Kamis, 03 Desember 2009

Sayang, Banyak Aplikasi Operator yang Kurang Terpakai

Sayang, Banyak Aplikasi Operator yang Kurang Terpakai


Sayang, Banyak Aplikasi Operator yang Kurang Terpakai

Posted: 02 Dec 2009 01:38 AM PST

Oleh Dian Pitaloka Saraswati

KOMPAS.com - Meski pasar Indonesia relatif besar, tidak banyak toko aplikasi online milik para vendor yang menyasar konsumen negeri ini. Jadi, jelas, aplikasi dari toko aplikasi asing itu tidak banyak gunanya bagi konsumen di Indonesia.

Sebagai contoh, dalam toko aplikasi milik Android, ada salah satu aplikasi yang menyediakan informasi pompa bensin, ketersedian ATM, dan publik utilitas terdekat di seluruh wilayah Amerika Serikat (AS). Aplikasi ini sifatnya sangat lokal, jadi tidak bisa dipakai konsumen Indonesia.

"Nilai lokalitas itu penting, buat apa menjual aplikasi luar negeri yang kurang berguna," kata Usun Pringgodigdo, General Manager LG Mobile Communications Indonesia. Maka, vendor asal Korea Selatan itu belum membuka gerai di Indonesia.

Seperti halnya sekondannya itu, Samsung juga belum terjun ke pasar Indonesia. Sama
seperti LG, Samsung masih memberikan secara gratis aplikasi standar, seperti wallpaper, theme, atau layanan ringtone. "Ada yang gratis ada yang harus dibayar dengan pulsa," kata Product Marketing HHP Business Department PT Samsung Electronics Indonesia Romeo Michael Vau.

Menurut Usun, LG belum membuat format yang tepat untuk pasar aplikasi di Indonesia. Hal tersebut kemungkinan baru terealisasi tahun depan. Masalah yang harus dibenahi adalah pembayaran pengunduhan aplikasi, yang selama ini bisa lewat kartu kredit atau pemotongan pulsa (tagihan) lewat operator. "Kami lebih suka dengan kartu kredit, karena operator juga sudah punya layanan data sendiri," kata Usun.

Berapa sebenarnya harga aplikasi itu? Menurut Lembaga Analis Aplikasi Distimo, aplikasi buatan Apple lebih murah daripada yang lain. Distimo mencatat, harga rata-rata aplikasi di AppWorld BlackBerry sekitar US$ 5,6, sedangkan di Apple dan Android hanya US$ 2,99. Ilustrasinya, di AppWorld, games football NFL dijual seharga US$ 4,99, sedangkan harga di pesaingnya hanya sekitar US$ 2,99.

Salah satu penyebab perbedaan harga itu adalah pembagian keuntungan antara vendor dan pengembang. Nokia dengan Ovi Store dan AppShop Apple mematok bagian 30 persen dari hasil penjualan. Sementara BlackBerry 20 persen.

Lalu, apa aplikasi yang cocok buat konsumen Indonesia? Djunadi Satrio, Kepala Pemasaran Sony Ericsson Mobile Communications Int'1 AB, mengatakan kebiasaan sebagian besar masyarakat kita masih berkutat pada SMS dan menelepon (voice).

la menunjuk, bagaimana susahnya operator mengembangkan layanan data. Banyak layanan yang kurang terpakai seperti MMS. "Jadi harus ada kejelasan dalam melihat potensi," katanya.

This content has passed through fivefilters.org.



image

"Gile Bener", iPhone Seharga Rp 30 Miliar

Posted: 02 Dec 2009 01:21 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Sudah banyak yang tahu kalau iPhone termasuk handset termahal di Indonesia. Harga resminya rata-rata masih di atas Rp 5 juta. Namun, apakah Anda mau membeli iPhone seharga 3,2 juta dollar AS atau Rp 30 miliar (kurs Rp 9.500 per dollar AS)?

Mahalnya handset buatan Apple itu bukan lantaran kecanggihan, melainkan lebih karena tampangnya. Selain berlapis emas solid 22 karat seberat 271 gram, tampilan iPhone ini semakin elok dengan taburan 136 berlian 68 karat. Perancangnya adalah Stuart Hughes asal Inggris. la menghabiskan waktu selama 10 bulan untuk mendandani iPhone ini menjadi molek.

Mengutip dari Cellularnews, bagian belakang smartphone ini juga tersusun dari 53 berlian. Oh, ya. Tombol navigasinya pun berhias berlian. Untuk melengkapi kemewahan, iPhone ini memiliki kotak penyimpanan yang terbuat dari granit berlapis emas Kashmir. Di bagian dalam dilapisi kulit Nubuck, dan memiliki bobot sekitar 7 kg.

Pemesan smartphone mewah ini adalah seorang pebisnis asal Australia. Anda ingin mengikuti jejaknya? (Ahmad Febrian/KONTAN)

This content has passed through fivefilters.org.



image

Wow... "Torpedo Gratis" Masuk Top 10 Pencarian Google

Posted: 02 Dec 2009 01:00 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika diperhatikan, di dalam daftar Top 10 kata kunci yang paling banyak dicari sepanjang 2009 di Google muncul "torpedo gratis" di urutan ke-10. Munculnya kata tersebut menggelitik karena sekilas amiliar dengan Bahasa Indonesia.

Torpedo sering kita kenal untuk peluru kendali kapal selam dan sering dipakai untuk menyebut 'alat kelamin' kambing yang konon berkhasiat untuk meningkatkan kejantanan laki-laki. Kata gratis apalagi sangat sering dipakai untuk mempromosikan diskon harga di berbagai gerai perbelanjaan.

Kompas.com pun tergelitik untuk mencari tahu kenapa gerangan torpedo gratis masuk dalam popular search. Kata kunci torpedo gratis pun langsung dicari melalui search engine.

Baik di Google, Yahoo, maupun Bing, hasil pencarian untuk kata kunci torpedo gratis ternyata sama sekali tidak mengarah ke situs berbahasa Indonesia. Namun, hampir semuanya mengarah ke situs berbahasa Portugis. Hasil pencarian pertama di ketiga layanan adalah link ke alamat www.torpedogratis.net.

Ketika web tersebut dibuka ternyata layanan SMS gratis. Layanan ini bisa dipakai untuk mengirimkan SMS cuma-cuma ke sejumlah operator. Namun hanya bisa antara operator lokal yakni Vivo, Claro, TIM, dan Hi. Layanan ini dibuat oleh Marcelo Medina,

"Kirim SMS gratis ke operator: Vivo, Claro, Tim, dan Hi, dengan mudah, cepat, dan sangat aman," tulis pesan pengantar di situs tersebut.

Apakah SMS gratis lewat internet sedang menjadi 'demam' di Portugis? Jadi ingat hal yang sama sepuluh tahun lalu saat layanan seluler mulai booming di Indonesia.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Belanja dengan PayPal bisa Dapat Uang Tunai 25.000 Dollar AS

Posted: 02 Dec 2009 12:47 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Masa libur panjang akhir tahun sudah makin mendekat. Apa yang ingin Anda lakukan? Pesiar? Atau sekadar mengejar berbagai diskon, khususnya midnight sale, yang digelar di banyak mal belakangan ini?

Jika tak mau pusing dengan urusan parkir mobil atau mengantre saat membayar, maka silakan tilik tawaran PayPal. Ya, ada dua promosi besar yang mereka gelar di musim liburan ini, yakni PayPal Crazy Hour dan PayPal WishList.

Promosi pertama—PayPal Crazy Hour—mengiming-imingi pembeli yang membeli dan membayar dengan PayPal selama Crazy Hour dengan berbagai hadiah. Hadiahnya macam-macam, mulai dari voucer perjalanan Agoda, MacBook Air, pesta pribadi untuk lima orang di Phuket, sampai hadiah utama berupa uang tunai 25.000 dollar AS.

Lalu, kapan Crazy Hour itu digelar? Periode berhadiah itu, demikian tertulis dalam rilis PayPal, mencakup sisipan waktu acak selama satu jam dari sekarang sampai 31 Desember 2009, yang saat ini sedang dihitung mundur oleh PayPal di www.paypal-apac.com/crazyhour. Total ada 13 PayPal CrazyHours dari sekarang sampai 31 Desember 2009.

Pertanyaan kedua Anda mungkin, di mana saja Anda boleh belanja? Terserah, yang penting situs itu menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran. Agar mudah atau jika ingin belanja di satu atap secara online, Anda dipersilakan menuju Asia Mall PayPal di www.paypal-apac.com/apac-mall. Pengecer online Asia yang besar, seperti Sasa.com, Razer, dan DigitalRev, menawarkan diskon 20 persen sampai garansi gratis, plus bebas biaya kirim kepada pelanggan PayPal yang menggunakan mall online ini.

Promosi kedua, PayPal WishList, lain lagi. WishList ini adalah aplikasi Facebook. Di halaman Facebook masing-masing, siapa pun bisa mengeposkan lima hadiah yang paling ingin mereka dapatkan saat liburan ini. Yang perlu mereka lakukan hanyalah mengunduh aplikasi, memilih barangnya, dan memberitahu teman-teman mereka. Berbelanja banyak barang untuk memenuhi WishList akan mudah dilakukan di Asia Mall PayPal dan pedagang lainnya yang menerima PayPal.

"Di PayPal, kami menciptakan hubungan saling menguntungkan antara pembeli dan penjual." kata Mario Shiliashki, General Manager PayPal Asia Tenggara dan India. "Promosi gabungan seperti PayPal CrazyHour dan PayPal WishList membantu meramaikan lalu lintas ke situs web pedagang yang kemudian akan meningkatkan perdagangan lintas batas bagi mereka. Pembeli juga dapat menikmati insentif seperti pemotongan tunai dari PayPal dan manfaat dari diskon yang ditawarkan oleh pedagang PayPal sehingga acara belanja online bagi pembeli semakin menarik di penghujung tahun ini!"

Nah, jika ingin mencoba peruntungan saat berbelanja online, silakan manfaatkan promosi PayPal ini.

This content has passed through fivefilters.org.



image

"Michael Jackson" Paling Banyak Dicari Sepanjang 2009

Posted: 02 Dec 2009 12:18 AM PST

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com — Kematian Michael Jackson pada Juni lalu menjadi peristiwa besar yang langsung melejitkan namanya di jagat maya. Bahkan, sampai-sampai namanya menjadi kata kunci yang paling banyak dicari di semua mesin pencarian internet sepanjang tahun 2009.

Google dan Yahoo yang menguasai dua pertiga layanan pencarian internet saat ini mencatatkan Michael Jackson sebagai peringkat atas daftar kata yang dicari dalam pengumuman daftar Top 10 kata-kata kunci yang paling banyak dicari secara terpisah, Selasa (1/12). Search engine terbesar ketiga, Bing dari Microsot, pun mencatat hal yang sama.

Untuk Yahoo Search, munculnya Michael Jackson di posisi puncak merupakan rekor tersendiri. Pasalnya, posisi tersebut sebelumnya diduduki Britney Spears yang ada di peringkat puncak selama empat tahun berturut-turut. Sementara itu, di Google, variasinya lebih banyak karena posisi puncaknya adalah iPhone pada tahun 2007, dan calon wapres AS, Sarah Palin, pada tahun 2008.

Daftar Top 10 pencarian di Yahoo:
1. Michael Jackson
2. Twilight Saga
3. WWE (World Wrestling Entertainment)
4. Megan Fox
5. Britney Spears
6. Naruto
7. American Idol
8. Kim Kardashian
9. Nascar
10. RuneScape

Daftar Top 10 pencarian di Google:
1. Michael Jackson
2. Facebook
3. Tuenti
4. Twitter
5. Sanalika
6. New moon
7. Lady Gaga
8. Windows 7
9. Dantri.com.vn
10. Torpedo gratis

Daftar Top 10 pencarian di Bing:
1. Michael Jackson
2. Twitter
3. Swine Flu
4. Stock Market
5. Farrah Fawcett
6. Patrick Swayze
7. Cash for Clunkers
8. Jon and Kate Gosselin
9. Billy Mays
10. Jaycee Dugard

This content has passed through fivefilters.org.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION