Selasa, 01 Desember 2009

Sebulan, Pengguna Opera Mini Naik 11%

Sebulan, Pengguna Opera Mini Naik 11%


Sebulan, Pengguna Opera Mini Naik 11%

Posted: 30 Nov 2009 09:03 AM PST

VIVAnews - Pada bulan lalu, tercatat hampir 40 juta orang menggunakan Opera Mini. Angka tersebut merupakan peningkatan lebih dari 11 persen dalam waktu satu bulan terakhir.

Dengan peningkatan yang terjadi di page view dan transfer data, pertumbuhan tersebut juga berarti bahwa pengguna kini telah berhemat sebesar 9,4 miliar dolar AS per tahun dengan menggunakan browser tersebut.

Menurut laporan bulanan 'State of the Mobile Web' pada Oktober 2009, lebih dari 39,6 juta pengguna telah memakai Opera Mini. Naik 11,3 persen dibandingkan pada Agustus 2009.

Dari 39,6 juta pengguna tersebut, mereka telah mengunjungi 17,2 miliar halaman selama Oktober 2009 tersebut. Dan dibandingkan September, page view telah naik 14,8 persen. Bila dibandingkan dengan Oktober setahun sebelumnya, peningkatannya mencapai 238 persen

Sebanyak 263 juta MB data telah ditransimisikan oleh operator di seluruh dunia untuk pelanggannya pada bulan Oktober 2009. Dibandingkan sebulan sebelumnya, terjadi peningkatan sebesar 16 persen. Mengingat data pada Opera Mini dikompresi sampai 90 persen, itu berarti server Opera Mini telah memproses hingga 2,5 petabyte selama bulan tersebut. Naik 233 persen dibanding bulan yang sama, tahun lalu.

 

Adapun 10 negara terbanyak yang menggunakan Opera Mini adalah Indonesia, India, China, Ukraina, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Polandia, dan Vietnam. Urutan tersebut tidak ada perubahan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengkritik Menkominfo Tolak Hadiah Nokia E75

Posted: 30 Nov 2009 08:17 AM PST

VIVAnews - Seperti diberitakan oleh VIVAnews sebelumnya, Menkominfo hendak kopi darat dan memberi bingkisan kepada para pengikutnya di Twitter, dua pekan lalu.

Akhirnya, sejak Sabtu kemarin Menkominfo telah mengumumkan dua Tweeps (pengguna Twitter) yang bakal dihadiahi gadget ponsel.

Sayangnya, salah satu tweep mendapat hadiah berupa gadget ponsel Nokia E 75, tak sudi menerima hadiah tersebut. "Ikhwan @tifsembiring @brurmabrur @boyhamidy tengkyu atas apresiasinya. Tp maaf saya MENOLAK #bingkisanutkfollowers," kata tweep bernama maya ribosa itu, Senin 30 November 2009. 

Menurut pria bernama asli Aribowo Sangkoyo itu, pendapat kritisnya tak bisa dibeli dengan ponsel Nokia, bahkan andaikan diberi hadiah mobil sekalipun.

"Vox populi bukan vox Nokia," ujar Aribowo Sangkoyo kepada VIVAnews, senin 30 November 2009. Aribowo sendiri dihadiahi bingkisan oleh Menkominfo, karena 'menyamakan' Menkominfo Tifatul dengan NAZI.

Di antara tiga nominasi tweet (posting twitter) berisi kritikan terhadap Menkominfo, komentar Aribowo tentang keputusan Menkominfo menutup situs blog komik Nabi Muhammmad SAW, dinilai sebagai, kritik yang paling pedas.

"The Nazi now spelled PKS, @tifsembiring is the Joseph Goebbels of our time!," tweet pria jebolan jurusan Komunikasi Universitas Moestopo Jakarta itu. Joseph Goebbels sendiri adalah Menteri Propaganda NAZI di zaman Hitler.

Aribowo mengatakan bahwa kebijakan Menkominfo memblokir situs komik Nabi merupakan wujud dari pengekangan informasi. Walaupun secara pribadi tak setuju dengan situs komik itu, Ari mengatakan, seharusnya Menkominfo tak melakukan pendekatan kekuasaan dan mengikuti aturan dan melaporkan secara resmi kepada penyedia layanan blog (Blogger).

"Jangan mentang-mentang baru menjadi Menkominfo, kan ada mekanisme Report Abuse, FAQ, Disclaimer, Terms and Condition," kata Ari. Lebih jauh, menurutnya, menolak hadiah dari Menkominfo, sama seperti wartawan menolak amplop, guru menolak sogokan, atau pelayan menolak tip.

Artinya, hadiah Nokia E75 yang sudah disediakan untuk Aribowo, tak akan diambil, dan bakal diberikan kepada pemenang #bingkisanutkfollowers sesi berikutnya.

Padahal, Menkominfo Tifatul mengaku ingin berfoto bersama dengan Aribowo bila ia mengambil hadiah tersebut ke kantor Depkominfo, bukan malah menangkapnya.

"Memang saya #orbabanget ya? :) malah ingin berfoto bersama dg ybs & beramah tamah, dan salut dg pengkritik," kata Menkominfo lewat Twitter, menjawab pertanyaan salah satu follower yang khawatir Tifatul bakal menangkap Aribowo.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Rp 500, Tarif Telepon Lokal dan Interlokal

Posted: 30 Nov 2009 02:49 AM PST

VIVAnews - Tidak mau membingungkan pelanggannya, Smart Telecom memperkenalkan tarif flat baru untuk pelanggan prabayarnya. Untuk panggilan lokal dan interlokal ke operator lain, baik PSTN maupun selular, Smart mengenakan tarif flat Rp 500 per menit.

Sementara untuk panggilan ke sesama Smart, diberlakukan tarif Rp 500 per nelpon sepuasnya. Sedangkan untuk SMS ke semua operator dikenakan tarif Rp 50 per SMS, dan Rp 0,5 per detik untuk layanan data. Tarif ini efektif mulai minggu ini berlaku 24 jam, bukan promo, dan tanpa syarat.

"Selain kompetitif, tarif flat ini tidak ribet bagi pelanggan Smart," kata Ruby Hermanto Division Head Core Product & Branding Smart Telecom pada keterangannya, 30 November 2009. "Kami berupaya supaya pelanggan tidak dipusingkan dengan tarif dari Smart Telecom, karena dihitung per nelpon," ucapnya.

Selain tarif flat, Smart Telecom juga menyiapkan program menarik menjelang penutupan tahun 2009, yakni gratis nelpon sepuasnya selama seminggu penuh. Untuk menikmatinya, pelanggan cukup isi ulang minimal 10 ribu untuk menikmati gratis nelpon ke sesama Smart selama tujuh hari ke depan.

"Promo gratis nelpon ini berlaku sejak 26 November hingga 31 Maret 2010, berlaku untuk semua pelanggan prabayar Smart tanpa perlu melakukan registrasi," kata Ruby.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Hiburan, Politik, dan Hukum, Bacaan Terlaris

Posted: 30 Nov 2009 01:18 AM PST

VIVAnews - Situs yang memberikan berita sebagai konten utama di halamannya sudah banyak. Tak hanya di luar negeri, di dalam negeri juga banyak portal-portal berita yang bermunculan. Tetapi, topik-topik berita apakah yang paling banyak digemari oleh pembaca asal tanah air?

Menurut data Yahoo, yang juga menyajikan berita-berita lokal di situs khusus Indonesia yakni http://id.news.yahoo.com, berita-berita yang paling banyak dibaca adalah seputar hiburan, politik, dan hukum.

"Dari statistik page view atau visit yang Yahoo miliki, pengguna Indonesia lebih menyukai berita-berita entertainment, politik, dan hukum," kata Budi Putra, Country Editor Yahoo Indonesia, saat mengunjungi kantor VIVAnews, 30 November 2009.

Berita-berita lain, misalnya olahraga atau sepak bola, juga banyak diminati di waktu-waktu tertentu. "Topik seputar olahraga, atau sepak bola, misalnya, ramai pada musim tertentu," kata Budi. "Tetapi kalau topik tentang hiburan, politik, dan hukum, dari sisi trafik, kecenderungannya lebih stabil," ucapnya.

Adapun di Indonesia, Yahoo, khususnya untuk berita, bekerjasama dengan portal berita lokal. Antara lain adalah Antara, Detik, Kapanlagi, Kompas, Liputan 6, Tempo, dan VIVAnews.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Yahoo MIM, untuk Pengguna yang Senang Berbagi

Posted: 30 Nov 2009 12:24 AM PST

VIVAnews - Maraknya situs media sosial di dunia, dan juga di tanah air saat ini tak membuat Yahoo tinggal diam. Awal November lalu, Yahoo membawa Yahoo Meme (baca: Mim), platform media sosial mereka ke Indonesia. Namanyapun disesuaikan dengan lafal Indonesia, jadi Yahoo Mim.

Awalnya, Yahoo Meme dihadirkan dalam bahwa Portugis, Spanyol, dan kemudian Inggris. Kini dengan Mim, layanan tersebut hadir pula bagi pengguna di Indonesia.

"Yahoo menghadirkan Mim untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Budi Putra, Country Editor Yahoo Indonesia, saat berkunjung ke kantor VIVAnews, 30 November 2009. "Sejak hadir di awal November ini, respon dari pengguna cukup besar dan banyak yang mendaftar," kata budi.

Budi menyebutkan, nilai tambah yang dimiliki Mim adalah karena menggunakan single ID. "Pengguna yang sudah memiliki akun Yahoo, dapat langsung menggunakannya untuk masuk ke Mim," ucapnya.

Yahoo sendiri, kata Budi, menyebutkan beberapa cara bagi para pengguna untuk berinteraksi di Internet. "Bagi pengguna yang ingin berdiskusi secara terbatas atau tertutup, ada mailing list di Yahoogroups," kata Budi. "Pengguna yang ingin melakukan tanya jawab dengan mudah dan terbuka untuk siapapun, bisa memanfaatkan layanan Yahoo Answers," ucapnya.

"Mim sendiri dihadirkan bagi pengguna yang ingin lebih dari sekadar berdiskusi," kata Budi. "Misalnya berbagi foto, video, musik, dan saling berkomentar," ucapnya.

Bisa dibilang, Mim dapat mewakili kebutuhan pengguna seperti blogging dan citizen journalism. "Apalagi dengan semakin mudahnya koneksi internet," kata Budi. "Dengan Mim, pengguna bisa melakukan hal-hal tersebut dengan mudah dan cepat," ucap Budi.

Anda ingin bergabung dengan komunitas Yahoo Mim? Silakan arahkan browser Anda ke alamat http://mim.yahoo.com.

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION