Kamis, 31 Desember 2009

Asosiasi Industri Web Indonesia, Didirikan

Asosiasi Industri Web Indonesia, Didirikan


Asosiasi Industri Web Indonesia, Didirikan

Posted: 30 Dec 2009 09:06 PM PST

VIVAnews - Meski terbilang masih baru, perkembangan industri web di Indonesia patut diperhitungkan. Pelaku usahanya kian hari kian bertambah, mulai dari pengusaha yang masih bersifat perorangan, usaha kecil menengah, hingga korporat yang bermodal besar.

Melihat perkembangan, sejumlah pelaku di industri web memandang perlunya dibuat organisasi resmi yang bisa mewadahi para pelakunya untuk saling bekerja sama meningkatkan usaha. Apalagi, belum ada aturan maupun standardisasi yang jelas untuk jenis usaha ini.

Bertempat di DheZign Online Solution Surabaya, 27 Desember 2009, beberapa pelaku industri web memutuskan untuk membentuk sebuah asosiasi yang bernama Asosiasi Industri Web Indonesia (AIWI). Hari itu juga mereka merancang anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi, sekaligus mendeklarasikan berdirinya AIWI.

Beberapa pengusaha yang hadir dalam deklarasi AIWI antara lain: Brian Arfi (DheZign Online Solution), Santoso Putra (Solusi Website), Febri Nazuka (Viobrano.com), Noto Sudarmiko (Indekslink), Eko Sugiono (Praktisi E-Commerce), Mohammad Zulkarnain (Zulsdesign.com), Imam Muttaqin (online marketer), dan Heri Setiawan (web designer).

"Usaha di bidang web mulai semarak. Ranah ini harus diatur, agar tidak terjadi persaingan bisnis yang kotor antar-pemainnya," kata Febri Nazuka, mewakili AIWI, pada keterangannya, 31 Desember 2009. "Jika tidak diatur, takutnya nanti malah menghancurkan industri ini sendiri", ucapnya.

AIWI akan difungsikan sebagai wadah koordinasi dan komunikasi antar-anggotanya untuk memperjuangkan industri web baik internal maupun eksternal. Tujuannya adalah mewujudkan persatuan dan kesatuan di antara para anggotanya dalam rangka mengembangkan usaha industri web, yang antara lain dengan cara menghimpun, membina dan mengembangkan semua potensi industri web yang ada di seluruh Indonesia agar menjadi industri yang sehat.

Brian Arfi mengatakan, AIWI akan menginduk kepada Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) di bawah pengayoman Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi (MIKTI). "Dari 14 asosiasi yang ada di bawah MIKTI, ternyata belum ada asosiasi yang khusus dalam bidang industri web. Sangat memprihatinkan. Padahal, industri web merupakan salah satu industri kreatif yang sangat prospektif," ucapnya.

Yang bisa menjadi anggota AIWI adalah perusahaan web development, web hosting, internet marketing, web start up, e-commerce, media online yang berbadan usaha; kelompok atau perorangan yang bergerak di bidang industri web yang belum mempunyai badan usaha; serta lembaga atau perorangan yang berjasa dan peduli terhadap AIWI dalam rangka pengembangan industri web.

Menurut Imam Muttaqin, untuk mencapai tujuan, AIWI akan berusaha berkomunikasi dan bekerjasama dengan berbagai kalangan, baik perseorangan, perhimpunan, lembaga pemerintahan maupun swasta, dalam maupun luar negeri.

Selain itu, AIWI akan berperan aktif dalam kegiatan pengembangan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia para anggota baik sertifikasi maupun non-sertifikasi dalam rangka memajukan dan mengembangkan usahanya.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Antisipasi Tahun Baru, XL Tambah Kapasitas

Posted: 30 Dec 2009 08:00 PM PST

VIVAnews - Menjelang akhir tahun, XL telah menyiapkan kapasitas SMS Center (SMSC) hingga 30.000 detik. Operator yang baru saja resmi mengganti namanya menjadi XL Axiata tersebut juga melakukan penambahan kapasitas sebanyak 3 MSC (Mobile Switching Center) di Sumatera dan Jawa Timur. Adapun penambahan kapasitas sekitar 30 persen dilakukan untuk layanan data core.

Khusus kapasitas layanan BlackBerry, bandwidth sebesar 180Mbps dinilai cukup lebih. Dengan bandwidth tersebut, XL mengklaim sebagai operator penyedia layanan Blackberry dengan kapasitas terbesar di Indonesia, dengan koneksi langsung ke RIM melalui dual carrier partner.

"Untuk mengantisipasi lonjakan trafik secara umum, meliputi voice, data (2G/3G), dan teks, XL juga menambah kapasitas di sejumlah BTS di hampir semua area, yakni sekitar 30-40 persen," kata Febriati Nadhira, General Manager Corporate Communications XL, melalui pesan teks yang diterima VIVAnews, 31 Desember 2009. "Penambahan kapasitas diutamakan di area-area hotspot publik," ucapnya.

Sebelumnya, secara nasional, peningkatan trafik XL mencapai delapan persen pada Hari Raya Natal 24-25 Desember lalu.

Jika ditelisik secara lebih detail, pada H-1, XL mencatat kenaikan 3,3 persen untuk layanan suara, menjadi 780 juta call dengan durasi 600 juta menit (naik 5,3 persen). Sedangkan, pada Hari H, trafik panggilan meningkat menjadi 810 juta call (naik 7,3 persen) dengan total 630 juta menit (naik 10,5 persen).

Beralih ke trafik layanan teks (SMS), XL membukukan sekitar 355 juta SMS (naik 11 persen) pada H-1, dan 370 juta SMS (naik 15,6 persen) pada Hari H Natal. Untuk layanan data (Internet), trafiknya juga meningkat signifikan, yakni menjadi 4,42 terabytes (naik 16,6 persen) pada H-1, dan 4,71 terabytes (naik 24 persen) di hari H.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

2009, Tahunnya Netbook

Posted: 30 Dec 2009 07:43 PM PST

VIVAnews - Menurut laporan terakhir DisplaySearch, lembaga asal Texas, AS yang khusus mengamati industri perangkat yang memiliki layar, menyebutkan bahwa penjualan netbook meningkat 103 persen dibanding tahun sebelumnya.

Di saat yang sama, penjualan notebook reguler dan juga ultra portabel menurun. Pendapatan dari seluruh sektor komputer jinjing lainnya memang menurun, tetapi diperkirakan akan membaik di 2010.

Meski demikian, peningkatan penjualan belum tentu mendongkrak pendapatan industri karena tidak dapat menutup penurunan average selling price (ASP) yang mencapai sekitar 20 persen.

Secara total, penjualan produk di kategori netbook tumbuh 72 persen, sementara ultraportable turun 23 persen, portable turun 13 persen, desktop replacement turun 12 persen, portable PC turun 12 persen, dan notebook PC turun 11 persen.

"Untuk 2010, kami perkirakan akan terjadi pengikisan ASP di seluruh jajaran komputer jinjing," kata John F Jacobs, Director of Notebook Division DisplaySearch, seperti VIVAnews kutip dari TGDaily, 31 Desember 2009.

"Akan tetapi, pertumbuhan penjualan dari sisi jumlah unit harus cukup untuk menutupi penurunan harga rata-rata notebook yang bisa menjurus ke stagnannya pendapatan industri komputer jinjing," ucap Jacobs.

Tahun depan, DisplaySearch memperkirakan, pasar komputer jinjing akan tumbuh 16 persen, dengan pertumbuhan tertinggi ada di kategori ultraportable.

Pertumbuhan didorong oleh maraknya produk notebook ultratipis berlayar 11,6 dan 12 inci. Sebuah kabar gembira bagi AMD yang fokus di segmen tersebut. Meski demikian, DisplaySearch memprediksikan bahwa segmen netbook akan stabil dan notebook akan meningkat.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Jaringan LTE Komersial Pertama, Digelar

Posted: 30 Dec 2009 06:24 PM PST

VIVAnews - Huawei, salah satu perusahaan penyedia solusi jaringan telekomunikasi generasi berikut, bersama dengan TeliaSonera, operator telekomunikasi terbesar di Skandinavia dan negara-negara Baltik, mengumumkan digelarnya jaringan LTE komersial.

Jaringan yang pertama di dunia tersebut hadir khususnya di kawasan Oslo, Norwegia. Layanan 4G yang digelar menawarkan kecepatan maksimum hingga 100Mb/detik. Lebih cepat 10 kali lipat dibanding jaringan 3G yang ada.

Pelanggan TeliaSonera menjadi yang pertama di dunia yang menikmati layanan mobile broadband secara terus-menerus. Misalnya seperti high definition (HD) video conferencing dalam ruang lingkup mobile serta beragam program HD video lewat berbagai perangkat terminal dan aplikasi yang tidak dapat dijalankan dalam jaringan 3G saat ini.

"Kami bangga menjadi operator pertama di dunia yang menawarkan layanan 4G kepada para pelanggan kami," kata Kenneth Karlberg, Presiden dan Direktur Mobility Services TeliaSonera, pada keterangannya, 31 Desember 2009. "Berkat keberhasilan kerjasama kami dengan Huawei, kami dapat menawarkan 4G kepada para pelanggan di Oslo, lebih cepat dari yang kami rencanakan," ucapnya.

Karlberg menyebutkan, sebagai penyedia terkemuka untuk solusi 4G/LTE end-to-end, Huawei telah menghadirkan infrastruktur jaringan dan layanan bagi TeliaSonera, seperti jaringan akses, jaringan utama, sistem pendukung operasional, serta perencanaan dan optimisasi jaringan.

"Dalam bekerjasama dengan TeliaSonera, Huawei mengawali perjalanan sebelas bulan yang lalu, dengan memperkenalkan teknologi mobile broadband canggih pada penduduk Oslo," kata Yu Chengdong, Presiden Huawei Eropa, pada kesempatan yang sama.

"Gebrakan yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat ini, membuktikan komitmen Huawei yang kuat dalam mempercepat komersialisasi solusi LTE/SAE," kata Chengdong. "Operator-operator seperti TeliaSonera, saat ini dapat mengambil manfaat ekonomi yang sebenarnya dari berbagai aplikasi baru yang hanya dapat dijalankan pada layanan broadband kecepatan tinggi," ucapnya.

Saat ini, Huawei telah membangun lebih dari 25 LTE komersial dan melakukan ujicoba jaringan serta memberikan lebih dari 3.300 kontribusi LTE/SAE untuk 3GPP (3rd Generation Partnership Project).

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tip Jitu Bikin BB Lemot Jadi Ngebut

Posted: 30 Dec 2009 01:50 PM PST

VIVAnews - Jika kinerja BlackBerry Anda melamban, atau terasa sulit membuka halaman situs, bisa jadi banyaknya file "sampah" di memory device Anda menjadi sumber penyebabnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan BlackBerry kesayangan Anda menjadi tersendat-sendat. Misalnya, aktivitas IM yang belum ditutup, seperti BlackBerry Messenger, Yahoo! Messenger, GoogleTalk, dan lain-lain.

Atau, memori History di browser dan Log Event yang jarang dihapus, beberapa aplikasi yang dibuka terlalu banyak di waktu yang bersamaan.

Berikut beberapa solusi yang bisa ditempuh untuk membuat kinerja BlackBerry Anda jauh lebih baik, yaitu

- Cache Cleaning

Masuk ke browser —> Tekan Menu —> Pilih Options —> Pilih Cache Operations —> Tekan ke 4 tombol clear —> Selesai

- Event Log Cleaning

Homescreen —> Tekan tombol ALT (ditahan) —> Tekan huruf L-G-L-G (secara berurutan) —> Tekan Menu —> Pilih Clear Log —> Delete —> Selesai

- Memory Cleaner

Options —> Security Options —> Memory Cleaning —> Status disabled diubah menjadi enabled —> Perhatikan 4 baris dibawah menu memory cleaning, terdapat tulisan Show Icon on Home Screen, tekan dan ubah pilihan No menjadi Yes —> Tekan tombol return (panah memutar) lalu save changes —> Kembali ke Home Screen dan cari ikon baru memory cleaner (iconnya mirip gambar printer) —> klik —> selesai.

- Soft Reset

Tekan bersamaan tombol Alt – Caps/tombol aA (sebelah kanan dekat tombol sym) – tombol del —> selesai —> BlackBerry akan restart. Ini sama halnya dengan restart pada PC atau laptop.

- Hard Reset

Dikenal pula dengan istilah cabut baterai. Tindakan ini dilakukan utk memastikan bahwa tidak ada lagi energi/daya listrik yang tertinggal. Biarkan selama minimal tiga menit, kemudian pasang kembali baterai BlackBerry Anda.

 

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION