koin, distributor resmi ponsel Philips dan IMO di Indonesia. "Dengan kisaran harga 900 ribuan hingga 1,5 jutaan, IMO yakin lini produk teranyarnya tersebut dapat direspon baik dan diserap cepat oleh segmen mid-end dan low-end," ucap Sarwo.

Sarwo menyebutkan, sampai akhir 2009, pihaknya masih akan menyiapkan 4 sampai 5 produk lagi. "Dengan jajaran produk baru berdesain candy bar Qwerty, kami yakin dapat merebut 10 persen lagi hingga akhir tahun, menjadi 20 persen pangsa pasar," ucap Sarwo.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Kendala Teknis, Palapa Ring Tertunda

Posted: 12 Oct 2009 02:06 AM PDT

VIVAnews - Peresmian mega proyek pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Kawasan Timur Indonesia (KTI), Palapa Ring, ditunda karena alasan teknis.

"Sejatinya, peresmian akan dilakukan 12 Oktober 2009. Namun, karena ada beberapa kendala teknis yang belum selesai, maka diundur," ungkap Sekjen Depkominfo Basuki Yusuf Iskandar, pada keterangan pers yang VIVAnews terima, 12 Oktober 2009.

Palapa Ring sendiri merupakan megaproyek pembangunan tulang punggung (backbone) serat optik yang diinisiasi oleh pemerintah, yang terdiri dari 35.280 kilometer serat optik bawah laut (submarine cable) dan 21.708 kilometer serat optik bawah tanah (inland cable).

Kabel backbone yang terdiri dari 7 cincin (ring) melingkupi 33 provinsi dan 460 kabupaten di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Basuki mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diterimanya, proses tender untuk vendor yang dimiliki Telkom belum selesai. "Saya dengar tinggal tiga. Tetapi, ini tidak bisa main tunjuk langsung. Saya setuju jika mengikuti peraturan saja. Lebih baik ditunda ketimbang mencari terobosan dalam tender tetapi bermasalah nantinya di mata hukum," kata Basuki.

Kendati diundur, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) tetap optimis dapat menyelesaikan pembangunan backbone serat optik Mataram Kupang (Mataram-Kupang Cable System) akan berjalan lancar dan tepat waktu.

"Penundaan tersebut sama sekali tidak akan mengganggu jadwal proyek secara keseluruhan yang ditargetkan selesai pada tahun 2010. Kami akan terus fokus menyiapkan sebaik mungkin segala sesuatunya, baik proses maupun penggelarannya," kata Eddy Kurnia, VP Public and Marketing Communications Telkom, pada kesempatan yang berbeda pada VIVAnews.

"Dalam hal event ini, Telkom dalam posisi ikut saja, artinya kapan saja Pemerintah berkeinginan memulai, kami siap," kata Eddy.

Selain membangun serat optik Mataram Kupang (Mataram Kupang Cable System), sepanjang 1.041KM laut dengan 6 Landing Point di kota Mataram, Sumbawa Besar, Raba, Waingapu dan Kupang, akan dibangun pula jaringan sepanjang 810KM darat dengan 15 node di kota Mataram, Pringgabaya, Newmont, Taliwang, Sumbawa Besar, Ampang, Dompu, Raba, Labuhan Bajo, Ruteng, Bajawa, Ende, Maumere, Waingapu, dan Kupang.

"Proyek Mataram Kupang Cable System merupakan inisiatif Telkom untuk mendukung percepatan pembangunan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang diharapkan selesai akhir September 2010," ucap Eddy.

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION