Jumat, 09 Oktober 2009

Quorum, Ramai-Ramai Deteksi Serangan Komputer

Quorum, Ramai-Ramai Deteksi Serangan Komputer


Quorum, Ramai-Ramai Deteksi Serangan Komputer

Posted: 08 Oct 2009 11:30 AM PDT

VIVAnews - Symantec menghadirkan aplikasi pengamanan kompute terbaru mereka, Norton 2010 ke pasaran Indonesia. Di dalamnya, mereka menghadirkan teknologi pendeteksian yang diberi nama Quorum.

"Quorum berbeda dengan metode pendeteksian berbasis signature dan behavioral heuristics seperti yang digunakan pada aplikasi pengamanan umumnya," kata David Hall, Regional Consumer Product Marketing Manager Symantec Asia Pacific pada diskusi terbatas dengan beberapa media saat peluncuran Norton 2010 di Jakarta, 8 Oktober 2009.

"Menggunakan Quorum, senjata terbaik penjahat dunia maya yakni membuat malware unik dengan cepat, dimanfaatkan untuk menghadapi serangan penjahat tersebut," ucap Hall.

Hall menyebutkan, strategi penjahat dunia maya membuat malware yang memiliki kode unik yang terus berbeda-beda menyulitkan software pengamanan yang mengandalkan signature. "Bila ada malware baru yang memiliki kode unik yang belum pernah dikenali oleh program pengamanan, kemungkinan besar malware tersebut sulit dideteksi, namun tidak demikian dengan Quorum," ucapnya.

Cara kerjanya, begitu pengguna akan mendownload atau menginstalasikan program, Norton 2010 akan memeriksa file atau aplikasi yang bersangkutan dan mengirimkan informasi ke Quorum server yang kini menyimpan laporan lebih dari 35 juta pengguna Symantec di seluruh dunia. Dari sana bisa diketahui apakah file atau program tersebut sudah pernah dikenali sebelumnya atau belum.

Setelah itu Quorum server akan melaporkan status file atau program tersebut apakah sudah pernah dikenali oleh sebagian besar dari 35 juta pengguna tersebut. Pengguna mendapatkan informasi reputasi program atau file tersebut, apakah masuk ke daftar blacklist ataupun whitelist. Jika belum pernah diketahui sebelumnya, pengguna juga akan diberikan peringatan bahwa Symantec tidak menyarankan pengguna untuk membuka atau menjalankan aplikasi yang bersangkutan.

"Dengan Quorum, malware jahat yang benar-benar baru sekalipun akan diketahui, justru karena dia benar-benar baru," kata Hall. "Sementara program pengamanan berbasis signature atau behavioral heuristic kemungkinan belum akan melakukan apa-apa sampai program jahat tersebut mulai beraksi," ucapnya.

Pengguna yang memakai aplikasi pengamanan dari Norton juga disarankan untuk bergabung dengan Norton Community. Dengan semakin banyaknya pengguna dari seluruh dunia yang bergabung, maka Quorum akan dapat semakin cepat dan akurat mendeteksi file atau program yang beredar di Internet.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Lite Dukung 70 Bahasa

Posted: 08 Oct 2009 10:05 AM PDT

VIVAnews - Facebook, situs jejaring sosial terpopuler saat ini September lalu meluncurkan Facebook Lite, versi ringan yang ditujukan bagi pengguna dengan koneksi internet berkecepatan terbatas.

Kini mereka menghadirkan pembaruan di pada Lite. Pada situs itu pengguna dapat memilih sekitar 70 bahasa populer di dunia. Salah satunya adalah bahasa Indonesia.

Mengingat Facebook Lite ini ditujukan bagi pengguna yang memiliki kecepatan akses internet lambat, sangat penting bagi Facebook untuk merilis fitur pilihan bahasa ini pada versi Lite dari situs jejaring sosial mereka. Selain itu, Facebook juga terus melakukan perubahan desain tampilan mereka menjadi lebih sederhana.

Seperti VIVAnews kutip dari Allfacebook, 9 Oktober 2009, seorang eksekutif Facebook menyebutkan bahwa pihaknya sedang melakukan simplifikasi situs jejaring sosial mereka.

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook juga berulang kali menyebutkan bahwa masa depan Facebook sendiri ada di luar situs tersebut. Dengan demikian, sangat masuk akal jika desain Facebook diarahkan untuk semakin sederhana.

Saat ini, Facebook juga ingin dapat diakses di sebanyak mungkin tempat. Facebook Lite telah memudahkan hal ini, dan pilihan bahasa yang kini hadir pada versi Lite semakin mempermudah pengguna dari seluruh dunia.



image

Symantec Sambut Gembira MS Security Essential

Posted: 08 Oct 2009 09:10 AM PDT

VIVAnews - Microsoft baru-baru ini meresmikan aplikasi pengamanan mereka untuk pengguna komputer, khususnya pengguna rumahan. Bertajuk Microsoft Security Essential, aplikasi ini tersedia secara gratis untuk pengguna Windows.

Menghadapi kehadiran 'kompetitor' barunya di pasaran, Symantec mengaku tidak khawatir. Salah satu produsen spesialis aplikasi pengamanan utama di dunia tersebut malah menyatakan gembira dengan langkah yang diambil Microsoft.

"Kami menyambut gembira hadirnya Microsoft di bidang keamanan," kata David Hall, Regional Consumer Product Marketing Manager Symantec Asia Pacific pada diskusi terbatas dengan beberapa media saat peluncuran Norton 2010 di Jakarta, 8 Oktober 2009. "Langkah mereka melakukan edukasi terhadap pengguna akan pentingnya penggunaan software pengaman juga menguntungkan Symantec," ucapnya.

Pasalnya, Hall menyebutkan, antivirus merupakan proteksi terakhir bagi pengguna komputer. Padahal, serangan yang terjadi di dunia maya saat ini lebih dari sekadar program jahat.

"Pengguna yang sudah mulai mengetahui akan bahayanya kejahatan di dunia maya akan melanjutkan pengamanan komputernya lebih dari sekadar antivirus ataupun anti malware," kata Hall. "Untuk itu, kami menyediakan aplikasi lengkap, seperti Norton 2010 yang kami hadirkan kali ini yang mampu memberikan perlindungan lebih pada pengguna," ucapnya.

Hall menyebutkan, program sekuriti atau antivirus gratis sudah tersedia sejak lama di pasaran. Tetapi, metode perlindungan berbasis signature seperti itu sudah tidak lagi cukup untuk mengatasi serangan yang banyak terjadi saat ini.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IM2 Targetkan 500.000 Pelanggan Internet

Posted: 08 Oct 2009 08:08 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Indosat Mega Media (IM2) menargetkan 500.000 pelanggan internet broadband sampai akhir tahun depan. Saat ini, anak perusahaan Indosat tersebut sudah meraih sekitar 360.000 pelanggan, dengan menyediakan berbagai pilihan paket internet.

"Dengan pertumbuhan internet begitu besar, kami berencana melakukan ekspansi ke 15 kota, dan menargetkan 500.000 pelanggan untuk tahun depan," ujar General Manager Business & Development IM2, Hermanuddin di Jakarta, Kamis (8/10).

Untuk menggenjot jumlha pelanggan, IM2 terus menyediakan paket layanan baru. Selain itu, juga saat ini tersedia isi ulang elektronik yang disebut i-SEV (Indosat System Electronic Voucher), serupa dengan isi ulang voucher elektronik, untuk memudahkan pengguna.

Isi ulang elektronik tersebut berlaku bagi produk IM2, seperti produk Broom (Classic dan Unlimited), Truff, dan Truff Mobile, serta i-Pay. "Dengan adanya Paket Broom Asik dan alternatif isi ulang ini, IM2 berharap mendapatkan apresiasi dari pelanggan dan memberikan kenyamanan bagi pelanggan," ujar Indar Atmanto.



image

iPod Touch Tersedia Versi 32 GB dan 64 GB

Posted: 08 Oct 2009 07:58 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Buat penggila hiburan yang tidak bisa lepas dari mendengarkan musik, menonton film, nge-game, dan internetan, iPod Touch dengan versi 32 GB dan 64 GB mungkin bisa menjadi pilihan. Varian iPod Touch terbaru itu diperkenalkan Apple di Jakarta, Kamis (8/10)

Senior Manager iPod Product Marketing Apple Asia Pasific EY Lee mengatakan, iPod touch terbaru itu bukanlah sekedar iPod touch namun juga sebuah komputer saku, alat permainan hebat dan akses menuju App Store Apple yang revolusioner dengan lebih dari 75 ribu aplikasi.

"iPod Touch memiliki antar muka pengguna multi touch yang revolusioner, layar lebar 3,5 inci yang menawan, Wi Fi, Bluetooth, built in accelerometer dan juga speaker yang keseluruhannya terdapat dalam sebuah desain metal menakjubkan yang dapat dengan mudak dimasukkan ke dalam saku anda," katanya saat memperkenalkan iPod touch kepada pers di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (8/10).

iPod Touch 32 GB dapat memuat 7000 lagu atau 40.000 foto atau durasi video 40 jam. Versi ini dijual seharga Rp 3.899.000. Sementara iPod touch 64 GB yang dapat memuat 14.000 lagu atau 90.000 foto atau durasi video 80 jam dipasarkan dengan harga Rp 5.199.000.

Dibanding versi sebelumnya, 8 GB dan 16 GB, pada iPod Touch kapasitas besar ini sudah ada fitur Genius Mixes yang dapat secara otomatis membuat playlist lagu-lagu dari koleksi iTunes berdsasarkan tema. Selain itu film-film dan acara televisi juga akan terlihat lebih baik melalui tampilan layar lebar widescreen 3,5 inci," jelasnya.

Dengan kelebihan yang dimilikinya, iPod touch, menurutnya, telah menjadi sebuah alat permainan yang handal. Kelebihan itu antara lain, built in accelerometer, antarmuka pengguna multi touch yang revolusioner, performa grafik, dan juga lebih dari 20 ribu pilihan permainan dan hiburan yang tersedia pada App Store. Selain itu, dengan dukungan untuk koneksi peer to peer, iPod touch terbaru, menurutnya, memberikan pengguna kemudahan untuk memainkan permainan multi player dengan orang di sebelah mereka atau bahkan orang di seluruh dunia.

"iPod touch juga merupakan sebuah komputer saku yang hebat, memudahkan pengguna untuk menjelajahi situs web, membuat e mail, mengatur kalender mereka, mengorganisir nomor kontak, dan menggunakan situs-situs sosial seperti Face book dan Twitter," katanya. Hal ini karena ada dukungan akses WiFi dan browser Safari yang sudah dikenal dalam iMac dan MacBook.

iPod touch dapat memainkan musik sampai dengan 30 jam atau memainkan video selama 6 jam dalam sekali pengisian baterai. iPod touch 8 GB, menurutnya, saat ini telah tersedia dan dapat diperoleh di Apple Store dan juga di Apple Authorized Resellers. Sedangkan untuk iPod touch terbaru, 32 GB dan 64 GB, baru akan tersedia di minggu pertama di bulan November 2009.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION