Senin, 28 Desember 2009

Serangan Umum Internet 2009 (I)

Serangan Umum Internet 2009 (I)


Serangan Umum Internet 2009 (I)

Posted: 27 Dec 2009 05:44 PM PST

VIVAnews - Sepanjang tahun 2009 ini, gelombang serangan terhadap pengguna internet di seluruh dunia tak habis-habisnya menghadang. Symantec, salah satu pemain utama di bidang keamanan mencatat beberapa metode utama serangan yang marak hadir tahun ini.

Spam pembawa Malware

Spam biasanya terkesan sebagai bentuk gangguan, tapi belum tentu berbahaya. Akan tetapi, antara September dan Oktober 2009, secara rata-rata, lebih dari 2 persen email spam mengandung malware; ini mewakili peningkatan sembilan kali lipat dari sisi jumlah pesan spam yang mengandung malware.

Peningkatan Serangan melalui Situs Jejaring Sosial

2009 merupakan tahun di mana serangan terhadap situs jejaring sosial dan pengguna dari situs tersebut menjadi praktek standar para kriminal. Paruh kedua dari 2009, serangan yang memanfaatkan situs jejaring sosial meningkat baik dari sisi frekuensi dan tingkat kecerdasan. Situs jejaring sosial sendiri mengombinasikan dua faktor yang membuatnya jadi target ideal dari aktivitas kriminal online: besarnya jumlah pengguna dan tingginya tingkat kepercayaan di antara pengguna tersebut.

Software Keamanan Palsu

Symantec telah mengidentifikasi 250 aplikasi yang secara jelas menipu yang berpura-pura menjadi software keamanan asli –yang cukup meyakinkan dalam banyak hal– tetapi sebenarnya hanya menyediakan sedikit atau tidak ada proteksi sama sekali dan malah menginfeksi komputer dengan malware yang ia klaim akan ia halangi. Dari 1 Juli 2008 sampai 30 Juni 2009, Symantec menerima laporan adanya 43 juta percobaan instalasi software keamanan palsu.

Malware Siap-Saji

Tahun 2009 kita melihat malware semakin mudah dibuat. Ini disebabkan oleh ketersediaan toolkit yang populer dan ramah pengguna, contohnya seperti Zeus, yang memungkinkan bahkan hacker pemula sekalipun membuat malware dan botnet. Banyak ancaman yang siap digunakan tersebut merupakan hasil dari perpaduan komponen-komponen dari malware lain yang sudah ada. Sebagai contoh, Dozer, yang mengandung komponen dari MyDoom dan Mytob. Tren ini juga telah membuat malware menjadi semakin mudah hilang, dengan ancaman datang dan lenyap hanya dalam waktu 24 jam saja.

Lonjakan Bot Networks

Bot network semakin menjadi pondasi dari seluruh kejahatan dunia maya. Symantec telah mengamati bahwa mayoritas malware terkini mengandung sebuah perintah bot dan kanal kontrol. Di 2009, kita bahkan melihat desainer botnet mengekspansi kemampuan mereka dengan menggunakan situs jejaring sosial sebagai saluran komunikasi.

Pemanfaatan Kejadian Terkini Lebih Banyak dari Sebelumnya

Hari Valentine, NCAA March Madness, flu H1N1, jatuhnya pesawat Air France Flight 447, Serena Williams, anak balon, dan kematian Michael Jackson serta Patrick Swayze. Semua kejadian ini, juga dengan kejadian lainnya yang tak terhitung jumlahnya, digunakan oleh penulis malware dan spammer pada tahun 2009 lalu untuk mencoba memikat pengguna internet yang tidak menaruh curiga untuk mendownload malware, membeli produk dan terjebak dalam penipuan. Kita telah mencapai tahap di mana tak ada berita populer pergi tanpa dimanfaatkan, dan tampaknya kita akan melihat lebih banyak lagi dengan akan datangnya perhelatan penting dunia, seperti Piala Dunia FIFA 2010 dan Olimpiade Musim Dingin yang semakin dekat.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Heavy Rain Bakal Sajikan Adegan Tanpa Busana

Posted: 27 Dec 2009 04:48 PM PST

Heavy Rain bisa jadi salah satu game yang paling ditunggu rilisnya 2010 mendatang. Selain hadir dengan grafis dan alur cerita yang menakjubkan, game ini juga menyematkan beragam adegan tanpa busana yang bakal dilakoni oleh sang tokoh utama game.

Langkah yang diambil Quantic Dream ini cukup mencengangkan. Pasalnya, pengembang game ini mulanya cuma menggembar-gemborkan Heavy Rain memiliki kualitas grafis yang oke dengan alur cerita yang amat memilukan.

detikINET kutip dari Kotaku, Senin (28/12/200), dengan menampilkan beragam adegan tanpa busana tentunya akan membuat game ini mendapatkan rating R, atau dengan kata lain hanya boleh dimainkan oleh gamer berusia di atas 18 tahun.

Heavy Rain sendiri dapat dibilang game yang cukup variatif. Pemain bisa bebas memilih beberapa karakter yang ingin dimainkan dengan latar belakang cerita yang berbeda dan akhir cerita yang berbeda pula, disesuaikan dengan karakter yang dimainkan.

Selain mengusung alur cerita yang menarik, Heavy Rain katanya juga memiliki kualitas grafis yang sangat baik. Bahkan katanya, tampilan setiap karakter di game ini hampir mendekati gambaran manusia sesungguhnya.

 

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Jumlah Game Bisa Turun 5-10% di 2010

Posted: 27 Dec 2009 04:14 PM PST

Jumlah game yang dirilis lalu dijual lewat toko-toko game pada tahun 2010 diperkirakan akan merosot. Angkanya bisa jatuh 5-10 persen.

Demikian prediksi peneliti dari Electronic Entertainment Design and Research, Jesse Divnich, seperti dikutip detikINET dari GameSpot, Senin (28/12/2009).

Divnich mengatakan, pada 2010 akan terjadi penurunan 5-8 persen game yang dijual ke toko-toko. Hal itu, ujarnya, akan terjadi karena beberapa faktor seperti konsolidasi industri dan mulai menurunnya tren dari konsol generasi lama.

Lebih lanjut, Divnich mengatakan, angka penurunan bisa mencapai 10 persen apabila upaya distribusi digital semakin berhasil. Proyek-proyek seperti OnLive dan GaiKai disebut-sebut sebagai salah satu indikator makin diliriknya distribusi game 'tanpa kotak'.

Jika dibandingkan 2008, jumlah game yang dirilis ke toko pada 2009 relatif stagnan. Pada 2008 jumlah game yang dirilis adalah 1.092, sedangkan di 2009 jumlahnya beda tipis pada 1.099.

Beberapa game pun disebut mendominasi toko-toko tradisional dan mendesak game-game lain sehingga tak punya tempat di rak penjualan. Divnich mencontohkan game seperti Call of Duty dan Grand Theft Auto dalam kategori ini.

 

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Pengemudi Mabuk Dihukum Lewat Twitter

Posted: 27 Dec 2009 03:37 PM PST

Jangan dikira semua fungsi Twitter sudah ditemukan. Sebuah wilayah di AS menemukan cara unik untuk menggunakan Twitter sebagai hukuman bagi pengemudi mabuk.

Twitter saat digunakan oleh nyaris semua kalangan untuk berbagai hal. Mulai dari menuliskan pikiran, menu makan siang hari ini, menumpahkan kekesalan hingga gosip dan berita.

Namun penegak hukum di Montgomery County, Texas, Amerika Serikat, agaknya telah menemukan satu lagi cara memanfaatkan layanan mikroblogging itu dengan kreatif. Mereka menggunakan Twitter untuk menghukum para pengemudi yang mabuk.

Mengemudi sambil mabuk pada periode antara Natal 2009 dan Tahun Baru 2010 akan mendapatkan kado istimewa tersebut. Nama para pelanggar hukum itu akan diumumkan lewat Twitter.

Hukuman dipermalukan di depan umum itu adalah buah pikir Jaksa Penuntut bernama Warren Diepraam. "Memang tak akan meniadakan pengemudi mabuk sama sekali, tapi cukup untuk membuat orang berpikir dua kali sebelum mengemudi dalam keadaan teler," ujarnya seperti dikutip detikINET dari PCWorld, Senin (28/12/2009).

Hukuman ekstra ini telah dimulai pada liburan Natal 2009 dan akan diulangi pada liburan Tahun Baru 2010 serta masa liburan populer lain seperti Hari Kemerdekaan AS pada Juli 2010.

Untuk mempublikasikan nama-nama para pelanggar ini, kejaksaan wilayah itu akan menggunakan account milik Brett Ligon. Penasaran? Account itu bisa diakses di @MontgomeryTXDAO.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Telkomsel Sediakan Paket Hemat Nokia Messaging

Posted: 26 Dec 2009 11:55 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel secara resmi meluncurkan paket bundling Nokia Messaging, inovasi paket layanan Nokia Chat & Mail pertama di dunia. Dengan layanan ini, pengguna ponsel Nokia tipe tertentu dapat menikmati layanan push email dan chatting sepuasnya dengan tarif tertentu.

"Kehadiran inovasi paket layanan Nokia Chat & Mail ini merupakan salah satu strategi mobile broadband Telkomsel untuk memasyarakatkan penggunaan mobile internet melalui ponsel dengan biaya terjangkau," ujar VP Product Lifecycle Management Telkomsel Rachel Goh dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (27/12/2009).

Layanan ini tersedia dalam bentuk langganan paket harian seharga Rp 4.000, paket mingguan Rp 20.000, dan paket bulanan Rp 45.000. Untuk memilih ragam paket hemat tersebut, tersedia aktivasi via menu browser dengan menekan *363# lalu OK/yes, kemudian pilih 2 untuk menu Paket Nokia Chat & Mail (Nokia Messaging).

Pelanggan juga dapat melakukan aktivasi layanan Nokia Chat & Mail melalui SMS. Cukup kirim SMS, ketik CM<spasi>hari/bulan/tahun lalu kirim ke 3636, contoh: CM bulan, kirim ke 3636. Kedua metode ini dihadirkan untuk mempermudah pelanggan dalam memilih paket hemat yang disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran komunikasinya.

Sementara layanan ini baru bisa dipakai di Nokia E63, Nokia E71, dan Nokia E72. Untuk memfasilitasi kebutuhan pelanggan akan layanan Nokia Chat & Mail, Telkomsel juga menyediakan ragam paket bundling simPATI M@X - Nokia Messaging dengan ketiga tipe ponsel tersebut.

Rachel menambahkan, ke depannya layanan ini akan dikembangkan untuk tipe ponsel Nokia lainnya untuk menjangkau lebih banyak pelanggan sekaligus memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat untuk menikmati layanan push email dan chatting sebagai bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup yang senantiasa mobile seperti saat ini, sehingga masyarakat tetap dapat berhubungan dengan keluarga, kerabat, atau rekan kerja kapan pun dan di mana pun tanpa batas.

"Upaya ini sejalan dengan visi kami sebagai operator selular penyedia solusi layanan mobile lifestyle terbaik dan terunggul di Asia Pasifik," kata Rachel.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION