Senin, 30 November 2009

Telenor Upgrade Jaringan ke HSPA+ di Swedia

Telenor Upgrade Jaringan ke HSPA+ di Swedia


Telenor Upgrade Jaringan ke HSPA+ di Swedia

Posted: 29 Nov 2009 06:20 PM PST

VIVAnews - Telenor melakukan upgrade total terhadap jaringan telekomunikasi 3G mereka di Swedia. Adapun penyedia perangkat yang dipilih adalah Nokia Siemens Network.

Dalam kerjasama tersebut, Nokia Siemens Networks akan mengimplementasikan Flexi Multi Radio Base Station mereka ke seluruh jaringan Telenor, dan melakukan upgrade terhadap core network mereka. NSN juga akan menyediakan sistem manajemen jaringan dan juga manajemen proyek, pelaksanaan, implementasi dan layanan optimalisasi.

"Kami berambisi untuk membangun jaringan mobile broadband terbaik di Swedia," kata Lars-Ake Norling, Chief Executive Officer Telenor di Swedia, pada Zibb, 30 November 2009. "Ini merupakan respon dari tingginya permintaan di pasar akan hadirnya layanan berkualitas dan kecepatan tinggi," ucapnya.

Norling menyebutkan, teknologi yang dipunyai oleh Nokia Siemens Networks merupakan solusi yang memiliki efisiensi biaya yang tinggi dan dapat dihadirkan dengan cepat. "Mereka mampu memenuhi kebutuhan time-to market kami," ucap Norling.

Upgrade yang dilakukan Telenor akan menghadirkan layanan HSPA+ 21Mb/s ke seluruh jaringan. Sebagai tambahan, Nokia Siemens Networks akan memperluas fungsionalitas dan kemampuan core network, termasuk IP connectivity dan menyediakan akses terhadap GSM, 3G, dan LTE.

This content has passed through fivefilters.org.



image

iPhone Termahal Seharga Rp 30 Miliar

Posted: 29 Nov 2009 05:54 PM PST

VIVAnews - Smartphone atau ponsel pintar berharga mahal, itu biasa. Tapi, kalau harganya mencapai US$ 3,2 juta atau setara Rp 30,1 miliar per unitnya, ini sungguh luar biasa.

Adalah Apple iPhone yang dirancang khusus oleh ahli perhiasan asal Inggris, Stuart Hughes, yang menjadi smartphone termahal. Dengan mengadopsi emas murni (solid) sebagai pelapisnya. Hughes mengaku, iPhone milyaran rupiah ini telah menyita 10 bulan waktunya.

"Seluruh casing ini dibuat dengan 271 gram emas 22 karat," kata Hughes, seperti dikutip VIVAnews dari Cellular News, 30 November 2009.

Akan tetapi, casing tak terlalu banyak menyita perhatian kita, karena di pinggir panel bagian depan ponsel, Hughes menyematkan 136 batu berlian yang totalnya 68 karat. Sementara itu, di bagian belakang terdapat 53 emas berlian 1 karat dan tombol navigasi yang menjadi rumah untuk satu berlian yang sangat langka, yakni 7,1 karat.

Ponsel mewah ini telah 'diboyong' oleh seorang pebisnis pertembangan asal Australia yang enggan disebutkan identitasnya.

Dengan harga Rp 30,1 miliar, sang pebisnis tentu tak hanya membawa sebongkah iPhone mewah saja, tetapi Hughes juga mendesain rumah-rumahan seberat 7 kilogram untuk ponsel uniknya itu, di mana terbuat dari seblok batu granit, dicampur dengan emas Kashmir dan kulit asli sebagai dudukannya.

Sebelum ini, Alexander Amosu Ltd., perusahaan yang dikenal sebagai pembuat berbagai macam gadget dan perangkat kelas atas juga sempat merilis smartphone termahal. Ketika itu mereka menghadirkan BlackBerry Curve 8900 seharga 240 ribu dolar AS.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Tahun Depan, Telkom Berharap Gaet 500.000 Pelanggan Baru Speedy

Posted: 29 Nov 2009 04:16 AM PST

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menargetkan tambahan 500.000 pelanggan baru secara nasional untuk produk akses internet cepat Speedy pada 2010. Pernyataan itu disampaikan Direktur Konsumer Telkom I Nyoman Gede Wiryanatha kepada wartawan di Surabaya, Minggu, usai menghadiri acara apresiasi pelanggan Speedy ke-200.000 untuk wilayah Jatim yang telah dicapai awal November lalu.

"Hingga saat ini, jumlah pelanggan Speedy telah mencapai lebih dari satu juta dan kami optimis pertumbuhannya akan terus meningkat," katanya. Menurut dia, berbagai upaya telah dilakukan Telkom untuk menggenjot pertumbuhan pelanggan, seperti peningkatan kualitas dan kapasitas jaringan, serta bandtwith.

Selain itu, peluncuran paket Speedy multispeed beberapa waktu lalu diyakini mampu mendongkrak pelanggan karena konsumen bisa memilih paket langganan sesuai dengan kebutuhan dan harga. Telkom juga meluncurkan paket bundling dalam menawarkan langganan Speedy dengan menggandeng produk anak perusahaan, seperti Yes TV (televisi berbayar) dan produk lain.

"Paket langganan Speedy itu membidik semua segmen masyarakat, mulai dari menengah ke bawah hingga kelas enterprise (bisnis)," ujar Nyoman. Ia menambahkan potensi pasar pelanggan akses internet Speedy masih cukup menjanjikan, kendati saat ini banyak operator seluler yang menawarkan akses internet berbasis mobile.

Sementara itu, Executive General Manager Telkom Jatim Mohammad Warif Maulidy, mengatakan setelah meningkatkan kualitas layanan di wilayah Madura dan beberapa kota lainnya, pihaknya kini meluncurkan program untuk komunitas guru dan bisnis retail usaha kecil menengah (UKM).

"Bisnis UKM terus berkembang di Jatim dan saat ini tidak kurang 42.000 UKM menjadi segmen pasar paling potensial yang bisa kami dukung dengan layanan Speedy," katanya di sela-sela penyambutan kedatangan rombongan pembalap peserta "Speedy Tour d'Indonesia 2009".

Hingga akhir November ini, total pelanggan Speedy di Jatim sekitar 210.000 dan ditargetkan mencapai 230.000 pelanggan hingga akhir tahun ini.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Besok, Proyek Palapa Ring Diresmikan Presiden SBY

Posted: 29 Nov 2009 01:56 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (30/11), dijadwalkan meresmikan proyek Palapa Ring dengan pembangunan fisik awal serat optik Mataram-Kupang sepanjang 1.041 km.

"Melalui fasilitas telekonferensi video dari Istana Negara, Presiden akan berkomunikasi dengan Menkominfo Tifatul Sembiring dan Gubernur NTB Muhammad Zainul Madjdi yang berada di Kupang, kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo," Gatot S. Dewa Broto, di Jakarta, Minggu (29/11).

Menurut Gatot, pembangunan Palapa Ring sektor selatan Indonesia Bagian Timur itu sepenuhnya dibiayai PT Telkom dengan segmen fiber optic darat (inland cable) maupun bawah laut (submarine cable) yang diharapkan selesai November 2010.

Penggelaran jaringan optik sepanjang 1.041 km itu meliputi, Mataram-Kawinda Nae sepanjang 292,3 km, Kawinda Nae-Raba (142,5 km), Raba-Waingapu (307,5 km), Waingapu-Ende (210,1 km), dan Ende-Kupang (285,4 km).

Pada saat yang sama, Presiden SBY juga akan meresmikan beroperasinya program telepon berdering sebagai wujud komitmen pemerintah memperkecil kesenjangan informasi (digital divide). Program telepon berdering dalam rangka kewajiban universal (USO) itu, menargetkan 31.824 desa pada akhir tahun 2010 sudah terhubung fasilitas telekomunikasi.

Momentum peresmian Palapa Ring dan mulai beroperasinya telepon pedesaan ini sangat strategis karena masuk target utama program 100 hari Menkominfo.

Vice President Public and Marketing Communications Telkom Eddy Kurnia, mengatakan untuk tahap pertama, Telkom membangun serat optik Mataram-Kupang sepanjang 1.041 km laut dengan enam landing point di kota Mataram, Sumbawa Besar, Raba, Waingapu dan Kupang.

Selanjutnya sepanjang 810 km darat dengan 15 node di kota Mataram, Pringgabaya, Newmont, Taliwang, Sumbawa Besar, Ampang, Dompu, Raba, Labuhan Bajo, Ruteng, Bajawa, Ende, Maumere, Waingapu, dan Kupang.

"Pembangunan ini merupakan komitmen Telkom menggelar serat optik di seluruh Kawasan Timur Indonesia," katanya.

Proyek Palapa Ring adalah pembangunan tulang punggung (backbone) serat optik yang diinisiasi Pemerintah terdiri atas 35.280 kilometer serat optik bawah laut, dan 21.708 kilometer serat optik bawah tanah. Proyek ini membentuk tujuh cincin melingkupi 33 provinsi dan 460 kabupaten di seluruh Indonesia.

Jaringan yang akan terintegrasi dengan infrastruktur di Indonesia bagian Barat ini menjadi tumpuan operator telekomunikasi dan pengguna jasa telekomunikasi yang membutuhkan transfer data dan internet dalam kecepatan tinggi/pita lebar.

Para anggota Konsorsium Palapa Ring ini awalnya terdiri dari 7 perusahaan, namun karena alasan krisis global anggotanya tinggal menyisakan tiga peserta yaitu Telkom, Indosat dan Bakrie Telecom. Konsorsium Palapa Ring ini nantinya akan membangun serat optik pada awal 2011 dari Manado, Ternate, Sorong, Ambon, Kendari hingga Makassar.

Adapun jaringan yang dibangun yaitu Manado-Bitung (58 km), Bitung-Ternate (303,3 km), Ternate-Sorong (658,5 km), Sorong-Ambon (722,8 km), Ambon-Kendari (778,5 km).
Selanjutnya Kendari-Kolaka (192 km), Kolaka-Watampone (156,3 km), Watampone-Bulukumba (157 km) dan Bulukumba-Makassar (194 km).

This content has passed through fivefilters.org.



image

Huawei U1280 Review

Posted: 28 Nov 2009 10:53 PM PST

IVAnews - Era mobile internet mendesak masyarakat untuk mencari cara bagaimana agar mereka dapat terhubung ke Internet setiap saat. Apalagi dengan biaya yang terjangkau.

Industri telekomunikasi pun menjawab kebutuhan pasar tersebut dengan meluncurkan paket dengan harga relatif murah berkemampuan 'mewah'. Penawaran akses internet kecepatan tinggi, menjangkau daerah terpencil, kuota tak terbatas, hingga dipaketkan dengan ponsel, sudah menjadi tawaran yang umumnya disajikan para operator.

Tak terkecuali Indosat dengan ponsel Migphone pertamanya, IM3 Groove. Disebut Migphone karena ponsel dari buah kerja sama antara Indosat dan Huawei dalam paket bundel IM3 Groove dan Huawei U1280 ini, disertai juga dengan aplikasi yang dikembangkan khusus, mig33.

Desain dan Spesifikasi

Ponsel Huawei U1280 yang dipaketkan bersama berbagai layanan tersebut merupakan ponsel candybar. Layar 2 inci yang disediakan mampu menampilkan 260 ribu warna dengan resolusi 320 x 240 piksel.

Casing ponsel terbuat dari bahan plastik, adapun untuk pilihan, Huawei U1280 tersedia dalam 4 pilihan warna. White Romance (putih), Crystal Edge (merah muda), Dancing Energy (hitam), dan Green Energy (abu-abu). Numeric pad dan tombol shortcut lainnya yang tersedia, demikian pula tombol volume pada sisi kiri ponsel cukup empuk dan nyaman ditekan.

Untuk menjelajah internet, Huawei menghadirkan browser Opera Mini di dalam handset tersebut selain WAP dan HTML browser. Memori internal sebesar 15MB juga ada di dalamnya. Berikut ini spesifikasi teknis Huawei U1280:

Frekuensi

: UMTS 2100MHz, GSM 900/1800/1900MHz

Dimensi

: 106 x 46 x 11,5 mm, 90 gram, candybar, antenna internal

Layar

: QVGA 320x240 piksel selebar 2 inci, 260k warna

Memori

: 15MB (internal), up to 8GB (microSD)

Phonebook

: 1.000 entri

Messaging

: SMS, MMS, e-mail

Browser

: WAP 2.0, xHTML, HTML, Opera Mini

Aplikasi

: Facebook, mig33, Opera Mini, i-Go

Audio/Video 

: WAV, MIDI, AMR, MP3, AAC, AAC+, eAAC+, MMF, MPEG-4, 3GP

Java

: MIDP 2.0

Kamera

: CMOS Camera 2MP + 0,3MP

Speaker

: 72 polyphonic ringtone, speaker phone, earphone jack 3,5mm

Konektivitas

: Bluetooth 2.0 A2DP, mini USB 2.0 high speed, 3G UMTS, EDGE, GPRS

Baterai

: Li-ion 900 mAh

Warranty

: 1 tahun (Huawei)

Fitur

Selain memiliki desain yang simpel dan cantik, ponsel ringan ini memberi kemudahan penggunanya dengan memberikan shortcut Groov3, yang dapat menghubungkan pengguna langsung ke aplikasi Facebook, Opera Mini, Mig33, dan i-Go.

Dengan kemampuan internet berkecepatan hingga 384kbps, pengguna dapat dengan mudah mengakses aplikasi mobile internet built-in tersebut, termasuk menjadikan ponsel Migphone ini sebagai modem 3G.

Huawei U1280 juga dilengkapi dengan kamera berkemampuan cukup mumpuni, 2 megapiksel. Lengkap dengan slot kartu memori yang mampu menampung file hingga 8GB.

Ujicoba

Huawei U1270 memiliki performa sound speaker baik saat untuk berkomunikasi ataupun mendengarkan musik. Demikian pula untuk headset yang disertakan. Sebagai pelengkap, tersedia fitur equalizer, sehingga pengguna bisa menyetel komposisi suara sesuai selera telinganya. Pilihannya ada Pop, Klasik, Rock, Live, Hall, dan sebagainya.

Dengan kemampuan Internet yang cepat, pengguna ponsel seberat 90 gram ini juga bisa menikmati streaming audio secara stabil, terutama untuk mendengarkan radio online atau layanan streaming sejenisnya. Ini bisa menjadi alternatif ketika siaran radio FM yang ada terasa membosankan. Apalagi pada bundel tersedia bonus internet selama 1.800 menit.

Namun, baik streaming audio maupun Radio FM hanya bisa dinikmati jika terhubung melalui headset, tidak bisa beroperasi dengan speakerphone. Meskipun begitu, ketika diujicoba, kualitas suaranya memang memuaskan, relatif jernih untuk level radio.

Kamera berkemampuan 2MP yang tertanam pun tak lupa kami 'telanjangi'. Kendati mampu menghasilkan gambar besar (1600x1200 piksel), fitur auto white balance di tempat yang minim cahaya tidak bisa bekerja secara optimal.

Untuk hasil yang lebih baik, pengguna bisa meningkatkan level brightness-nya. Seyangnya, di tempat yang memiliki cahaya cukup sekalipun, hasilnya masih kurang memuaskan. Meski lebih baik dibanding dalam kondisi cahaya kurang.

Untuk video recording, hasilnya standar, tak ada yang terlalu spesial. Sama halnya dengan kamera-kamera ponsel 2MP lainnya, hasil rekamnya relatif kabur, dan hanya fokus pada jarak tertentu. Kami sinyalir hal ini disebabkan tidak adanya fungsi autofocus.

Sedikit terobati, fungsi kamera 2MP milik Huawei U1280 tak sebatas bisa menjepret, tapi juga bisa dialihkan ke mode panorama, dari kiri ke kanan, atas ke bawah dan sebaliknya. Selama cahayanya stabil, hasilnya cukup bagus.

Dukungan platform java membuat ponsel ini lebih mudah dikustomisasi. Anda bisa menambah sejumlah aplikasi yang mendukung platform tersebut, misalnya games dan aplikasi bisnis, dan lainnya yang serupa dengan Facebook, Opera mini, dan Mig33 v4.

Meskipun di luar ditemukan setting automatis untuk GPRS, hal itu tidak terjadi pada perangkat Huawei U1280 yang kami uji. Semuanya dilakukan secara manual untuk pertama kali. Saat pertama kali dicoba tanpa setting, muncul notifikasi Connection Failed.

Tetapi setelah setting GPRS dilakukan, Anda bisa berselancar selama 1.800 menit, termasuk mengakses Facebook, Twitter, cek e-mail, chatting, dan sebagainya.

Jika Anda ingin menjadikannya sebagai modem untuk laptop atau netbook Anda, silahkan mengunjungi link berikut. Dari hasil ujicoba kecepatan di beberapa lokasi, termasuk di kawasan Menteng dan Kebayoran Baru, Huawei mampu menyuguhkan kecepatan stabil antara 100-150Kbps. Kadangkala bisa menyentuh 250-300 Kbps, akan tetapi itu jarang terjadi, hanya di waktu dan jam-jam tertentu.

Ponsel seharga Rp 950.000-an ini dapat dipesan secara online, termasuk layanan pesan antar untuk wilayah Jabodetabek atau dari Galeri Indosat.

Kelebihan:

- Koneksi stabil, jarang terputus

- Instalasi mudah, plug and play

- Ramping dan sederhana, mudah dibawa ke mana-mana

Kekurangan:

- Kecepatan akses sulit mendukung unduh dan unggah file besar

- Layar kecil, kurang nyaman untuk menjelajah web

- Kemampuan baterai terbatas, hanya 900 mAh

This content has passed through fivefilters.org.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION