Sabtu, 03 Oktober 2009

PSP Go, Lebih Ringkas tapi Memori Besar

PSP Go, Lebih Ringkas tapi Memori Besar


PSP Go, Lebih Ringkas tapi Memori Besar

Posted: 02 Oct 2009 07:47 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Sony Computer Entertainment (SCE) terus melakukan inovasi dalam produk PlayStation buatannya. Kali ini Play Station Portable (PSP) muncul dengan model PSP Go yang lebih ringkas dari pendahulunya.

Lebih ringkas karena dari segi fisik, desain PSP Go dibuat dengan model sliding. Panel navigasinya muncul begitu bagian layarnya digeser tidak seperti PSP standar yang bentuknya memanjang dengan panel navigasi di kanan kiri layar.

Saking kecilnya, PSP go ini sangat pas di kantong. Ukurannya 128x16,5x69 milimeter. Beratnya 158 gram. Namun, ukuran layarnya pun lebih kecil dari pendahulunya karena hanya 3,8 inci. PSP standar 4,3 inci.

Meski dengan desain lebih ringkas, PSP GO punya memori lebih besar. UMD drive tak lagi dipakai digantikan flash memory sebesar 16 GB. Kapasitas sebesar itu cukup untuk menyimpan banyak aplikasi game.

Apalagi konsol game tersebut sudah dilengkapi WiFi untuk mengakses layanan PlayStation Store yang menyediakan aneka download game lewat internet. PSP Go tersedia dalam dua warna yaitu Piano Black dan Pearl white dengan harga Rp 3,599 juta.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Metode Sentuh Baru pada Layar ThinkPad

Posted: 02 Oct 2009 04:05 AM PDT

VIVAnews - Lenovo menghadirkan cara baru bagi pengguna bisnis saat bekerja dengan komputer berteknologi layar multitouch. Khususnya dalam ThinkPad X200 Tablet PC portable dan laptop ThinkPad T400s yang ramping dan bertenaga.

Pada kedua komputer tersebut, Lenovo juga memperkenalkan SimpleTap, sebuah aplikasi yang membuat pengalaman menggunakan layar multitouch menjadi sederhana.

"Kami melihat saat ini merupakan waktu yang tepat bagi layar multitouch dalam PC," kata Sandy Lumy, Country Manager Commercial Business, Lenovo Indonesia, pada keterangan pers yang VIVAnews terima, 2 Oktober 2009.

Sandy menyebutkan, layar multitouch semakin luas dipakai dalam banyak peranti yang digunakan sehari-hari. Perbaikan teknologi layar sentuh juga terus berlanjut, termasuk integrasi teknologi sentuhan dalam sistem operasi Windows 7 yang akan diluncurkan.

"Kami juga meningkatkan pengalaman teknologi sentuhan dengan SimpleTap," kata Sandy. "Dengan demikian, fungsi-fungsi berbasis hardware yang sering digunakan dapat dioperasikan dengan sentuhan dan menjadi lebih sederhana," ucapnya.

Untuk menggunakan SimpleTap, pengguna hanya perlu melakukan dua ketukan (double tap) pada bagian layar manapun untuk meluncurkan aplikasinya.

Pada bawah permukaan layar akan terbuka grid yang terdiri dari tiles persegi yang transparan dan berwarna-warni yang diinspirasi oleh 15 Puzzle klasik. Dengan grid tersebut pengguna dalam memilih beberapa fungsi berbasis hardware termasuk menghidupkan dan mematikan radio wireless, ThinkLight, mikrofon, menggunakan kamera web, mematikan suara, mengatur volume atau ketajaman layar, mengunci layar atau mengeset PC ke mode sleep.

Untuk keluar dari SimpleTap, pengguna tinggal mengetuk 1 kali pada bagian layar manapun untuk menutup grid dan melanjutkan kerja. Seperti halnya interface quick access, SimpleTap memungkinkan pengguna untuk masuk, menjalankan satu fungsi dan keluar dengan cepat.

Didesain untuk dapat dikustomisasi dengan sangat mudah, setiap individu dapat membuat tiles sendiri-sendiri untuk meningkatkan produktivitas pribadi masing-masing.

Misalnya, seorang profesional di bidang penjualan dapat menciptakan tile yang melucurkan presentasi penjualan dengan hanya mengetukkan jari. Seorang profesional di bidang kesehatan juga dapat membuat tile yang dapat menampilkan informasi medis pasien dengan cepat. Seorang konsumen dapat dengan cepat mengakses website favoritnya.

Pengguna dapat menyusun tile manapun yang mereka pilih hanya dengan manarik dan mengelompokkannya bersama-sama. Dirancang untuk asyik digunakan, tiles tersebut dapat disebarkan di sekeliling layar.



image

Laptop Kini Murah Meriah

Posted: 02 Oct 2009 02:47 AM PDT

KOMPAS.com - Dalam sehari, di pusat perbelanjaan Bandung Elektronik Center (BEC) konon transaksi komputer jinjing (laptop) bisa mencapai 3.000 buah! Barang elektronik yang dahulu dianggap mewah dan mahal ini kini laris manis dijual.

Laptop dewasa ini, berkat kemajuan teknologi, memang turun kasta. Bukan lagi menjadi barang mewah yang sulit dijangkau kocek. Bagaimana tidak, jika sepuluh tahun lalu laptop termurah harganya bisa menyamai sepeda motor baru, kini itu dibanderol tidak lebih mahal dari sebuah ponsel cerdas.

Laptop murah kian menjadi-jadi setahun ini menyusul munculnya jenis netbook. Bayangkan, sebuah netbook bertipe lokal saja bisa dihargai kurang dari Rp 3 juta. Rata-rata netbook merek lokal ini berkisar Rp 3 juta Rp 5 juta.

"Netbook sekarang memang lebih menjanjikan. Harganya sangat terjangkau, cocok untuk mereka yang mobile," tutur Yoses Wirawan, sales dari laptop Merek Gigabyte, Jumat (2/10) di BEC. Pangsa pasar konsumen netbook ini mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa.

"Untuk sekedar internetan, browsing dan menjalankan aplikasi office, netbook ini sudah cukup baik," tuturnya kemudian. Sebuah netbook biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi wifi untuk akses internet serta bluetooth untuk koneksi data.

Harganya bisa murah karena kemampuan spesifikasinya disesuaikan hanya untuk aplikasi mudah yang tidak terlalu menuntut kecepatan prosessor tinggi. Namun, uniknya, oleh beberapa pengembang, tampilan netbook ini bisa menyerupai notebook (laptop) yang canggih dan mahal.

Salah satunya, netbook terbaru tipe M912 MA keluaran Gigabyte yang sudah dilengkapi teknologi layar sentuh dan bisa diputar 180 derajat. Harganya pun hanya Rp 4,2 juta. Teknologi ini, pada jenis laptop, merupakan unggulan dari produsen ternama Fujitsu. Namun, harganya bisa mencapai lebih dari Rp 15 juta.

Store Manager 3G Power di BEC , Grace Sunjaya (30), mengatakan, model, desain, dan permainan warna merupakan kekuatan netbook ataupun notebook di masa sekarang. Sebab, pangsa pasar yang dikejar saat ini terutama generasi muda. Sebagai contoh, netbook terbaru P25 dan P24 keluaran Sony Vaio merefleksikan diri sebagai peranti mode, bukan lagi sekedar alat elektronik. "Warnanya bermacam-macam dan mencolok, berdesain pipih dan menarik. Bisa ditaruh pula di saku," tuturnya.

Ia membenarkan, penjualan laptop dalam beberapa tahun terakhir ini terus meningkat. Dalam sebulan, di tokonya, setidaknya terjual hingga 300 unit. Dua pertiga diantaranya adalah jenis netbook. Data dari Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Askomindo) Daerah Jabar bahkan menunjukkan, pada 2009, penjualan netbook per bulannya meningkat 100 persen dari tahun sebelumnya. Wah!

 

 

 



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

"Batik Indonesia" Berjuang ke Puncak Twitter

Posted: 02 Oct 2009 01:05 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Perayaan atas pengukuhan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Jumat (2/10), disambut netter Indonesia pengguna Twitter. Sejak tadi pagi, banyak sekali posting yang menyertakan kata kunci seputar batik sehingga hal itu masuk dalam trending topics atau daftar topik-topik terhangat.

Bahkan, sempat kata "Batik" dan "Indonesia" berada di trending topics secara berurutan seolah-olah seperti menjadi satu rangkaian kata. Saat itu, kata "Batik" di urutan ke-6 trending topics dan kata Indonesia di urutan ke-7. Kejadian tersebut hanya berlangsung beberapa menit karena urutan trending topics berubah setiap menit.

Bahkan, ada kecenderungan dua kata kunci tersebut semakin menanjak ke peringkat atas. Pada pukul 16.00, kata "Batik" di urutan ke-4 dan kata Indonesia di urutan ke-6. Apakah hari ini "Batik Indonesia" akan berada di puncak trending topics Twitter? Ayo saatnya berpartisipasi.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RIM: Jangan Gembar-Gembor BlackBerry Onyx

Posted: 02 Oct 2009 01:05 AM PDT

VIVAnews - Kendati saat ini sudah dalam tahap ujicoba, PT Excelcomindo Pratama (XL) masih enggan memaparkan informasi lebih jauh seputar BlackBerry Onyx. Pasalnya, hal ini telah diwanti-wanti oleh Research In Motion (RIM) sebelumnya. Kenapa?

Kemungkinan besar, menurut Dolly Surya Wisaka, Manajer Internet & Data Services XL, RIM sepertinya khawatir akan kehilangan segmen pasar BlackBerry Gemini.

"Mungkin takut Gemini-nya nggak laku. Makanya, mereka berusaha agar tetap menahan informasi seputar Onyx agar tidak bocor ke publik," ucap Dolly saat berbincang-bincang dengan VIVAnews, di Jakarta, 2 Oktober 2009.

Namun demikian, lanjut Dolly, seharusnya RIM dapat segera meluncurkan Onyx mengingat usia BlackBerry Bold 9000 sudah satu tahun di Indonesia. Alasannya, Onyx disebut-sebut sebagai pengganti ideal Bold di pasar.

"Tetapi, kemungkinan besar, mereka akan tetap menahan Onyx supaya Gemini bisa laku. Karena sampai saat ini belum ada satu operator pun yang sudah mengantarkan Gemini ke customer di Indonesia," kata Dolly. "Ya, orang barangnya masih di jalan," ucapnya.

Sekarang ini, Dolly mengaku, XL tengah berupaya membujuk RIM agar membolehkan Onyx untuk dijadikan teaser. "Nanti, kalau teaser sudah di-allow, baru saya bisa berbicara banyak, termasuk time frame-nya, kapan Onyx kira-kira bisa diluncurkan," ungkap Dolly.

Seperti disiarkan sebelumnya, XL sejauh ini baru sekedar melakukan ujicoba sekaligus evaluasi terhadap jaringannya termasuk software. Tidak ada keterangan lebih lanjut terkait peluncurannya.

Onyx, kode nama dari BlackBery 9700, kabarnya telah mendukung jaringan Quad-band GSM/GPRS/EDGE lengkap dengan UMTS/HSDPA. Tak hanya itu, membuka alternatif akses data Internet, RIM juga menyematkan kemampuan Wi-fi a,b,g pada ponsel ini. Bluetooth pun tak ketinggal dibenamkan di dalamnya.

Ponsel yang memiliki resolusi layar 480x360 ini telah dilengkapi dengan BlackBerry OS 5.0. Di samping itu, terdapat pula kamera berkemampuan 3,2 MP berfitur Auto Focus.

Di Amerika Serikat, cukup santer rumor beredar bahwa varian terbaru BlackBerry ini telah diadopsi T-Mobile dan siap diluncurkan secara resmi dalam waktu dekat. Sementara AT&T akan menyusul kompetitornya tersebut. Namun, belum ada yang berani mengestimasi berapa kisaran harga jual BlackBerry 9700.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION