Jumat, 23 Oktober 2009

Pantau Macet Lewat BlackBerry

Pantau Macet Lewat BlackBerry


Pantau Macet Lewat BlackBerry

Posted: 22 Oct 2009 06:00 PM PDT

VIVAnews - Tak hanya map atau sekedar penunjuk jalan, Traffic.com melakukan terobosan dengan merilis aplikasi baru yang mampu menyuguhkan Anda informasi lalu lintas dengan dukungan GPS. Namun sayangnya, aplikasi ini hanya diperuntukkan bagi para pengguna BlackBerry.

Seperti VIVAnews kutip dari CrackBerry, 23 Oktober 2009, aplikasi gratis tersebut mampu memberikan informasi lengkap berupa gambar sederhana berbasis teknologi GPS mengenai kondisi lalu lintas di sekitar pengguna.

Untuk memudahkan pengguna awam, pada aplikasinya, Traffic.com memberikan indikasi berupa warna. Misalnya warna merah untuk kondisi jalanan macet, atau warna hijau untuk kondisi jalan lengang.

Tak hanya itu, ia juga memberikan informasi kecelakaan update di lokasi sekitar Anda dan masih banyak fungsi-fungsi lainnya.

Bagi para pengguna BlackBerry yang gemar melancong atau memiliki mobilitas cukup tinggi sehari-harinya, tentu aplikasi ini sangat membantu mereka beraktivitas. Terutama bagi para pelancong atau kurir.

Anda yang ingin mendapatkan aplikasi ini bisa mengunduhnya melalui BlackBerry App World yang dapat diakses melalui perangkat BlackBerry Anda. Namun, jika Anda berdomisili di Indonesia, mungkin Anda belum bisa menikmatinya karena akses BlackBerry App World masih terbatas.

Sekedar diketahui, BlackBerry App World adalah sebuah 'mal' online yang menyuguhkan ribuan bahkan jutaan aplikasi untuk browsing, belanja, download, sampai game.

Konsepnya serupa dengan apa yang disediakan Apple bagi pengguna iPhone, App Store. App Store mencatat kesuksesan luar biasa dengan mencatat 800 juta download dalam delapan bulan usianya.

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Acer Rilis Laptop dengan Tampilan 3D Pertama di Dunia

Posted: 22 Oct 2009 05:04 PM PDT

TEMPO Interaktif, Jakarta - Ada banyak cara untuk membuat laptop tak biasa. Acer tampaknya tahu betul hal itu. Maka perusahaan asal Taiwan ini pun meluncurkan Acer Aspire 573DG. Keunikannya, inilah laptop pertama di dunia dengan layar lebar yang mendukung gambar tiga dimensi (3D).

Dari berbagai informasi yang dikumpulkan, diketahui bahwa Aspire 573DG adalah bagian dari seri Gemstone yang legendaris. Tubuhnya cukup tebal dengan dimensi 15,1 x 9,9 x 1,4 inci. Jangan bandingkan dengan Acer Aspire Timeline yang langsing dan ringan itu. Jauh berbeda.

Bila dibandingkan dengan desain tubuh HP Pavilion Dv6 atau Gateway NV5807u, Aspire 573DG memang masih kurang gaya. Tapi ia juga sesungguhnya tak sekaku Dell Studio 1555.

Bobotnya hampir 2,8 kilogram. Tentu bukan komputer jinjing yang nyaman disandang di bahu atau dijinjing dalam waktu lama.

Tawaran utamanya tentu saja kemampuan layar 15,6 incinya menampilkan gambar tiga dimensi. Ini semua berkat hardware berupa sepasang kaca 3D stereoscopic yang polarized, yakni bisa dilihat secara baik pada pencahayaan sehari-hari. Teknologi ini didatangkan oleh DDD TriDef, yang menyediakan peranti keras dan lunaknya sekaligus.

Kombinasi peranti keras dan lunak ini tak hanya mampu menampilkan gambar yang sudah dari sananya berupa tampilan 3D. Gambar dua dimensi (2D) pun bisa diubah menjadi 3D pada layar beresolusi 1.366 x 768 (resolusi standar untuk menampilkan gambar 3D secara optimal) itu. Termasuk foto, video game, dan video.

TriDef sudah membenamkan beberapa content yang sudah diubah menjadi 3D. Bagi yang ingin melakukan perubahan pada koleksi gambar, game, atau videonya, bisa memakai tool TriDef.

Malah, mengubah tampilan 2D menjadi 3D juga singkat, meski Acer memakai teknologi dari pihak lain. Hal itu bisa dilakukan secara instan dan mudah, asalkan pengguna membuka semua berkas multimedia itu melalui Media Portal-nya TriDef. Bila tidak, tampilannya tak akan berubah meski layarnya 3D.

Pengujian yang dilakukan PC Magazine, untuk foto, render-nya akan menghasilkan tampilan 3D yang bagus. Pada foto yang beresolusi tinggi, tampilan 3D jauh lebih dalam.

Masalahnya, pada video 2D dan DVD, perubahan ini tak terlalu kentara. Efek 3D sulit dideteksi pada format video WMV, AVI, dan MPEG. Teknologi DDD TriDef juga belum mengenali format H.264 dan MP4. Ia sementara hanya mengenali atau mengubah format dengan lebih baik pada format video definisi tinggi.

"Pada musim liburan ini, kami melihat bahwa content 3D sangat populer pada film dan video game," kata Ray Sawall, Senior Manager Product Marketing Acer Amerika, pada siaran persnya kemarin.

Adapun pembuat produk elektronik konsumen akhir-akhir ini tengah berlomba-lomba membuat perangkat yang bisa menghadirkan content 3D ke pengguna. Sejauh ini, diskusi masalah itu lebih sering terdengar di industri televisi seperti yang sedang digarap Panasonic, Mitsubishi, dan Sony, yang berencana melempar televisi yang kompatibel dengan 3D ke pasar pada 2010.

Di bisnis komputer, ceritanya masih minimal. Acer adalah satu dari yang sedikit vendor yang mencoba menghadirkan tren layar 3D pada komputer jinjing. Tampilan 3D bisa diraih hanya dengan beberapa klik pada tetikus dan itu tanpa membutuhkan kartu grafis khusus.

Aspire 5738DG sudah memakai sistem operasi Windows 7 yang diluncurkan oleh Microsoft secara resmi di seluruh dunia kemarin. Laptop ini dibanderol US$ 780. Prosesornya mengandalkan Intel Core 2 Duo, cip grafis ATI Mobility Radeon HD 4570. Selain itu, memori RAM 4 gigabita (GB), hard disk 320 GB, sebuah kamera web, dan TouchPad yang mengenali berbagai gestur jari-jari.

DEDDY SINAGA | PCMAG | AP | WIRED

This content has passed through fivefilters.org.



image

Nokia Gugat Apple, iPhone Dituding Melanggar Paten

Posted: 22 Oct 2009 03:29 PM PDT

WASHINGTON, KOMPAS.com - Nokia menggugat Apple atas tudingan pelanggaran paten pada perangkat smartphone iPhone. Produsen ponsel terbesar dunia itu menengarai perangkat iPhone yang diprduksi sejak tahun 2007 telah menggunakan sepuluh patennya tanpa izin.

Paten-paten tersebut menurut rilis pers berkaitan dengan dasar teknologi agar sebuah perangkat bisa bekerja dalam berbagai standar teknologi seperti GSM, UMTS, dan wireless LAN. Selain itu, paten-paten lainnya terkait transfer data nirkabel, speech coding, security, dan enkripsi data.

Penjelasan atas gugatan pelanggaran paten tersebutbelum diungkapkan secara rinci oleh Nokia. Namun, intinya Nokia menuding Apple menggnakan standar teknologinya tanpa memberikan kompensasi sepeserpun.

"Dengan mengabaikan aturan main terkait hak cipta Nokia, Apple telah berusaha memanfaatkan inovasi Nokia tanpa membayar," ujar Ilkka Rahnasto, wakil presiden untuk urusan Legal dan Hak Cipta Nokia.

Nokia dan Apple pernah dituding sama-sama melanggar paten dalam penggunaan teknologi 3G. Namun Nokia telah menyelesaikan masalah tersebut melalui International Telecommunication Union (ITU) pada Agustus lalu. Sementara Apple terpaksa harus menandatangani lisensi dengan InterDigital sebagai penggugat atas paten tersebut sejak tahun 2007.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Windows 7 Dirilis, IE 8 Ditambal

Posted: 22 Oct 2009 09:05 AM PDT

VIVAnews - Tepat di hari peluncuran sistem operasi terbaru, Windows 7 secara global, Microsoft juga meluncurkan update terhadap salah satu komponen yang ada di dalamnya.

Internet Explorer 8, browser yang terintegrasi di Windows 7 – meski bisa dilepas – mendapatkan tambalan terbaru (patch).

Dari informasi yang VIVAnews kutip dari Microsoft, 23 Oktober 2009, dalam bundel patch berukuran 9,2MB tersebut, selain menambal celah yang ditemukan oleh pengguna Internet Explorer, patch ini juga mengatasi tiga celah lainnya pada IE yang ditemukan oleh tim Microsoft yang tidak diungkapkan pada publik.

Disebutkan, celah tersebut memungkinkan eksekusi kode dari jarak jauh jika seorang pengguna mengunjungi situs tertentu di internet menggunakan browser Microsoft IE.

Meski demikian, Microsoft menyebutkan, pengguna yang hanya memiliki opsi terbatas di dalam sistem operasi tersebut (bukan administrator) tidak terlalu terkena dampak dari celah keamanan yang ditemukan.

Selain pengguna Internet Explorer, pengguna browser Mozilla Firefox yang menjalankan plug-in Windows Presentation Foundation (WPF) dan tidak mendisable-nya juga harus menginstalasikan update keamanan tersebut.

Tambalan ini sifatnya kritis. Khususnya bagi mereka yang menggunakan Internet Explorer seri 5.01, Internet Explorer 6, Internet Explorer 6 Service Pack 1, Internet Explorer 7, dan Internet Explorer 8.

Pengguna yang tidak meng-enable opsi automatic update perlu memeriksa update dan menginstalasikan patch ini secara manual. Untuk itu silakan kunjungi situs update Microsoft di sini. Adapun keterangan lebih lanjut mengenai patch yang bersangkutan tersedia di sini.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Gandum Akan Ditanam di Temanggung

Posted: 22 Oct 2009 08:38 AM PDT

Temanggung (ANTARA) - Gandum yang selama ini merupakan barang impor akan dicoba ditanam di dataran tinggi di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

"Pada tahun 2010 akan diuji coba penanaman gandum di tiga titik di Kabupaten Temanggung dengan ketinggian 300 meter di atas permukaan air laut (DPL), 500 meter DPL, dan 1.000 meter DPL," kata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Temanggung, Rony Nurhastuti di Temanggung, Kamis.

Ia mengatakan, masing-masing lokasi akan ditanam sekitar 0,25 hektare dengan dana dari Badan Penelitian dan Pengembangan Provisi Jawa Tengah.

"Hingga saat ini kami masih mencari lokasi yang sesuai dengan ketinggian tersebut," katanya.

Menurut dia, uji coba penanaman di tiga tempat dengan ketinggian yang berbeda tersebut untuk mengetahui daerah yang cocok sebagai lokasi penanaman gandum.

Ia mengatakan, jika memang cocok ditanam di Temanggung maka gandum akan dikembangkan di kawasan antara Gunung Sindoro dan Sumbing ini.

"Kalau tanaman gandum cocok ditanam di sini dan hasilnya juga baik maka akan dikembangkan, apalagi selama ini gandum masih impor," katanya.

Rony mengatakan, dengan adanya alternatif tanaman ini maka masyarakat Temanggung akan lebih banyak pilihan sehingga bukan hanya mengandalkan tanaman tembakau saja.

"Jika tanaman gandum dapat berkembang baik, maka akan dilakukan pelatihan kepada petani bagaimana cara menanam gandum dan cara membuat tepungnya," katanya.

Ia mengatakan, pengembangan tanaman gandum di dalam negeri berarti akan mengurangi produk impor.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION