Kamis, 24 Desember 2009

Komputernya Dituduh Rasis, HP Serius Menyikapi

Komputernya Dituduh Rasis, HP Serius Menyikapi


Komputernya Dituduh Rasis, HP Serius Menyikapi

Posted: 23 Dec 2009 06:34 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) serius menyikapi sebuah video di YouTube yang menyebut komputer buatannya rasis. Meski pembuatnya memasukkan video ini sebagai sekadar humor, namun dinilai sebagai masalah yang penting.

Kenapa disebut rasis? Begini ceritanya. Dalam video tersebut, seorang pria berkulit hitam bernama Desi tengah mendemonstrasikan teknologi pelacak wajah di sebuah komputer HP MediaSmart. Saat dicoba merekam wajahnya, ternyata fitur tersebut tak bekerja. Rekaman tetepa statis.

Namun, saat merekam wajah temannya bernama Wanda yang berkulit putih, software tersebut bekerja normal. Rekaman kamera komputer tersebut terus mengikuti gerakan wajah Wanda sampai batas kemampuannya.

"Komputer Hewlett Packard itu rasis," ujar Desi menyimpulkan. Sebab kata Desi, begitu Wanda yang berkulit putih muncul, kamera bergerak, tapi setiap Desi yang hitam terekam ke kamera, tak ada pengenalan wajah lagi. Hal tersebut terjadi berulang setiap kali dicoba.

Video yang cukup unik di YouTube ini pun menyedot ratusan pemirsa pemirsa hanya dalam waktu beberapa hari. Tim HP pun langsung turun tangan untuk mempelajari masalah tersebut.

"HP telah mendapat laporan kemungkinan masalah sotware pengenalan wajah yang ada di sistem buatannya, yang terjadi saat pencahayaan di bagian foreground kurang," ujar jurubicara HP seperti dilansir Bloomberg. "Kami menganggapnya dengan serius dan segera mengeceknya bersama dengan mitra-mitra kami," lanjutnya.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Pembuatan "Avatar" Didukung Solusi "Storage" Berkecepatan Tinggi

Posted: 23 Dec 2009 05:02 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk memproduksi efek visual dan animasi CGI di film-film box office dunia, perusahaan membutuhkan storage dengan kapasitas dan performa yang sangat tinggi. WETA Digital, perusahaan efek visual digital yang bermarkas di Wellington, New Zealand, mengandalkan teknologi storage berperforma tinggi dari NetApp untuk menampung dan memproses render farm mereka yang sangat besar untuk produksi film yang baru saja diluncurkan, Avatar. Storage berperforma tinggi dari NetApp mampu mem-feed lebih dari 30.000 CPU Core dan mengoptimalkan backbone jaringan storage 10 GbE.

Avatar yang dibuat sutradara James Cameron adalah film fiksi ilmiah 3D dan live action yang sudah dirilis pada tanggal 18 Desember 2009 lalu. Untuk teknologi perfilman, 3D viewing dan stereoscopic film making dari film tersebut merupakan terobosan dalam dunia perfilman. Untuk itu, hal yang paling menonjol dan fenomenal dari film ini merupakan animasi 3D dan efek visualnya.

Biaya produksi dan pemasaran untuk film ini mendekati 500 juta dollar AS. Hal ini membuat Avatar menjadi salah satu film dengan dengan dana produksi terbesar. Hampir setengah dari seluruh dana produksi diperuntukkan untuk efek visual dan animasi CGI.

Jika anda beranggapan bahwa ras Na'Vi (makhluk non-manusia penghuni Pandora berwarna biru) yang ada di film ini merupakan aktor atau aktris dengan tata rias yang bagus, Anda harus berpikir ulang. Tokoh-tokoh Na'Vi yang ada di film ini sepenuhnya merupakan animasi CGI. Efek visual, animasi 3D, dan CGI yang sangat "wow" di film ini dikerjakan oleh WETA Digital.

WETA Digital juga menangani efek visual, animasi, dan CGI untuk film trilogi Lord of The Rings, King Kong (2005), X-Men: The Last Stand (2006), District 9 (2009), dan masih banyak lagi film-film top box office lainnya.

Selain Avatar, teknologi storage NetApp juga digunakan untuk mengerjakan film-film animasi dari studio Pixar, seperti Up (2009), Wall-E (2008), Cars (2006), Finding Nemo (2003). Selain Studio Pixar, film-film animasi besutan studio Dreamworks Animation, seperti Shrek (2001), Shrek 2 (2004), dan Madagascar (2005), juga memercayakan storage-nya kepada NetApp.

Tidak hanya film animasi yang fokus pada efek visual, teknologi dan solusi storage NetApp juga digunakan dalam memproduksi film live action, seperti Iron Man (2008), Speed Racer (2008), Transformers (2007), Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007), Harry Potter and the Half Blood Prince (2009), Pirates of the Carribean: At World's End (2007), dan masih banyak lagi.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Java EE 6 Tersedia untuk Diunduh Cuma-cuma

Posted: 23 Dec 2009 04:24 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Sun Microsystems mengumumkan ketersediaan Java Platform Enterprise Edition 6 (Java EE 6) dan dukungan industri yang signifikan dari pemegang lisensi teknologi Java seperti Caucho, IBM, Oracle dan Red Hat. Java EE adalah platform terdepan untuk pengembangan dan penggunaan aplikasi web dan enterprise.

Java EE 6 memperkenalkan fitur-fitur untuk meningkatkan fleksibilitas platform dan memudahkan perusahaan untuk menggunakan skenario aplikasi khusus, selain platform enterprise lengkap, untuk membantu memenuhi kebutuhan penggunanya. Java EE SDK telah diunduh lebih dari 18 juta kali dan spesifikasinya didukung oleh 28 pemegang lisensi yang memasarkan produk-produk yang compatible dengan Java EE.

Platform Java EE dan spesifikasi teknologi intinya terus dikembangkan melalui Java Community Process (JCP) dan selain itu, melalui beragam komunitas open source. JCP adalah sebuah upaya komunitas bersama, yang mencakup perusahaan dan organisasi besar terkemuka di industrinya, (termasuk Apache, Caucho, Eclipse, Fujitsu, Google, HP, IBM, Oracle, Red Hat dan SAP AG) bersama anggota komunitas independen.

Java EE 6 memberikan fondasi yang kokoh untuk perkembangan teknologi Java yang berkelanjutan bagi para pengembang dan penyedia solusi. Spesifikasi Java EE 6 memperkenalkan Profiles, yang menargetkan platform pada skenario aplikasi khusus. Profiles memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk pelanggan, ISV dan platform vendor serta memudahkan mereka untuk menangani pasar yang baru dan telah ada dengan lebih baik.

Web Profile yang ringan dirancang untuk secara khusus memenuhi skenario penggunaan aplikasi web yang mungkin tidak membutuhkan fungsi penuh platform Java EE yang lebih besar. Dengan peningkatan yang signifikan terhadap spesifikasi yang ada, dan pengenalan teknologi Enterprise JavaBeans™ (EJB) 3.1 Lite, Web Profile memudahkan para pengembang web untuk dengan cepat dan mudah membangun aplikasi tanpa harus membangun dan mengelola "custom stack".

Selain itu, pengembang yang membutuhkan kekuatan platform utuh dapat dengan mudah pindah dari Web Profile ke platform Java EE 6 yang lengkap. Profil tambahan akan diidentifikasi di masa depan melalui Java Community Process untuk menangani beragam skenario aplikasi.

"Selama bertahun-tahun platform Java EE telah tumbuh dan berkembang untuk memenuhi beragam kebutuhan aplikasi web dan enterprise. Java EE 6 dirancang lebih ringan dan modular untuk membantu menyerdehanakan pengembangan, melayani lebih banyak aplikasi dan menangani beragam skenario penggunaan. Fitur inovatif dan peningkatan produktivitas yang kini tersedia dalam Java EE 6 adalah hasil dari upaya pengembangan bersama yang ekstensif antara Sun, JCP dan anggota komunitas open source," kata Karen Tegan Padir, vice president MySQL dan Software Infrastructure Sun dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Java EE 6 juga mendefinisikan fitur ekstensibilitas sebagai sebuah cara untuk merangkul dan mendukung inovasi dan komunitas eksternal serta memudahkan mereka untuk "plug in" ke platform. Selain itu, Java EE 6 mencakup proses dan serangkaian teknologi yang dapat dikurangi dari rilis platform di masa depan, sehingga memudahkan vendor dan penyedia aplikasi untuk merencanakan perpindahan mereka ke teknologi yang lebih baru yang akan ditawarkan di versi platform yang akan datang.

Java EE SDK terbaru menghadirkan teknologi pengembangan Web dan enterprise terdepan yang memanfaatkan implementasi pertama platform Java EE 6. Pengembang yang telah terbiasa dengan model programming Java EE kini dapat memanfaatkan peningkatan produktivitas dan kemudahan fitur pengembangan yang diperkenalkan sebagai bagian dari Java EE 6 untuk mengembangkan beragam aplikasi dari web hingga enterprise.

Beberapa perkembangan mencakup: peluncuran teknologi Context and Dependency Injection dan EJB 3.1 Lite, penyederhanaan penambahan EJB ke aplikasi web warfiles tanpa harus membuat artifak packaging tambahan, kemampuan untuk men-drag dan men-drop third-party framework melalui web-fragments.xml di servlets, penambahan berbagai anotasi di seluruh platform untuk memudahkan pengembangan aplikasi dan kemampuan untuk menyatukan EJB ke aplikasi terpisah untuk memudahkan pengetesan. Daftar lengkap semua fitur Java EE 6 tersedia di: http://java.sun.com/javaee/

Implementasi Rujukan Java EE 6, TCK dan SDK kini sudah tersedia. SDK yang baru mencakup dokumentasi dan tools untuk para pengembang mempelajari Java EE 6 dan mempercepat pembuatan aplikasi enterprise baru. Dapat diunduh gratis di http://java.sun.com/javaee/downloads/index.jsp.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Walkman Baru, Suara Makin Jernih dan Ada "Wake Up Call"

Posted: 23 Dec 2009 04:13 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Sony menambah jajaran produk Walkman dengan menghadirkan seri NWZ-E440. Pemutar audio dan video ini diklaim memiliki kualitas audio yang lebih baik dari pendahulunya dan fitur tambahan yang sesuai kebutuhan penikmat musik.

Dalam Walkman seri E terbaru ini ditambahkan cradle pengeras suara yang juga dilengkapi dengan sistem Digital Linear Phase Speaker. Sistem Digital Linear Phase Speaker diciptakan oleh Sony untuk meningkatkan kualitas suara dan pengeras suara stereo. Teknologi audio terbaru ini memungkinkan reproduksi suara alami dan suara bass yang kuat untuk ditanamkan pada perangkat yang mungil.

Apalagi teknologi ini juga dikombinasikan dengan Clear Audio Technology dengan Clear Stereo dan Clear Bass milik Sony, sehingga pemutar baru ini dapat menghadirkan sebuah pengalaman audio yang lebih tajam dan begitu jelas.

"Sony memahami pentingnya portabilitas musik, sehingga kami berniat untuk memberikan sebuah pengalaman audio terbaru dengan Walkman seri E," ujar Kazuo Sawachi GM Marketing Division Head PT Sony Indonesia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (23/12/2009).

Seri Walkman ini juga punya daya tahan hidup baterai yang lebih lama. NWZ-E440 memiliki waktu hidup baterai hingga 20 jam untuk musik dan 6 jam untuk video. Dengan berat 54 gram, Seri NWZ-E440 dilengkapi dengan layar LCD 2,0 inci.

Bagi pengguna yang begitu menikmati terbangun di pagi hari dengan musik favorit mereka, Walkman seri E440 menghadirkan alarm yang memungkinkan pengguna untuk memasang "wake-up call" setiap harinya. Pada saat fungsi ini dinyalakan, Walkman tidak akan menyala, sehingga menjaga waktu hidup baterai tetap lama.

Perekam FM dan suara juga melengkapi produk ini serta multiple codec untuk kenyamanan memutar musik dan video. Selain itu, perangkat lunak Content Transfer memudahkan pemindahan file seperti musik, film dan foto dari Windows Explorer, iTunes atau bahkan kamera Cyber-shot ke Walkman dengan fasilitas interface yang mudah yaitu drag-and-drop.

Seri Walkman® terbaru NWZ-E440 dan NWZ-E440K tersedia di Indonesia mulai bulan Desember 2009 dalam beberapa warna. Untuk NWZ-E440 tersedia warna hitam, pink violet, dan merah. Sementara NWZ-E440K tersedia warna hitam dan merah muda.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Wow, 1500 Modem Mobi Ludes dalam 2,5 Jam

Posted: 23 Dec 2009 03:52 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menggaet pelanggan baru Mobi, akses internet melalui jaringan CDMA EVDO, Mobile 8 pun menggunakan jurus pamungkas, obral harga modem. Tak ayal 1500 buah modem 3,5 G itu habis dalam 2,5 jam, Rabu (23/12/2009).

Program harga khusus ini awalnya direncanakan hanya sehari saja. Namun, program penjualan modem 3.5G CDMA, Mobi Special Deal super murah itu diperpanjang sampai tiga hari mendatang.

"Kami sudah menyiapkan sekitar 3.000 unit modem Mobi. Melihat respon positif hari ini, kami memutuskan untuk memperpanjang program ini sampai 26 Desember 2009 di mana kami akan menambah sebanyak 1500 stok Mobi selama 3 hari berikutnya," Yolanda Nainggolan, Head of Communications Mobile 8 dalam siaran persnya.

Ada 5 jenis modem yang ditawarkan dengan harga mulai Rp 299.000-Rp 754.000. Modem Mobi tersebut bisa didapatkan di 3 lokasi Mobile-8 Center Jakarta, yaitu Kebon Sirih / Annex, Roxy, Depok, dan juga 2 lokasi di BEC dan Jl Suci di Bandung.

"Kami juga sudah mengatisipasi jika minat masyarakat melebihi jumlah ketersediaan stok modem Mobi yang telah kami tambahkan, maka kami juga menyediakan cara pemesanan Mobi dengan bayar di muka (indent). Mobi yang dipesan tersebut akan didapatkan di pertengahan Januari 2010," lanjut Yolanda.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION