Selasa, 30 Maret 2010

Penentang Presiden Chavez di Twitter

Penentang Presiden Chavez di Twitter


Penentang Presiden Chavez di Twitter

Posted: 29 Mar 2010 10:34 PM PDT

TEMPO Interaktif, Jakarta - Presiden Venezuela Hugo Chavez dibuat berang oleh aktivitas penentangnya di sejumlah jejaring sosial. Kampanye anti Chavez melalui media jejaring sosial berlangsung selama satu dekade. Mereka umumnya mengkritik tindakannya yang membreidel media kritis dan mengalangi kebebasan berbicara.

Pembahasan ter'panas' terakhir dilakukan di Twitter mengenai penutupan jaringan televisi swasta populer. Langkah Chavez menuai unjuk rasa oleh # freevenezuela. Pemilik akun Twitter ramai membahasnya, sehingga memasukkan masalah ini sebagai topik tren ke empat yang paling banyak dikomentari.

Situs microblogging telah menjadi daya dobrak di Venezuela. Sebanyak 200.000 akun aktif di negeri itu. Dengan pertumbuhan lebih dari 1.000 persen pada tahun 2009, Venezuela kini menjadi perkembangan akses twitter tertinggi di Amerika Latin.

Ekspansi Twitter's membuat marah Chavez. "Internet adalah pertempuran parit karena membawa arus konspirasi," kata Chavez awal bulan ini. "Internet tidak dapat bebas."

Namun sehari kemudian ia membantah pernyataan pemerintah berencana menyensor Internet. Ini menunjukkan Web di Venezuela telah berkembang secara dramatis selama 11 tahun kekuasaannya. Namun pengkritiknya menganggap rencana menyalurkan semua lalu lintas internet melalui perusahaan telekomunikasi negara sebagai sinyal kuat niat Chavez membungkam perbedaan pendapat online.

Para pengkritik ini menggunakan media jejaring sosial sebagai alternatif. Selama ini mereka frustrasi oleh keharusan media tradisional dan stasiun televisi memuat pidato yang penjang lebar. "Twitter mengubah cara berkomunikasi, memberi mereka kekuasaan baru dan kemampuan menyebarkan informasi," kata pakar teknologi informasi Luis Carlos Diaz dari Pusat Penelitian dan Aksi Sosial.

Saat Chavez berkuasa pada 1999, internet hanya bisa dinikmati orang kaya yang hanya 5,8 persen dari Venezuela. Tetapi akses internet dibuka sejak dibuat ribuan pusat internet gratis di negara paling miskin dan paling terpencil ini.

Sekitar 8,8 juta orang, atau 31 persen penduduk dari negara pengekspor minyak ini, sekarang menggunakan internet dan lebih dari dua-pertiga dari mereka adalah bagian termiskin dari masyarakat. "Internet sekarang memiliki dampak politis karena mewakili banyak orang, banyak dari mereka di kalangan masyarakat miskin yang merupakan pendukung utama pemerintah. Dan angka terus tumbuh," kata Carlos Jimenez dari polling online kecenderungan perusahaan digital.

Tujuh dari 10 pemilik akun Twitter di negeri ini sangat kritis terhadap Chavez, sementara pembela tak muncul sampai nomor 66 dalam daftar. Globovision (@ Globovision), yang paling menonjol dari sisa jaringan televisi oposisi, secara konsisten di jajaran 20 teratas Twitterers paling berpengaruh di dunia. Ini berdasarkan perusahaan konsultan Edelman. Mereka mengalahkan perusahaan media bergengsi internasional, bintang pop dan guru teknologi.

Tapi Chavez kemudian sadar akan kekuatan Internet sebagai alat komunikasi. Dia baru-baru ini menyerukan pengikutnya mengubah diri menjadi "prajurit" di Internet dan terlibat dengan musuh secara online.

Mantan presiden memulai membuat blog sendiri, dengan mengatakan dia akan "membombardir" kritik dari "parit di Internet," tapi dia belum melakukannya. Chavez telah terus bergerak melawan suara-suara oposisi di media tradisional.

Awal tahun ini, RCTV Internasional berbasis di Caracas ditutup setelah menolak mematuhi undang-undang yang mewajibkan stasiun TV mengudarakan pidato Chavez. Siswa menjawab melalui Twitter dan Facebook untuk mengkoordinasikan serangkaian protes pawai. "Bagi pemerintah ini relatif mudah menetralisir televisi atau stasiun radio," kata Billy Vaisberg, pencipta direktori twitter-venezuela.com. "Tapi Twitter memiliki ratusan ribu orang yang menggunakan layanan yang tidak terletak di Venezuela."

REUTERS | PURW

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wikipedia Indonesia Raih 1,2 Juta Klik Sehari

Posted: 29 Mar 2010 09:15 PM PDT

VIVAnews - Wikipedia bahasa Indonesia adalah situs web ensiklopedia terbesar berbahasa Indonesia yang seluruh artikelnya diisi dan dijaga oleh sukarelawan.

Per bulan Maret 2010, Wikipedia Indonesia memiliki lebih dari 119 ribu artikel dengan catatan kunjungan hingga 1,2 juta per harinya.

"Tetapi, pengguna yang menyunting lebih dari tiga kali dalam sehari hanya sekitar 30 orang," kata Siska Doviana, Sekretaris Eksekutif Wikimedia Indonesia di Ged Kemkominfo, Jakarta, 30 Maret 2010. "Angka ini stagnan sejak tahun 2005 dan cenderung menurun," ucapnya.

Tentu saja, Siska mengatakan, berkurangnya pengguna sangat aktif ini berdampak langsung pada penurunan jumlah artikel baru dan kualitas artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia.

Karena itu, Wikimedia Indonesia menggelar kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2010. Kompetisi ini digelar sebagai upaya untuk menjaring relawan muda berbakat dari kalangan akademisi untuk ikut membebaskan pengetahuannya dan memperkaya artikel seputar pengetahuan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui medium internet.

Sebagai informasi, Wikipedia merupakan situs dengan peringkat ke-11 yang paling banyak dikunjungi di Indonesia (versi Alexa), di mana sekitar 40 persen di antaranya dari arus pengunjung Indonesia singgahi yang menyinggahi situs Wikipedia Bahasa Inggris, dan 50 persen mengunjungi Wikipedia berbahasa Indonesia.

Wikipedia Bahasa Indonesia sendiri dirintis sejak bulan Mei 2003. Dalam waktu singkat, di awal tahun 2004, posisinya meroket ke peringkat 50 dunia, ditinjau dari banyaknya artikel. Kini posisinya bertengger di peringkat 25, naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu.

Selain Bahasa Indonesia, Wikipedia juga memiliki artikel Bahasa Jawa sebanyak 26.503 artikel, Bahasa Sunda sekitar 14.556 artikel, Banyumasan 3.162 artikel, Bahasa Aceh 1.150 artikel, Bahasa Bugis 216 artikel, dan Bahasa Melayu dengan 62.050 artikel.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wikimedia Indonesia Gelar Kompetisi Menulis

Posted: 29 Mar 2010 08:37 PM PDT

VIVAnews - Wikimedia Indonesia meluncurkan kompetisi menulis di Wikipedia bahasa Indonesia yang bertajuk "Bebaskan Pengetahuan 2010".

Kompetisi ini digelar sebagai upaya untuk menjaring relawan muda berbakat dari kalangan akademisi untuk ikut membebaskan pengetahuannya dan memperkaya artikel seputar pengetahuan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui medium internet.

"Mengakses internet menjadi berharga saat informasi yang diperlukan ada saat dicari," kata Aswin Sasongko, Dirjen Aplikasi Telematika, di Jakarta, 30 Maret 2010. "Karena itu, pengayaan artikel berbahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dilakukan oleh siapa saja," ucapnya.

Untuk menjaring sukarelawan, pada kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2010 ini, Wikimedia Indonesia mengundang masing-masing 9 perwakilan terbaik dari 10 perguruan tinggi di Jakarta, Bogor, dan Tangerang untuk kemudian dilatih menjadi peserta kompetisi.

Adapun kesepuluh perguruan tinggi tersebut meliputi FISIP UI, Sekolah Tinggi Teologi Jakarta, Universitas Al Azhar, Universitas Mercu Buana, Universitas Pelita Harapan, Universitas Paramadina, Institut Pertanian Bogor, London School of Public Relations, Unika Atmajaya, dan Universitas Bina Nusantara.

Ada tiga tahap penilaian yang harus ditempuh oleh para peserta mulai dari 1 April hingga 16 Juni 2010.

"Pada 1 April hingga 15 Mei, itu penilaian mencakup kualitatif dan kuantitatif," kata Siska Doviana, Sekretaris Eksekutif Wikimedia Indonesia. "Untuk diketahui dulu, kualitatif itu didasarkan pada mutu tulisan pada artikel dan page view. Adapun kuantitatif dinilai berdasarkan pada frekuensi online dari masing-masing peserta," ucapnya.

Sebanyak 12 juri akan menilai hasil kontribusi 90 peserta kompetisi. Satu pemenang terbaik akan menjadi perwakilan indonesia untuk mengikuti konferensi internasional Wikimania 2010 di Gdansk, Polandia.

"Saat ini kita sedang mengusahakan setidak-tidaknya lima pemenang teratas yang tidak berangkat ke Polandia, bisa mendapatkan hadiah notebook," kata Siska. "Sisanya, bagi peserta yang berpartisipasi sampai akhir kompetisi, kami akan membuatkan surat referensi dari Sue Gardner, Direktur Eksekutif Wikimedia Foundation," ucapnya.

Pelatihan satu hari telah selesai dilaksanakan Sabtu 27 Maret lalu di Laboratorium Komputer Universitas Mercu Buana yang diikuti oleh 64 perwakilan dari 8 perguruan tinggi. Sementara dua perguruan tinggi lain akan menyusul dilatih secepatnya.

Siska menyebutkan, kompetisi ini membutuhkan anggaran sebesar 250 juta rupiah untuk dapat menyelesaikan programnya. "Sayangnya dana yang berhasil terkumpul saat ini belum mencukupi, baru sekitar 138 juta rupiah yang merupakan hibah dari Ford Foundation, Wikimedia Foundation, dan Pertamina," ucapnya.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2009, Pendapatan Bakrie Telecom Naik 24%

Posted: 29 Mar 2010 07:29 PM PDT

VIVAnews - PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) berhasil membukukan pendapatan usaha hingga Rp 2,74 triliun. Angka ini meningkat sebesar 24,53 persen pada tahun buku 2009, dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah Rp 2,20 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan yang dipublikasikan hari ini, terlihat bahwa kendati kinerja operasional cukup bagus, namun hasil keseluruhan justru kurang memuaskan.

Pasalnya, pada tahun tersebut laba bersih terpangkas 28,05 persen menjadi Rp 98,44 miliar dari sebelumnya Rp 136,81 miliar.

Berkurangnya laba bersih tersebut, sepertinya dipicu meningkatnya beban usaha perusahaan telekomunikasi sepanjang 2009, yang mencapai Rp 2,45 triliun. Sebagai perbandingan, pada periode yang sama tahun sebelumnya, angkanya hanya mencapai Rp 1,82 triliun.

Tentunya, meningkatnya beban usaha turut mendorong turunnya laba usaha perseroan dari Rp 378,63 miliar menjadi Rp 288,42 miliar di akhir 2009.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION