Rabu, 30 Desember 2009

Era Game Konvensional Berakhir di 2009?

Era Game Konvensional Berakhir di 2009?


Era Game Konvensional Berakhir di 2009?

Posted: 29 Dec 2009 05:35 PM PST

Tahun 2009 boleh jadi menjadi tahun dimana game dengan beragam teknologi baru mulai diperkenalkan. Mulai dari sisi tampilan yang mewah hingga cara bermain yang unik. Apakah ini pertanda berakhirnya game konvensional?

Teknologi yang makin mendapat perhatian dari para pengembang game itu pun, lambat laun mulai tampak sempurna hingga benar-benar membawa gamer pada sensasi berbeda ketika bermain game.


Grafis Menawan

Kualitas grafis merupakan salah satu faktor yang paling diperhatikan oleh kebanyakan pengembang game. Jadi tidak heran, jika generasi game terbaru haruslah memiliki kualitas grafis yang lebih baik.
 
Kesempatan para pengembang game untuk memaksimalkan kualitas grafis produk mereka pun, tidak lepas dari peran serta raksasa sofware Microsoft ataupun pabrikan kartu grafis Nvidia ataupun AMD.

Berkat dukungan fitur-fitur khusus yang disediakan para perusahaan itu, tampilan game pun terlihat makin aduhai, luar biasa dan menakjubkan.

Sebut saja penerapan teknologi PhysX yang makin marak. PhysX meski sejatinya bukan satu teknologi yang baru-baru amat dalam industri game, namun dengan adanya fitur ini, sebuah game akan terlihat lebih hidup berkat efek kehancuran ataupun partikel pada game yang terlihat sangat alami.

Teknologi PhysX sendiri merupakan kalkulasi yang diterapkan dalam game untuk mensimulasikan benda-benda fisik sehingga berlaku layaknya di dunia nyata. Secara teknologi PhysX mengacu pada teknologi di kartu grafis dan juga pada piranti lunak yang digunakan untuk mengembangkan game.

Berkat teknologi ini, beberapa judul game ternama ikut menuai sukses. Sebut saja Batman Arkham Asylum, Dragon Age: Origins ataupun Need for Speed: Shift.

Terlepas dari teknologi PhysX, Nvidia juga masih memililik teknologi yang dapat memberikan sensasi berbeda bermain game yakni, 3D stereoscopic.

Berbeda dengan PhysX, 3D stereoscopic membutuhkan perangkat khusus berupa kacamata dan LCD dengan spesikasi tertentu untuk memaksimalkan fitur tersebut. Fitur yang kian marak digunakan ini sudah dapat dicicipi pada game Resident Evil 5.

Selain Nvidia, Microsft dengan AMD juga memiliki andil besar dalam perkembangan industri game di seluruh dunia. Fitur teranyar yang diusung kedua perusahaan raksasa tersebut adalah DirectX 11.

DirectX 11 mulai digaungkan Microsoft pada Gamefest tahun 2008 di Seattle, Amerika Serikat. Application Programming Interfaces (API) terbaru ini, memungkinkan segala macam penghitungan yang rumit dapat dilakukan oleh Graphics Processing Unit (GPU).

Dengan demikian, game dengan lingkungan yang lebih kompleks pun dapat makin dikembangkan tanpa mengurangi kualitas sedikit pun.

DirectX 11 telah hadir bersamaan dengan sistem operasi anyat Microsoft yakni, Windows 7 yang telah dilucurkan pada bulan Oktober 2009 silam. Dan dapat dipastikan, beberapa game yang akan meluncur pada 2010 telah mendukung fitur ini, seperti Assassin's Creed II, Crysis 2, F1 2010, dan masih ada beberapa game besar lainnya.


Evolusi Bermain Game

Jika game berbasis komputer (PC) menawarkan kualitas game, entah itu grafis ataupun tatanan suara yang mengagumkan, lain halnya dengan konsol.

Setelah kemunculan Nintendo Wii pada tahun 2006 silam, beberapa pembesut konsol lain pun mengikuti langkah serupa dengan sistim permainan yang lebih atraktif. Nintendo Wii, memanfaatkan sensor gerak untuk mengendalikan permainan. Sehingga game dirasakan lebih menyenangkan dan atraktif.

Konsol game yang telah berusia tiga tahun ini pun dikabarkan segera memiliki generasi penerus dengan spesifikasi yang lebih 'sangar', sehingga permainan tidak hanya lebih atraktif namun juga memiliki kualitas yang baik pula.

Semenjak kemunculan Nintendo Wii dengan sensor gerak-nya, memunculkan inspirasi bagi Microsoft dan Sony untuk mengikuti langkah serupa. Sony misalnya, telah melakukan terobosan dengan membuat sistim kendali yang hampir mirip dengan nama Sphere.

Sphere ditampilkan sebagai dua tongkat dengan bola bundar di ujungnya. Tongkat itu, plus sebuah kamera, bisa menghadirkan pemain ke dalam game dan berinteraksi dengan berbagai benda virtual.

Selain Sony, pabrikan konsol lain yang mengikuti jejak Nintendo adalah Microsoft. Namun langkah yang diambil oleh perusahaan milik Bill Gates ini cukup revolusioner dan berbeda dengan konsol lain.

Microsoft menamakan kendali tersebut sebagai 'Project Natal'. Project Natal sendiri merupakan sistim kendali game yang keseluruhannya memanfaatkan gerak tubuh. Dengan kata lain, badan pemain sendiri yang menjadi 'gamepad' dalam game yang dimainkannya.

Baik Sony maupun Microsoft, sama-sama sesumbar bahwa sistim kendali yang mereka miliki mempunyai tingkat akurasi yang baik, sehingga pemain tidak akan menjumpai kendala apapun.

Entah itu dalam sistem grafis ataupun cara bermain yang baru, tentunya memiliki satu tujuan khusus yakni, membuat game makin menyenangkan untuk dimainkan.

Serangakaian perubahan ini dijanjikan mulai dapat dirasakan terhitung sejak 2010 nanti. Bahkan beberapa pengembang game ternama seperti Electronics Arts dan Ubisoft telah mengantongi sejumlah judul yang memanfaatkan teknologi baru itu.

Dengan demikian, lantas, apakah game dengan teknologi usang mulai ditinggalkan? Belum tentu. Tidak peduli menggunakan teknologi terkini atau yang sudah usang, jika game tersebut masih cukup menyenangkan untuk dimainkan, rasa-rasanya akan senantiasa digandrungi gamer.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tata Teleservices Pilih Teknologi NSN

Posted: 29 Dec 2009 05:17 PM PST

VIVAnews - Tata Teleservices Limited, operator layanan telekomunikasi dua-teknologi yang beroperasi di seluruh India, telah menunjuk Nokia Siemens Networks untuk mengimplementasikan bagian dari jaringan transmisi masa depan.

Dengan diimplementasikannya teknologi terkini, Tata Teleservices siap menghadapi pertumbuhan trafik data di masa mendatang dan meningkatkan kemampuan IP dari backhaul jaringan layanan bergerak yang ada.

"Dengan semakin meningkatnya tuntutan pelanggan akan berbagai pelayanan canggih, kami mencari mitra yang dapat lebih memperkuat jaringan transport yang ada untuk mendukung layanan suara dan data secara efisien," kata AG Rao, President and Chief Technology Officer, Tata Teleservices Limited, pada keterangannya, 30 Desember 2009.

"Konektivitas hibrid dari Nokia Siemens Networks yang teruji untuk masa depan akan memperbaiki jaringan transport kami," kata Rao. "Sehingga, fleksibilitas dan skalabilitas yang kami perlukan untuk mengelola layanan broadband bergerak yang tumbuh sangat cepat bisa didapatkan," ucapnya.

Berdasarkan kontrak tersebut, Nokia Siemens Networks akan memasok produk FlexiHybrid microwave radio untuk secara efisien mendukung trafikTime Division Multiplexing (TDM) yang sudah terpasang dan trafik IP yang lebih baru dalam satu platform.

Kontrak tersebut juga meliputi FlexiMetro radio untuk kapasitas tinggi dan meningkatkan efisiensi bandwidth, serta FlexiHopper, radio microwave berkapasitas rendah yang hemat biaya untuk menghubungkan BTS-BTS. Ketiga platform backhaul layanan bergerak tersebut menyediakan sambungan nirkabel yang cepat dari BTS ke inti jaringan Tata Teleservices.

Nokia Siemens Networks juga akan menggelar platform NetAct Operations Support Systems untuk pemantauan, pengelolaan dan optimalisasi jaringan secara efisien guna menjamin layanan pengguna berkualitas tinggi serta NetViewer suite untuk mengelola jaringan radio microwave. Solusi inti yang lengkap meliputi serangkaian layanan seperti manajemen proyek, perencanaan jaringan, instalasi dan commissioning.

Nokia Siemens Networks juga akan terus mengoperasikan jaringan Tata Teleservices berdasarkan kontrak Managed Services yang ada.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Ponsel LuxBerry Kini Dibundel Telkomsel

Posted: 29 Dec 2009 04:44 PM PST

Telkomsel mengikuti jejak operator lain menggandeng vendor Mito Mobile untuk menghadirkan bundel ponsel Qwerty terbaru. Ponsel bundling yang diberi nama Mito LuxBerry 838 itu kemudian dipaketkan seharga Rp 999.000.

Seperti ponsel China merek lokal pada umumnya, fitur-fitur yang diandalkan dalam paket LuxBerry 838 ini masih seputar layanan instant messaging semisal Yahoo Messenger dan akses jejaring sosial seperti Facebook.

Namun menurut keterangan tertulis yang diterima detikINET, Rabu (30/12/2009), ponsel bundling ini menawarkan gratis telepon, SMS, dan internet selama enam bulan pertama.

"Dengan paket bundling bersama Telkomsel, fitur-fitur tersebut bisa dinikmati dengan sejumlah bonus gratis layanan yang dihadirkan Telkomsel," sebut Hansen Lie, Direktur Utama Mito Mobile.

Mito LuxBerry 838 memiliki kemampuan dual on GSM+GSM yang beroperasi di frekuensi 900/1800 MHz. Ponsel ini memiliki layar LCD berukuran 2,2 inci dan jack 3,5 mm.

Selain kamera depan-belakang, yang masing-masing memiliki resolusi 1,3 MP serta lampu flash khusus, ponsel berukuran 116x58x12 mm ini juga menyertakan sejumlah fitur multimedia seperti pemutar video, foto, radio FM, hingga TV tuner.

Kemudian, ponsel dengan sensor gerak yang sepintas mirip Nokia E71 ini juga menggunakan baterai bertenaga 2000 mAh, teknologi EDGE untuk konektivitas data, serta microUSB dan Bluetooth A2DP.

"Kami juga memberikan gratis memory card 2 GB, dua silicon case, serta baterai cadangan untuk keadaan darurat," tandas Hansen.

 

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

India Punya Situs Khusus Kaum Transeksual

Posted: 29 Dec 2009 04:03 PM PST

Pelaku transeksual seringkali kesulitan untuk mendapatkan pasangan sejati. Bahkan dalam kehidupan sosial, mereka tak jarang dipinggirkan. Atas dasar itulah seorang bernama Kaiki mendirikan situs kencan khusus bagi para kaum transeksual di India.

Situs yang masih gres ini menawarkan bantuan bagi orang-orang yang terlahir sebagai pria--namun memilih hidup sebagai wanita--untuk mencari suami di negara tersebut.

"Banyak pria yang tertarik pada wanita transgender, namun ketika tiba saatnya untuk berkomitmen, mereka tidak ingin melakukannya," ujar Kaiki kepada AFP, yang detikINET kutip, Rabu (30/12/2009).

Selain sulit mendapatkan pasangan, kaum transeksual yang pada umumnya melakukan operasi perubahan jenis kelamin ini, telah dipinggirkan oleh lingkungan sekitarnya dan mayoritas hidup dalam kemiskinan.

Salah satu dari enam wanita yang ada di situs tersebut mengungkapkan alasannya bergabung. "Aku menempatkan profilku di dalam situs ini karena aku ingin menikah dengan pria baik-baik dan aku juga menginginkan bayi," ujar Sowmiya (23).

Kaiki mengatakan, dalam situs yang beralamatkan di thirunangai.net ini, dirinya telah menerima ratusan respon. Dikatakannya, sebanyak 200 tanggapan telah datang dari pria-pria yang berada di India, Eropa, Amerika Serikat dan Timur Tengah.

Mereka berasal dari berbagai profesi seperti dokter, insinyur, jurnalis, ilmuwan, guru, hingga pebisnis. Situs besutan Kaiki sendiri hadir dalam bahasa Inggris dan Tamil.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Masa Depan Teknologi Menurut Cisco

Posted: 29 Dec 2009 09:33 AM PST

VIVAnews - Menjelang pergantian tahun 2009 ke 2010, Chief Futurist Cisco Internet Business Solution Group Innovation Practice, Dave Evans menyampaikan beberapa prediksinya tentang wajah teknologi di masa depan. 

Sebagian prediksi sudah terlihat tanda-tandanya di masa kini. Namun, beberapa prediksi lain, sepertinya baru tergambar di beberapa adegan film fiksi ilmiah. Misalnya saja, prediksinya tentang realisasi teleportasi partikel pada lima belas tahun mendatang.

Evans adalah karyawan Cisco yang bergabung pada 1990, sebagai karyawan nomor 398. Dia adalah orang yang ditunjuk mengerjakan proyek web server pertama di perusahaan Cisco.

Di Cisco Evans tumbuh sebagai seorang profesional TI yang terjun langsung ke lapangan. Mulai dari memanjat atap-atap untuk memasang kabel komputer, melakukan coding sistem ecommerce generasi pertama, menangani Enterprise Resource Planning skala besar, hingga mengatur tim TI korporat lintas fungsi.

Sebagai seorang inovator, Evans memiliki berbagai penelitian di sejumlah area, dengan paten yang sudah didaftarkan. Ia mendesain proyek Connected Bus di San Francisco Amerika Serikat.

Proyek ini membuat kendaraan pertama dengan kemampuan jaringan komprehensif, meliputi akses WiFi bagi pengendara, komputer mobil yang akan mencatat semua log perawatan kendaraan, mengevaluasi kinerja kendaraan, dan melakukan estimasi waktu koneksi kendaraan.

Evans juga memiliki ide 'mesh network' yang akan mentransformasi industri otomotif ke depan, dengan memposisikan kendaran sebagai node jaringan yang secara virtual mampu mengatur diri mereka masing-masing.

Dan berikut ini daftar penerawangan teknologi di masa depan menurut Evans:

1. Internet akan berevolusi menjadi sarana komunikasi instan, tanpa peduli jarak.

2. Pada 2010, 35 miliar perangkat akan terhubung ke internet (bila dirata-ratakan hampir enam perangkat per orang di dunia).

3. Pada akhir 2010, akan tercapai perbandingan satu miliar transistor per orang – masing-masing transistor seharga sepersepuluh juta sen.

4. Besar data di dunia akan meningkat enam kali lipat dalam dua tahun kedepan, sementara data perusahaan akan meningkat lima puluh kali lipat.

5. Dalam dua tahun, informasi di internet akan berlipat ganda setiap 11 jam.

6. Dengan IPv6, akan ada cukup alamat IP bagi setiap bintang yang diketahui di seluruh alam semesta, untuk masing-masing memiliki 4,8 triliun alamat IP. Pemerintah Indonesia baru berencana menggantikan IPv4 yang sekarang dipakai, dengan IPv6, pada 2012.

7. Pada 2013, lalu-lintas jaringan nirkabel akan mencapai 400 petabita perbulan (1 petabita = 1000 triliun bita). Saat ini, secara keseluruhan, jaringan di seluruh dunia mentransfer data lebih dari 9 exabita per bulan (1 exabita = Sejuta triliun bita).

8. Dalam lima tahun ke depan, permukaan apa pun dapat dijadikan layar tampilan (display).

9. Pada 2015, Google akan mengindeks sekitar 775 miliar halaman konten.

10. Pada 2015, unduhan film dan peer-to-peer file sharing akan melonjak sampai 100 exabita, setara dengan 5 juta isi Libraries of Congress (perpustakaan kongres Amerika Serikat).

11. Pada 2015, kita akan menciptakan banyak hal yang sebanding dengan 92,5 juta isi Libraries of Congress dalam setahun.

12. Pada 2015, komunikasi video akan jauh lebih marak, menghasilkan 400 exabita trafik data atau setara dengan 20 juta Libraries of Congress.

13. Pada 2015, trafik yang dihasilkan telepon, web, email, foto, dan musik akan meledak, dan mencapai 50 exabita.

14. Dalam 10 tahun ke depan, kita akan menyaksikan peningkatan kecepatan jaringan internet rumahan sebesar 20 kali lipat.

15. Komputer kuantum komersial pertama akan tersedia pada pertengahan tahun 2020.

16. Pada 2020, penerjemah bahasa universal akan menjadi hal yang umum di setiap perangkat.

17. Pada 2020, masing-masing orang di seluruh dunia, rata-rata akan menyimpan data pribadi sebesar 130 terabita (hari ini rata-rata sebesar 128 gigabita).

18. Pada 2020, komputer PC seharga $1000 akan memiliki kemampuan memproses yang setara dengan otak manusia.

19. Pada 2020, akan ada lebih banyak perangkat yang online daripada manusianya.

20. Pada 2025, teleportasi pada tingkat partikel akan mulai terealisasi.

21. Pada 2029, storage seharga $100 berkapasitas 11 petabita, dapat menyimpan video berkualitas DVD untuk diputar tanpa henti 24 jam sehari, selama 600 tahun lebih.

22. Pada 2030, PC seharga $1000, akan memiliki kemampuan memproses yang seimbang dengan kemampuan otak manusia sekampung.

23. Pada 2030, penanaman otak buatan sudah dapat dilaksanakan.

24. Dalam 50 tahun ke depan, 95 persen pengetahuan diketahui saat itu. Hanya 5 persen dari pengetahuan saat itu, yang telah kita ketahui saat ini.

25. Pada 2050, komputer PC seharga US$1000 akan memiliki kemampuan proses yang seimbang dengan kemampuan berpikir otak seluruh manusia di muka bumi (diasumsikan jumlah total populasi dunia 9 miliar).

Selain 25 prediksi tadi, Evans bahkan meramal bahwa tingginya kemampuan kognitif komputer maupun robot melampaui kemampuan berpiikir manusia, menyebabkan komputer dan robot memiliki 'self awareness' dan akan menuntut hak asasi manusia diterapkan kepada mereka. Percayakah Anda?

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION