Selasa, 27 April 2010

Telkom, Singtel atau Axiata. Siapa Unggul?

Telkom, Singtel atau Axiata. Siapa Unggul?


Telkom, Singtel atau Axiata. Siapa Unggul?

Posted: 26 Apr 2010 09:59 PM PDT

VIVAnews - Pekan lalu majalah Forbes mempublikasikan daftar 2000 perusahaan terbesar di dunia. Forbes mengurutkan semua perusahaan publik dari semua sektor, dan juga lintas negara.

Pada sektor telekomunikasi, sejumlah nama muncul mulai dari AT&T, Telefónica, China Mobile, Nippon Telegraph & Tel, hingga Vodafone. Nama-nama itu masuk dalam 100 perusahaan besar di dunia.

Sementara itu, tiga perusahaan telekomunikasi di kawasan Asia Tenggara yang masuk dalam daftar 2000 perusahaan terbesar adalah Singapura Telecom, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan Axiata group.

Singtel mendapat peringkat 310. Lebih tinggi dibandingkan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan Axiata Group, milik pemerintah Malaysia. Telkom mendapat peringkat 684 sedangkan Axiata duduk di posisi 904.

Bila dilihat dari aset, sebenarnya Telkom berada di bawah Singtel dan Axiata. Namun, dari penjualan, Telkom bisa di atas Axiata. Dalam data Forbes, penjualan Telkom US$ 5,42 miliar. Sedangkan penjualan Axiata hanya US$ 3,83 miliar. Sementara Singtel jauh di atas dua perusahaan itu. Penjualan Singtel sebesar US$ 9,81 miliar.

Dari keuntungan, Singtel mendapat US$ 21,27 miliar, Telkom US$ 8,37 miliar, dan Axiata US$ 0,48 miliar. Sedangkan kapitalisasi pasar, Singtel berada di urutan pertama dengan nilai US$ 34,66 miliar, Telkom US$ 17,74 miliar, dan Axiata US$ 9,71.

Anehnya, ketiga perusahaan itu memiliki pasar yang besar di Indonesia. Singtel memiliki Telkomsel, perusahaan patungan dengan Telkom. Singtel memiliki 35 persen, sedangkan Telkom 65 persen. Dalam laporan keuangan Telkom 2009, Telkomsel menyumbang pendapatan Telkom hingga 60 persen.

Sedangkan Axiata memiliki pasar yang cukup besar di Indonesia melalui XL, operator seluler terbesar ketiga di Indonesia. Axiata mengendalikan 66,7 persen XL melalui Indocel Holding Sdn Bhd. (hs)

Rangking

Perusahaan

Asal

Penjualan

Laba

Aset

Kapitalisasi Pasar

310

Singapore Telecom

Singapure

9.81

2.27

21.34

34.66

684

Telekom Indonesia

Indonesia

5.42

0.95

8.37

17.74

904

Axiata Group

Malaysia

3.83

0.48

10.80

9.71

 *dalam miliar dolar AS.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BlackBerry Luncurkan Generasi CDMA Terbaru

Posted: 26 Apr 2010 09:28 PM PDT

TEMPO Interaktif, Jakarta - Research in Motion (RIM) baru-baru ini meluncurkan variasi terbaru dari BlackBerry smartphones. BlackBerry CDMA generasi ketiga Bold dan Pearl. Dua tipe BlackBerry versi Code Division Multiple Access (CDMA) ini bakal diluncurkan pada Mei mendatang di Verizon dan Sprint Nextel - dua kawasan di Amerika Utara dengan jaringan CDMA terbesar Namun ada pula time Blackberry Bold yang sudah dapat mengoperasikan jaringan Group Special Mobile (GSM).

BlackBerry Pearl juga dilengkapi dengan versi 3G terbaru dan menjadi produk termini dari BlackBerry. Kelengkapan GSM-nya juga bisa mempercepat pengunduhan data dengan menggunakan jariangan 3G terbaru. Diharapkan peranti lunak ini membuat RIM dapat bersaing dengan produk smartphone lainnya, seperti iPhone dan Droid.

Kemudahan lainnya dari BlackBerry tipe terbaru ini adalah kamera yang terintegrasi dalam telepon, tombol navigasi dan display yang mudah digunakan. "Kalian akan mengetahui kehebatan smartphone terbaru ini," kata co-CEO RIM Jim Balsillie "Tak akan sabar untuk memilikinya."

Selain meluncurkan BlackBerry Dalam waktu dekat, RIM akan meluncurkan versi baru dari teknologi Mobile Voice System (MVS). Teknologi ini mengintegrasikan sambungan telepon dengan kabel dan BlackBerry yang memungkinkan dua perangkat itu tersambung menjadi satu. Sehingga penggunanya dapat menelepon keluar dengan menggunakan nomor telepon dengan kabel tadi. Nantinya, teknologi MVS akan memungkinkan penggunanya untuk menerima telepon dari BlackBerry smartphone mereka melalui koneksi Wi-fi

Rini Kustiani | Reuters

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Beberkan Prototipe iPhone, Rumah Digeledah Polisi  

Posted: 26 Apr 2010 07:23 PM PDT

TEMPO Interaktif, San Fransisco - Gizmodo mengatakan bahwa polisi California menggerebek rumah seorang editor blog gadget itu. Sebelumnya diketahui bahwa Gizmodo membeberkan penemuan prototipe iPhone generasi terakhir.

 

Gizmodo menerbitkan kutipan dari surat perintah pencarian yang memberi izin polisi untuk merebut properti dari editor rumah Jason Chen. Properti yang disebut-sebut sebagai prototipe iPhone itu menjadi bukti "digunakan sebagai cara melakukan suatu kejahatan" atau "cenderung menunjukkan bahwa kejahatan telah dilakukan."

Surat perintah yang ditandatangani oleh seorang hakim lokal khusus yang memerintahkan penyitaan, "dokumen cetak, gambar dan atau notasi yang berkaitan dengan penjualan dan, atau pembelian dari prototipe iPhone curian."

Gizmodo minggu lalu mengatakan membeli iPhone prototipe seharga 5.000 dolar atau sekitar Rp 49 juta dari orang tak dikenal yang menemukan di sebuah bar California. Seorang insinyur perangkat lunak Apple Gray Powell meninggalkannya di tempat itu.

Chen mengatakan dalam sebuah posting di situs Gizmodo pada hari Senin bahwa ia dan istrinya kembali dari makan di luar karena pada hari Jumat. Polisi mencari di rumah mereka di daerah utara California San Mateo. "Para petugas telah mengambil komputer dan katalog semua barang dari rumah saya," kata Chen. "Mereka bilang mereka sudah berada di sini selama beberapa jam dan harus memecahkan pintu depan karena saya tidak ada di rumah untuk membuka pintu."

Para perwira, anggota California Rapid Enforcement Allied Computer Team, mengambil empat komputer dan dua server komputer dari rumah pasangan itu, menurut posting. Gizmodo mengatakan pihaknya mengembalikan prototipe iPhone ke Apple setelah perusahaan terkenal itu secara rahasia memintanya kembali.

Gizmodo juga menerbitkan surat dari pengacaranya, Gawker Media, yang berkeberatan atas pengeledahan di rumah Chen dan menyatakan bahwa surat perintah pencarian yang tidak sah dikeluarkan untuk menyita milik wartawan. "Kami berharap segera dikembalikan, materi yang disita dari Mr Chen," kata surat dari Gaby Darbyshire.

Menurut Gizmodo, Powell, insinyur Apple itu sedang merayakan ulang tahun 27 di sebuah taman bir di Redwood City, sekitar 32 kilometer dari markas besar Apple di Cupertino, pada malam tanggal 18 Maret.

Namun, Powell mendapat perhatian dari Penerbangan Lufthansa, Jerman. Maskapai ini menawarkan perjalanan kelas binis untuk membantu melupakan kesedihan akibat kecerobohannya. »Jalan-jalan ke Jerman mengunjungi festival bir," tawar Lufthansa.

SKYNEWS| NUR HARYANTO

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

BlackBerry Baru, Bold 9650 dan Pearl 3G

Posted: 26 Apr 2010 06:10 PM PDT

WATERLOO, KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) mengumumkan kehadiran dua produk BlackBerry terbaru menjelang Wireless Enterprise Symposium (WES) 2010 di Orlando, Florida, AS, yang akan berlangsung 27-29 April 2010. Masing-masing BlackBerry Bold 9650 dan BlackBerry Pearl 3G.

Bold 9650 merupakan model Bold pertama yang bekerja di CDMA karena sebelumnya beberapa model Bold hanya tersedia untuk jaringan GSM dan penerus BlackBerry Tour yang bekerja di jaringan GSM maupun CDMA. Dibanding Tour, Bold 9650 menawarkan akses data lebih kencang dengan mendukung 3G (EVDO) maupun HSPA/UMTS selain WiFi 802.11b/g. Memori internalnya ditingkatkan menjadi 512 MB dan menggunakan optical trackpad sebagai pengganti trackball.

Sementara Peral 3G merupakan produk BlackBerry pertama di dunia yang mendukung akses WiFi kecepatan tinggi 802.11n di samping 802.11b/g. Peningkatkan kecepatan akses juga dilakukan pada Pearl 3G yang merupakan kelanjutan dari lini produk BlackBerry dengan desain bar dan berukuran paling ramping di antara lini produk lainnya. Ada dua tipe Pearl 3G, masing-masing 9100 yang menggunakan keyboard semi QWERTY dengan 20 tombol dan 9105 yang menggunakan 14 tombol standar ponsel konvensional.

Keduanya masih menggunakan BlackBerry OS 5 yang merupakan platform terbaru yang ada saat ini. Masing-masing akan tersedia mulai Mei di pasar AS maupun di negara lain.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION