Jumat, 30 April 2010

WD My Passport Elite 500GB, Permudah Pengguna PC Desktop

WD My Passport Elite 500GB, Permudah Pengguna PC Desktop


WD My Passport Elite 500GB, Permudah Pengguna PC Desktop

Posted: 29 Apr 2010 06:10 PM PDT

Normal

false

false

false

EN-US

X-NONE

X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */

table.MsoNormalTable

{mso-style-name:"Table Normal";

mso-tstyle-rowband-size:0;

mso-tstyle-colband-size:0;

mso-style-noshow:yes;

mso-style-priority:99;

mso-style-qformat:yes;

mso-style-parent:"";

mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;

mso-para-margin-top:0in;

mso-para-margin-right:0in;

mso-para-margin-bottom:10.0pt;

mso-para-margin-left:0in;

line-height:115%;

mso-pagination:widow-orphan;

font-size:11.0pt;

font-family:"Calibri","sans-serif";

mso-ascii-font-family:Calibri;

mso-ascii-theme-font:minor-latin;

mso-fareast-font-family:"Times New Roman";

mso-fareast-theme-font:minor-fareast;

mso-hansi-font-family:Calibri;

mso-hansi-theme-font:minor-latin;

mso-bidi-font-family:"Times New Roman";

mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

 

Jika dijajarkan dengan ponsel Nokia QWERTY, ia hanya sedikit lebih besar. Fisiknya yang kompak itu memudahkannya dibawa ke mana pun kita pergi. Apalagi ia juga enteng. Casing badannya yang hitam halus dan tidak menyisakan jejak sidik jari.

 

Badan Mulus

Sekilas tak ada apa pun di badannya, kecuali sebuah port mini USB di bagian bawah dan logo WD di panel atas sisi kanan. Namun begitu hard disk portabel ini ditancapkan ke port USB 2.0, tampaklah sesuatu yang lain.

Ada setitik cahaya putih LED di sisi yang berwarna hitam. Yang paling bawah mengindikasikan keberadaan drive. Agak ke atas tampak gambar gembok menyala putih, menunjukkan terkuncinya drive dengan password. Cahaya di gembok ini mati jika tidak ada pasokan listrik di drive, atau password dimasukkan.

Eh, begitu drive diisi file-file, muncul seberkas cahaya putih lainnya, kali ini lebih panjang. Yang ini menunjukkan berapa kira-kira kapasitas (dalam persen) yang sudah terpakai: 0 – 24,99, 25 – 49,99, 50 – 74,99, >= 75. Cuma indikator kapasitas dalam bentuk cahaya ini baru hadir jika software SmartWare bawaan dipasang dan diaktifkan di komputer.

Kendati mungkin dianggap tidak banyak bermanfaat bagi sebagian besar pengguna, adanya LED ini membuat hard disk portabel besutan Western Digital ini lain dari yang lain.

Hardware Wizard O ya, saat My Passport Elite ditancapkan ke port USB 2.0 komputer bersistem operasi Windows , jangan kaget bila di layar komputer muncul Hardware Wizard yang meminta driver. Driver WD SES Device sudah dibawakan dalam hard disk itu. Tinggal arahkan saja Windows untuk mencari di folder yang berisi driver tersebut, dan dalam sekejap hard disk siap dipakai.

Kita akan melihat dua drive terpasang di sini (H: dan I: di komputer kami). Yang pertama adalah WD Virtual CD070B, dan yang kedua adalah WD MyPassport. Di drive pertamalah (WD Virtual CD070B) terletak driver yang dicari Windows (dalam folder Extras). Di sini pula terdapat User Manual, software WD SmartWare dan Unlock.

Drive pertama ini sebaiknya jangan diutak-atik. Biarkan saja. Gunakanlah drive kedua yang berlabel MyPassport dan sudah diformat NTFS untuk simpanan maupun backup data.

Hmm, dalam paket WD kita akan melihat kabel USB. Kabel ini tidak terlalu panjang, sekitar 39cm, sehingga lebih cocok dihubungkan ke notebook. Sedangkan untuk ke PC desktop, apalagi jika diletakkan di kolong meja dan port USB-nya hanya bisa diakses dari bagian belakang casing, gunakan docking yang disediakan.

Kabel dan Docking Tancapkan saja hard disk ke docking yang memiliki kabel USB sekitar 2,8x lebih panjang itu. Tekanlah hard disk agak kuat saat menancapkannya ke docking. Untuk mencabutnya, kamu mungkin perlu memegang salah satu satu docking.

Docking ini tidak punya fungsi lain selain mengkoneksikan hard disk dalam posisi berdiri dalam jangkauan yang lebih jauh. Namun keberadaannya sangat membantu bagi pemilik PC desktop. Docking pun bisa dibiarkan bercokol di port USB komputer.

Seperti mayoritas hard disk portabel yang baik dan telah disinggung di atas, WD My Passport Elite menyertakan software SmartWare. Melalui program ini, backup maupun restore dan enkripsi file menjadi sangat mudah dilakukan.

Begitu terpasang dan aktif di komputer, SmartWare akan men-scan sistem dan memberikan tampilan visual tentang tipe file yang bercokol di hard disk komputer. Kita dapat dengan cepat melihat berapa yang disita oleh file gambar, musik, film, atau dokumen, dan berapa kapasitas yang dipakai di drive.

Kinerja Dalam pengujian manual kami, kinerja baca/tulis WD My Passport Elite tidak beda jauh dengan hard disk portabel yang pernah kami uji. Kecepatan bacanya tercatat lebih tinggi dibandingkan kecepatan tulis: 27,53MB/s vs. 23,2MB/s. Hasil benchmark dengan HD Tach 3.0.1.0 dan HD Tune 2.53 juga menunjukkan kecenderungan yang sama.

 

Kesimpulan

Kendati kinerjanya biasa saja, WD My Passport Elite menarik untuk dipilih, khususnya bagi pengguna PC desktop. Docking adalah salah satu daya tariknya. Lampu indikator di badannya adalah daya tarik lainnya. Satu yang kami sayangkan, hard disk ini menggunakan port mini USB yang spesial. Jadi tidak bisa disambung dengan kabel USB 'biasa.'

 

PLUS: Docking; indikator kapasitas.

MINUS: Port mini USB khusus.

 

RATING: 8

 

Hasil Uji

 

HD Tach 3.0.1.0 (Full Bench)

Random access 17,6ms

CPU utilization 7% (± 2%)

Average read 35,1MB/s

Average write 29,0MB/s

Burst speed 37,5MB/s

 

HD Tune 2.53

Minimal transfer rate 26,3MB/s

Maximal transfer rate 27,7MB/s

Average transfer rate 27,5MB/s

Access time 18,3ms

Burst state 27,8MB/s

CPU usage 8,3%

 

 

PCMark2005 Professional

HDD Overall 3028

HDD XP Startup 6,856MB/s

HDD Application loading 5,352MB/s

HDD General usage 3,949MB/s

HDD Virus scan 27,118MB/s

HDD File write 26,647MB/s

 

 

Hasil Uji Kecepatan Transfer*

Tindakan

Kecepatan

Copy dari hard disk (write)

23,198MB/s

Copy ke hard disk (read)

27,53MB/s

Hapus file (delete)

1830,85MB/s

* File uji berukuran total 2,96GB, terdiri dari 505 file dalam 42 folder. Uji dilakukan tiga kali di PC rakitan (Intel Pentium Dual Core E5200 2,5GHz, RAM 1GB, Windows XP SP3) dan hasilnya dirata-ratakan

 

 

 

SPESIFIKASI WD MyPassport Elite

Interface: USB 2.0

Kapasitas: 500GB

Mendukung: Windows (7/Vista/XP), Mac OS X Tiger/Leopard, Snow Leopard (harus reformat dulu)

Tombol akses: Tidak ada

Software backup/recovery: Ada

Kelengkapan:

- Kabel USB

- Quick install guide

- USB dock

Dimensi: 11x8,3x1,5 cm

Bobot (dengan kabel): 166 gram; docking: 124 gram

Situs: www.wd.com

Harga kisaran: US$ 115

Garansi: 3 tahun terbatas

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramai-ramai Garap Perempuan

Posted: 29 Apr 2010 06:10 PM PDT

KOMPAS.com - Semangat emansipasi wanita yang telah dirintis Raden Ajeng Kartini kini telah menular ke berbagai sendi kehidupan masyarakat. Bahkan, para operator seluler juga memanfaatkan isu emansipasi ini untuk menjajakan dagangannya.

Sebagai contoh PT Telkomsel. Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini pada 21 April lalu, provider terbesar di Indonesia ini meluncurkan layanan khusus kaum perempuan. Layanan ini berupa konten yang berisi informasi-informasi mengenai kehidupan kaum perempuan. Telkomsel menjuluki produk barunya ini konten Dunia Wanita.

VP Digital Music & Content Management Telkomsel, Krishnawan Pribadi, menyatakan layanan Dunia Wanita ini sebagai one stop info service mengenai dunia wanita setiap saat dan di mana pun pelanggan berada.

Khrisna menambahkan, layanan khusus untuk perempuan sangat strategic, karena kaum hawa merupakan pengguna terbesar berbagai produk Telkomsel. Sampai tahun 2009, jumlah pelanggan TelkOmsel yang berjenis kelamin perempuan mencapai 45 juta atau sekitar 55 persen dari total pelanggan Telkomsel.

Strategi anak perusahaan Telkom untuk menggarap pasar perempuan ini dilakukan seiring dengan membanjirnya produk-produk handphone yang menyediakan fitur-fitur khusus wanita. Pada akhir Maret lalu, Nexian, salah satu produsen handset lokal, merilis produk bertajuk NX-G788a atau biasa disebut juga Nexian SHE.

Sesuai dengan namanya, ponsel Nexian SHE punya bentuk, fitur, dan embel-embel lain yang sangat khas perempuan. Ambil contoh bentuk ponsel Nexian SHE yang mungil layaknya tempat bedak perempuan. Nexian SHE juga dibalut dengan elemen batu swarovski yang membuatnya menjadi tampak berkilauan.

Agar lebih menarik, Nexian SHE juga menyediakan fitur perempuan yang disebut dengan Sense Me. Di dalamnya terdapat fitur yang dapat membantu para perempuan untuk memiliki berat badan yang ideal dan fitur pencatat menstruasi.

Isnur Rochmad, Chief Technical Officer PT Metrotech Jaya Komunika, produsen Nexian, menuturkan, peluncuran produk anyar Nexian SHE dilandasi keyakinan bahwa perempuan adalah pengambil keputusan utama di dalam pengeluaran keluarga. Itu berarti, daya beli perempuan lebih mumpuni dibanding dengan pria.

Tahun ini, produk khusus perempuan ini ditargetkan terjual hingga 150.000 unit. Hingga kini, Isnur bilang, penjualan Nexian SHE cukup bawls. "Kami mungkin akan merilis seri lain untuk segmen pasar ini," jelas Isnur. Oh, iya, di pasar Nexian SHE dibanderol sekitar Rp 1,29 juta per unit.

Samsung pun tergoda. Product Marketing Samsung Mobile Andry Sutamto mengatakan, perempuan bisa mengeluarkan kocek lebih banyak untuk mendapatkan ponsel yang memberikan personalisasi sekaligus menunjukkan jati dirinya. Untuk menggarap peluang ini, Samsung telah mengeluarkan varian berlabel Diva Collections.

Sesuai target pasarnya, Samsung Diva menonjolkan sisi desain perempuan dengan bentuk menyerupai quilted-pattern yang diadaptasi dari merek fashion ternama. Andry bilang, desain itu dimaksudkan untuk menunjukkan kesan feminin dan high-fashion. Sayang, produk anyar dari Samsung ini baru beredar di Eropa dan China. "Kapan masuk ke Indonesia, kami belum tahu," ujar Andry lagi. (KONTAN/Dessy Rosalina, Astri Kharina)

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

WebOS Berpeluang Masuk Tablet dan Netbook

Posted: 29 Apr 2010 06:10 PM PDT

PALO ALTO, KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) optimistis dapat memperluas pangsa pasarnya di produk-produk komputasi bergerak (mobike computing) dengan mengakuisisi Palm. Hal tersebut dikatakan salah satu ekskutif HP Todd Bradley saat mengumumkan akuisis tersebut, Rabu (28/4/2010).

"Di antara smartphone, slate (komputer tablet), dan netbook ada banyak peluang di sana. Dengan berinvestasi di WebOS, kami dapat membuat perangkat-perangkat tersebut lebih menarik daripada sekarang," ujar Bradley dalam conference call dari Palo Alto, California, AS yang dilansir Engadget.

Saat ditanya apakah HP akan menggunakan WebOS di perangkat yang berlayar lebih lebar selain smartphone itu, Bradley tak mau menegaskan. Ia menyatakan pihaknya masih fokus untuk menyelesaikan proses akuisis sebelum menetapkan target pengembangannya.

"Tak bisa dipungkiri kalau kami mempertimbangkan kemungkinannya membuat produk semacam itu, tapi belum saatnya dibicarakan sekarang," jawabnya diplomatis. Dengan bergabungnya Palm, HP telah memiliki portofolio produk yang setara dengan pesaing berat di pasar mobile computing saat ini seperti Google dan Apple.

HP sepakat mengakuisisi seluruh saham Palm dengan harga 5,7 dollar AS per lembar saham sehingga nilai akuisisi keseluruhan mencapai 1,2 miliar dollar AS. Kesepakatan tersebut diumumkan Rabu (28/4/2010) dan proses akuisisi ini diharapkan bisa diselesaikan pada 31 Juli 2010.

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

HP dan Palm Kombinasi Pas?

Posted: 29 Apr 2010 06:10 PM PDT

PALO ALTO, KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) rela merogoh kocek 1,2 miliar dollar AS untuk mengambil alih Palm. Todd Bradley, salah satu eksekutif HP, menyebut kedua perusahaan merupakan kombinasi pas untuk merebut pangsa pasar mobile computing yang masih besar dan tumbuh pesat.

Bradley memuji teknologi Palm yang canggih untuk memperkuat protofolio produknya. Ia mengatakan sistem operasi WebOS buatan Palm berkelas dunia punya user interface yang menarik dan sudah berkemampuan multitasking. Selain itu, Palm dinilai punya portofolio internet protocol (IP) yang terbukti handal serta SDM yang cakap.

Sayangnya, menurut Bradley, kecanggihan tersebut tidak bisa dinikmati banyak orang karena keterbatasan finansial Palm untuk memperluas daya jangkaunya. Bradley mengatakan HP datang dengan investasi besar untuk pengembangan produk dan menjangkau pasar seluas mungkin. Apalagi, didukung jaringan HP sudah berskala global.

"Bersama-sama, HP dan Palm akan menghasilkan kombinasi yang hebat," ujar Bradley dalam conference call yang dilansir Engadget, Rabu (28/4/2010). Namun, yang paling penting bagi HP adalah memanfaatkan Palm untuk mendukung mobile experience yang menarik buat konsumen dan saling terhubung.

Palm memungkinkan hal tersebut bahkan ambisi HP untuk menyediakan pusat layanan virtual berbasis cloud computing di masa depan dan bursa aplikasi untuk berbagai kategori produk yang terintegrasi dari smartphone, tablet, hingga netbook.

HP sepakat mengambil alih Palm dengan nilai 5,7 dollar AS per lembar saham atau secara keseluruhan mencapai 1,2 miliar dollar AS. Proses akuisi tersebut akan diselesaikan pada 31 Juli 2010. HP akan mengintegrasikan produk Palm ke dalam portofolio prduknya seperti smartphone, tablet, hingga netbook.

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION