Senin, 12 April 2010

iPad Beredar, Pembajakan eBook Naik 78%

iPad Beredar, Pembajakan eBook Naik 78%


iPad Beredar, Pembajakan eBook Naik 78%

Posted: 09 Apr 2010 08:52 PM PDT

VIVAnews - Sepekan setelah diluncurkan, perangkat layar sentuh besutan Apple terbaru, yakni iPad, diperkirakan telah terjual sekitar 500 ribu unit. Berhubung penerbit buku menganggap perangkat akan mengancam pendapatan mereka, Torrentfreak mengamati trafik pembajakan eBook bersamaan dengan diluncurkannya alat itu. Hasilnya cukup mengejutkan.

Sebagai gambaran, hadirnya iPod di pasar menghadirkan perubahan signifikan di industri musik. Ketika iPod beredar tahun 2001, tidak ada toko online yang menjajakan lagu. Pada akhir dekade tersebut, penjualan musik digital telah jauh melampaui penjualan musik dalam bentuk fisik seperti kaset ataupun CD.

Untuk menentukan apakah iPad memiliki efek samping terhadap pembajakan eBook, Torrentfreak, seperti VIVAnews kutip, 10 April 2010, mengamati jumlah download dari satu minggu sebelum peluncuran iPad dan setelahnya.

Dengan membandingkan data dari dua sampel tersebut, sebelum dan sesudah, angka pengunduhan secara tidak legal terhadap eBook lewat BitTorrent naik rata-rata 78 persen. Adapun enam eBook yang paling banyak dibajak didownload jauh lebih banyak setelah iPad diluncurkan.

Meski pembajakan eBook naik 78 persen, jumlah download masih relatif kecil bila dibandingkan dengan pembajakan yang terjadi di industri musik dan film. Di industri ini, musik dan film populer dibajak lebih dari satu juta kali dalam satu minggu.

Angka pembajakan eBook yang masih rendah bisa disebabkan oleh belum banyaknya jumlah pengguna yang memiliki perangkat iPad ataupun pembaca eBook lainnya. Selain itu, belum banyak eBook bajakan yang beredar di Internet, dan membeli eBook lewat toko online masih lebih cepat dan nyaman dibanding mencari bajakannya.

Walau begitu, industri eBook tidak perlu terlalu khawatir karena faktor kenyamanan dan pengalaman pengguna akan menjadi nilai lebih yang bisa mereka tawarkan. Tidak seperti saat iPod diedarkan, tidak ada toko online yang menjual lagu. Satu-satunya cara mendapatkan lagu digital dengan mudah saat itu adalah lewat jaringan sharing file seperti Napster, misalnya.

Untuk itu, Torrentfreak menyebutkan, industri buku, khususnya eBook sebaiknya berusaha menghadirkan produk dan layanan terbaik dan terjangkau bagi pengguna. Biar sisanya iPad yang mengurus.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION