Selasa, 27 Oktober 2009

Smart Segera Luncurkan BlackBerry CDMA

Smart Segera Luncurkan BlackBerry CDMA


Smart Segera Luncurkan BlackBerry CDMA

Posted: 26 Oct 2009 12:38 PM PDT

VIVAnews - Tersembunyi dari hingar bingar dan gegap gempita pembicaraan orang tentang perangkat RIM anyar BlackBerry Gemini, ternyata operator CDMA milik kelompok Sinar Mas, Smart, juga akan segera meluncurkan perangkat dan layanan BlackBerry CDMA pertama di Indonesia.

Informasi ini diketahui VIVAnews yang sempat memergoki kegiatan pemasaran secara terbatas di sekitar wilayah Kebagusan Jakarta Selatan. Beberapa tenaga pemasaran Smart dipergoki sedang membagikan flyer-flyer handset BlackBerry yang bakal dilansir dalam waktu dekat.

Namun demikian, saat dikonfirmasi, Head of VAS & Business Development Smart Telecom Tom Alamas Dinharsa mengunci mulutnya rapat-rapat. "Kami belum bisa mengeluarkan keterangan resmi apa-apa terkait peluncuran BlackBerry CDMA," ujar Tom kepada VIVAnews, Senin 26 Oktober 2009.

Tom mengakui, sejauh ini Smart telah melakukan ujicoba BlackBerry CDMA di jaringannya. Bahkan, lebih jauh dari itu, Smart masih menunggu persetujuan dari pemerintah. "Seperti yang diketahui, semuanya harus memenuhi uji kelayakan dan beberapa persyaratan lainnya," Tom menandaskan.

Sayangnya, Tom mengaku tak bisa memaparkan informasi lebih jauh. "Maaf, RIM (vendor pembuat perangkat BlackBerry asal Kanada - red) tidak memberi kita keleluasaan untuk berbicara banyak tentang BlackBerry. Nanti, saya baru bisa berbicara banyak setelah diluncurkan," ujar Tom.

Dari informasi yang didapatkan VIVAnews, langkah Smart kali ini tak main-main, mereka langsung melansir 4 model BlackBerry anyar. Yakni Curve 8330, Curve 8830, Storm 9530, dan Tour 9630.

BlackBerry Curve 8330 yang akan dilempar Smart adalah ponsel CDMA yang bekerja di pita frekuensi 800/1900 MHz dan mampu mengadopsi teknologi EvDO (Evolution Data Optimazed), selain teknologi CDMA 2000 1x. EvDO adalah teknologi generasi ketiga CDMA dengan kecepatan akses maksimum di atas 2 Mbps.

Tak hanya itu, ponsel ini juga menyediakan koneksi Bluetooth dan GPS namun tanpa WiFi. Ponsel ini rencananya dijual tanpa slot UIM card (inject), dan dikunci hanya untuk pelanggan Smart. Kemungkinan ponsel ini bakal dibanderol seharga Rp 2,9 juta.

Adapun Curve 8830 adalah salah satu ponsel full QWERTY dari RIM yang paling ringan dan mungil. Keunggulannya, ia bisa beroperasi di dua jaringan, yakni GSM dan CDMA 2000 1x, yang bisa digunakan secara bergantian (tidak dual stand-by).

Selain itu ia menyediakan koneksi Bluetooth dan GPS, serta memiliki layar resolusi tinggi dan kemampuan berfungsi sebagai modem (misalnya untuk laptop). Ia hanya menyediakan slot SIM card GSM, dan tidak menyediakan slot UIM card (inject) yang dikunci hanya untuk pelanggan Smart. Kemungkinan, model ini dijual sekitar Rp 3,3 juta.

Sementara Storm 9530 adalah ponsel BlackBerry dual mode (GSM dan CDMA) pertama yang menggunakan antarmuka sentuhan jari. Seperti halnya model Storm untuk GSM, ponsel pintar yang dilengkapi dengan kamera 3,2 megapiksel.

Belum jelas apakah ia sudah memiliki koneksi WiFi serta mendukung Bluetooth dan GPS. Seperti halnya Curve 8830, ia juga hanya menyediakan slot bagi SIM card dan mengunci kartu CDMA pengguna hanya untuk pelanggan Smart. Ia kemungkinan akan dibanderol sebesar Rp 5,5 juta.

Yang terakhir, Tour 9630 adalah ponsel yang beroperasi di jaringan quadband GSM/GPRS/EDGE dan dual band UMTS/ HSPA, sekaligus single band CDMA/ EvDO. Ia dilengkapi dengan kamera 3,2 megapiksel, koneksi Bluetooth, GPS, dan media player.

Seperti halnya Storm 9530, ia juga hanya menyediakan slot SIM card, tanpa kartu UIM (nomor CDMA diinject). Menurut desas-desus, SMart telah menyetok keempat jenis perangkat BlackBerry ini hingg berjumlah 20 ribu unit.

Padahal, sebelumnya Smart terlihat tak begitu optimis dengan potensi pasar BlackBerry CDMA. Tapi ternyata operator tersebut kemungkinan besar bakal segera "memboyong" layanan BlackBerry CDMA ke Indonesia.

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tifatul Gunakan Twitter untuk Himpun Masukan

Posted: 26 Oct 2009 10:06 AM PDT

VIVAnews - Menkominfo baru Tifatul Sembiring agaknya bakal memberdayakan situs mikroblog Twitter untuk mensosialisasikan sekaligus menjaring masukan-masukan untuk mendukung program kerjanya.

Terhitung semenjak memposting tweet (status twitter) pertamanya pada 21 Oktober lalu (baru enam hari), Tifatul sudah menggaet hampir 14 ribu pengikut (follower). Dari sekitar 30 tweet yang telah ditulis, Tifatul sudah beberapa kali meminta masukan kepada orang-orang melalui jejaring sosial itu.

"selamat pagi. bunga merekah bunga cempaka, hidup indah tanpa prasangka. terima ksh kritik & masukan yg berharga. msh trs explor twitter :) ," ujar Tifatul pada tweet yang dibuatnya Senin 26 Oktober 2009 pagi.

Salah satu tweet terakhir Tifatul untuk menjaring masukan dari para pengikutnya adalah saat ia meminta masukan tentang model negara mana yang menerapkan open source, yang cocok untuk Indonesia. "jika staff ahli saya slrh followers :) kira2 negara mana yg diusulkan jd benchmark opensource dan mengapa?" kata Tifatul.

Pertanyaan tersebut langsung beroleh balasan masukan dari banyak tweeps (warga twitter). Antara lain salah satu tokoh open source Harry Sufehmi yang menyarankan Indonesia untuk berkiblat pada Brazil, Jerman, Peru, China, dan Jepang, beserta link cerita sukses yang melatarinya.

Namun tak semua pengikut Pak Menteri yang mengerti konteks dari pertanyaannya. "benchmark opensource apaan si pak? maklum masih imut" saya, kaga ngarti," kata tazkiashafira.

Setidaknya, kehadiran Tifatul di Twitter cukup menarik perhatian. Apalagi banyak tweet dari Tifatul yang disertai dengan pantun. "terima kasih buat teman yg sdh follow saya, kehormatan buat saya sbg newbie. pohon rimbun di jatijajar, harap maklum baru belajar. :) ," ujar Tifatul dalam satu tweetnya.

Tak hanya itu, disertai pantun, Tifatul juga menjadi orang pertama memberi selamat kepada blogger di Hari Nasional Blogger yang jatuh pada tanggal 27 Oktober. "tepat tgl 27/10. ingin jd yg pertama ucapakan: selamat HARI BLOGGER NASIONAL! pergi ke palu membawa koper, jayalah selalu hai para Blogger!"

Oleh karenanya, ada salah seorang tweep yang memelesetkan nama Tifatul menjadi Tweefatul Sembiring. Bahkan sutradara Joko Anwar menyebut tweet berpantun milik Tifatul dengan istilah Pantweet.

Langkah Tifatul untuk memanfaatkan Twitter untuk berkomunikasi ternyata juga akan diikuti oleh para menteri dari Partai Keadilan Sejahtera lainnya. Tiga menteri PKS lain terlihat sudah memiliki akun di Twitter kendati belum seaktif Tifatul. Mereka bisa diikuti di @suharnas, @suswono, dan @salimsegaf.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Mantap, Tilera Bikin Prosesor 100 Core

Posted: 26 Oct 2009 08:07 AM PDT

SAN JOSE, KOMPAS.com - Intel dan AMD bakal berhadapan dengan pesaing baru dalam bisnis prosesor. Tidak main-main, sang pesaing, Tilera yang bermarkas di San Jose, California, AS ini akan merilis prosesor sampai 100 core, bukan dual core, triple core, atau quadcore.

Prosesor keluarga TILE-Gx ini terdiri dari empat jenis yakni prosesor dengan 16 core, 36 core, 64 core, dan 100 core. Prosesor-prosesor ini diklaim paling bertenaga saat ini di antara prosesor multicore di PC karena secara umum kinerja sebuah prosesor berbanding lurus dengan jumlah core-nya.

Tilera juga mengklaim TILE-Gx memiliki nilai kinerja per watt hingga sepuluh kali lipat kemampuan chip Intel generasi mendatang Westmere. Desain prosesor Tilera dikembangkan berdasarkan teknologi Multicore Development Environment berbasis interkoneksi Imesh dua dimensi yang meniadakan kebutuhan on-chip bus dan teknologi Dynamic Distributed Cache System yang memungkinkan setiap cache lokal di setiap core dapat dibagi dengan seluruh core.

Meski dirancang Tilera, TILE-Gx dibuat dengan teknologi proses 40 nanometer TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturign Company). Prosesor ini bekerja pada 1.5 GHz dengan konsumsi daya antara 10-55 watt. Harganya sendiri masih belum diumumkan dan prosesor ini direncanakan rilis kuartal keempat 2010.

This content has passed through fivefilters.org.



image

UU untuk Atasi Limbah Elektronik

Posted: 26 Oct 2009 07:55 AM PDT

VIVAnews - Gubernur Wisconsin Amerika Serikat Jim Doyle menandatangani Undang-Undang untuk mengurangi jumlah unit sampah komputer dan perangkat elektronik lainnya yang dibuang di daratan.

Sekadar diketahui, Wisconsin merupakan salah dari 50 negara bagian di Amerika Serikat bagian utara, yang terletak persis di sebelah barat Danau Michigan. Negara bagian dengan ibukota Madison ini memiliki sekitar 5,6 juta penduduk.

Di dalam aturan yang telah ditandangani Doyle akhir pekan lalu dijelaskan bahwa Wisconsin membutuhkan sejumlah perusahaan manufaktur untuk mendaur ulang berbagai perangkat elektronik konsumer. Adapun limbah elektronik mencakup televisi, komputer, dan printer.

Inisiatif ini diajukan Doyle mengingat kandungan di dalam perangkat elektronik tersebut mengandung bahan material berbahaya dan sulit didaur ulang, seperti merkuri, PCB, dan timah.

Seperti VIVAnews kutip dari Cellular News, 26 Oktober 2009, Wisconsin memang bukan yang pertama. Sebelumnya, inisiatif serupa juga telah diajukan 18 negara bagian AS lainnya, termasuk Minnesota dan Illnois, dan terbukti berhasil.

Dengan ditandatanganinya aturan tersebut, pembuangan sampah elektronik di daratan akan dilarang keras untuk seterusnya. Undang-undang itu juga telah disetujui Senat dan Majelis. Sayangnya, tidak dijelaskan lebih lanjut apa sanksi yang akan diberikan jika pelaku melanggar peraturan dan tetap membuang komputer bekas sembarangan.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Kurs Dollar Stabil, Harga Komputer Murah

Posted: 26 Oct 2009 04:19 AM PDT

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kurs dollar AS yang saat ini cenderung rendah, yakni di bawah Rp 9.500-an diyakini akan cukup stabil hingga beberapa bulan ke depan. Imbasnya adalah, harga komputer akan jatuh murah. Ini menguntungkan bagi masyarakat yang hendak membeli komputer.

Andi Riyanto, pemilik toko komputer Quadra di Jalan Kaliurang Km 5 mengatakan, stabilnya dollar terhadap rupiah kali sejak sebulan lalu, menjadi angin segar bagi pengusaha komputer. Pasar menjadi lebih bergairah karena harga komputer turun.

"Yang paling menentukan bukan kurs dollar yang tengah turun, namun karena stabilnya dollar. Ketika beberapa waktu lalu dollar AS menyentuh Rp 10.000 lebih, pasar komputer lesu. Begitu dolllar AS Rp 9.500, pasar mulai bergairah," katanya, Senin (26/10).

Dengan prediksi banyak pakar bahwa dollar tidak akan berfluktuasi tajam dalam jangka waktu yang lama, Andi yakin itu berlangsung beberapa bulan. Setidaknya minimal enam bulan. Komputer-komputer di Indonesia saat ini masih banyak yang merupakan impor.

Hanya sebagian kecil onderdil yang bisa dibuat Indonesia. Ia memprediksi laptop akan semakin diburu masyarakat, dan komputer meja makin terpinggir. Laptop bisa merebut 60 persen penjualan, sedangkan 40 persen adalah komputer meja.

Willy Sujono, pemilik Wisno Grahakom sebelumnya juga menyebut bahwa sekarang adalah saat yang tepat bagi masyarakat untuk membeli komputer. "Namun pertimbangan utama membeli komputer tetap berdasar kebutuhan. Jika butuh, ya segera beli," katanya.

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION