Senin, 25 Januari 2010

Wagub Jabar Mual Main Counter Strike

Wagub Jabar Mual Main Counter Strike


Wagub Jabar Mual Main Counter Strike

Posted: 24 Jan 2010 06:02 PM PST

Counter Strike alias CS, merupakan game favorit dari Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf. Tapi karena faktor usia, mantan aktor laga tanah air ini mengaku sering mual kalau terlalu lama bermain.

Hal itu diakui oleh Dede saat berbincang santai dengan detikINET usai membuka Speedy Game Championship di Parisj Van Java, akhir pekan lalu. "CS favorit saya. Tapi sekarang saya nggak bisa lama."

"Suka mual kalau main CS. Karena monitor di rumah 40 inch. Sedangkan gerakan di CS sangat cepat. Memang usia saya sudah tidak cocok lagi," katanya sambil tertawa.

Walaupun mengaku sebagai gamers sejati, Dede wanti-wanti agar para gamers bisa menjadi diri. Jangan kebablasan saat bermain game.

Pun demikian, Dede berpesan bahwa untuk bermain game sangat sampai berlebihan. "Yang berlebihan kan tidak baik. Harus dibatasi. Ini yang harus disosialisasikan, bukan melarang untuk main game," katanya.

Ditanya jenis game yang sering dia mainkan, Dede pun menjawab dengan lugas. "Warcraft, Total War, Grand Theft Auto (GTA) atau itu apa namanya. Ah, saya lupa namanya, tapi buatan Tom Clancy's itu saya suka mainkan," katanya sambil berusaha mengingat nama penerbit game yang dimaksud.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Gamer Indonesia Cari Pacar Lewat Game Online

Posted: 24 Jan 2010 05:32 PM PST

Internet memang memungkinkan segalanya. Jika biasanya orang sering cari pasangan lewat situs jejaring sosial, namun kini yang mencari pacar lewat game online juga semakin banyak.

Fenomena ini menginspirasi Lyto, salah satu penerbit game online di Indonesia untuk membuat game yang mengusung tema jejaring sosial. Tidak hanya dapat melakukan aktivitas sosial, para gamer Luna Online--demikian nama game itu-- pun dapat mencari pasangan di sini.

"Salah satu fitur menarik dalam Luna Online adalah berpacaran. Fitur ini kami sediakan karena memang tidak sedikit gamer yang mencari pasangan melalui game," jelas Fransiskus, Game Koordinator Lyto, di Mal Kelapa Gading, Jakarta.

Fitur berpacaran memang dapat dilakukan dalam Luna Online. Tidak hanya saling berbagi cerita atau kasih sayang, dalam game ini pemain juga dapat menuntaskan misi bersama kekasihnya itu. Sepertinya cukup romantis.

 

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

3 "Setting" Facebook yang Harus Anda Amankan

Posted: 24 Jan 2010 05:13 PM PST

KOMPAS.com — Pada Desember 2009 Facebook membuat perubahan aturan privasi para penggunanya yang mengundang kontroversi. Situs jejaring yang tadinya lebih tertutup itu kini ingin bersaing dengan situs lainnya yang lebih terbuka, seperti Twitter. Kalau pada Desember 2009 Anda benar-benar memerhatikan dan mempertahankan pengaturan pribadi Anda ketika Facebook memunculkan rekomendasi pengaturannya, mungkin Anda termasuk aman. Tapi, kalau Anda cuma memilih pengaturan yang dianjurkan Facebook, ada baiknya Anda melihat lagi informasi apa saja yang bisa dilihat orang dengan pengaturan itu.

Caranya, pertama, arahkan mouse ke menu Setting/Pengaturan di kanan atas, maka akan muncul daftar, lalu klik Privacy Setting/Pengaturan Privasi dari daftar tersebut. Lalu, coba periksa tiga hal berikut dalam pengaturan yang muncul.

1. Siapa yang bisa melihat hal-hal yang anda kemukakan (status, foto, video, dan lainnya)

Pada menu itu, item pertama adalah Profile Information/Informasi Profil, klik bagian itu. Di halaman selanjutnya, carilah Posts by Me/Kiriman dari Saya. Ini bagian yang mengendalikan segala update status, pranala, catatan/notes, foto, dan video.

Kalau Desember lalu Anda hanya mengikuti saran pengaturan standar Facebook, semua informasi itu bisa diakses oleh semua aplikasi dan pengguna Facebook lainnya.

Ada baiknya Anda mengubah pengaturannya menjadi Hanya Teman/Only Friends daripada Semua Orang/Everyone sehingga benar-benar hanya orang-orang yang telah Anda setujui menjadi teman yang bisa melihat perkembangan profil Anda.

Ingat bahwa pengaturan Semua Orang berarti benar-benar semua orang yang memakai internet bisa saja menemukan informasi tersebut. Sementara setting Friends of Friends/Teman dari Teman agak lebih meyakinkan, tapi kalau jumlah teman Anda cukup banyak, bisa saja informasi Anda tersedia untuk ribuan orang yang tak Anda kenal.

2. Data pribadi

Masih pada bagian Informasi Profil, lihatlah item ketiga, keempat, dan kelima, yaitu Birthday/Tanggal Lahir, Religious and Political Views/Kepercayaan dan Pandangan Politik, dan Family and Relationship/Keluarga dan Hubungan. Ketiga data ini sensitif, terutama tanggal lahir karena data ini sering kali menjadi data untuk verifikasi identitas (contoh: untuk beberapa layanan perbankan lewat telepon).

Kalau Anda menggunakan standar Facebook dari Desember lalu, ketiga data ini bisa dilihat semua orang. Ada baiknya Anda juga mengubah ini menjadi Hanya Teman/Only Friends untuk alasan yang sama seperti sebelumnya.

3. Apakah Google bisa melihat data di Facebook?

Kembali ke halaman Pengaturan Privasi/Privacy Setting, klik Pencarian/Search, yaitu item keempat. Memang Facebook pernah mengeluarkan pernyataan bahwa Facebook tidak meneruskan informasi ke Google dan bahwa orang yang mencari nama pengguna Facebook di Google hanya akan diarahkan ke halaman profil pengguna itu dan hanya diperlihatkan informasi mendasar. Ini memang benar, tapi harus Anda lihat juga informasi mendasar yang muncul itu apa saja.

Item kedua di halaman ini, Public Search Result/Hasil Pencarian Umum, memiliki kotak centang di kanan yang bertuliskan "Izinkan/Allow". Ada baiknya Anda hapus centang pada kotak itu. Kalau Anda mau membandingkan hasilnya, coba saja klik di pranala Lihat Pratayang/See Preview di sekitar akhir penjelasan item kedua itu. Pranala itu bisa menunjukkan seperti apa tampilan profil yang muncul bagi orang yang sama sekali bukan teman Anda di Facebook, tapi menemukan halaman profil Anda lewat fitur pencarian Google. Bisa Anda bandingkan bedanya tampilan ini bila kotak Izinkan tadi dicentang atau tidak.

Ketiga pengaturan di atas bisa Anda kuasai dalam lima menit. Jangan tunggu sampai ada kejadian buruk baru Anda mengamankan informasi tentang Anda.

 

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Riset: Otak Facebooker Hanya Sanggup Berteman 150 Orang

Posted: 24 Jan 2010 04:42 PM PST

Warga Facebook alias facebooker sering 'menimbun' jumlah teman, kadang sampai ribuan banyaknya. Namun menurut seorang peneliti, manusia sesungguhnya tidak mampu mengingat atau mengendalikan hubungan sosial dengan lebih dari 150 orang saja.

Adalah Robin Dunbar, profesor Evolutionary Anthropology di Oxford University yang mencetuskan klaim itu. Sang profesor pernah mengembangkan teori bernama 'Dunbar's number' yang jadi basis pernyataannya tersebut.

Teori itu mengklaim bahwa ukuran neocortex--bagian otak untuk berpikir sadar dan berbahasa--membatasi manusia untuk mengurus lingkungan sosial hanya dengan sekitar 150 teman, tak peduli betapapun besar sikap sosial seseorang.

Jumlah itu didapat setelah Dunbar meneliti seberapa sering manusia melakukan kontak dalam berbagai golongan masyarakat, dari lingkungan pedesaan sampai perkotaan.

Ternyata menurut riset lanjutan Durban, meski Facebook memungkinkan orang punya begitu banyak teman, tetap saja jumlah teman yang bisa dikontrol berkisar pada angka 150.

"Anda bisa memiliki 1500 teman, namun ketika Anda lihat trafik di situs, Anda akan melihat bahwa orang tetap mempunyai lingkaran pertemanan di kisaran 150 orang," tukas Dunbar seperti dilansir Times of India yang dikutip detikINET, Senin (25/1/2010).

Dunbar menambahkan bahwa wanita cenderung lebih baik dalam membina hubungan dengan terus berkomunikasi satu sama lain. Sedangkan kaum lelaki membutuhkan kebersamaan secara fisik sebelum bisa jadi akrab.


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Investasi Stasiun Bumi Tak Bisa Dihitung

Posted: 24 Jan 2010 12:50 AM PST

VIVAnews – Setelah berhasil membuat stasiun bumi sendiri di Biak, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) kembali berniat membuat stasiun bumi di Kotatabang, Sumatera Barat. Model stasiun ini kurang lebih akan sama dengan stasiun bumi yang dibuat di Biak.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan Elly Kuntjahyowati mengatakan pembangunan stasiun bumi di Kotatabang akan berada di bawah koordinasi Pusat Teknologi Elektronika Dirgantara Lapan.

"Rencana pembangunanya awal tahun ini," ujar Elly kepada VIVAnews, Minggu 24 Januari 2010.

Namun soal berapa besarnya Anggaran, pihak Lapan mengklaim bahwa tidak ada anggaran spesifik yang dianggarkan untuk pembangunan stasiun di Biak dan Kotatabang. "(Stasiun) ini adalah hasil rancangan bangun para teknisi yang merupakan hasil penelitian," kata dia.

Tak heran jika stasiun bumi ini disebut sebagai prestasi karya anak bangsa yang luar biasa. "Ini dedikasih para peneliti Lapan untuk memajukan teknologi Antariksa Indonesia, investasinya tidak bisa dihitung dengan rupiah," ujarnya.

Beroperasinya stasiun bumi penerima Biak menambah cakupan Lapan-TUBSAT hingga wilayah Indonesia timur bahkan hingga pantai utara Australia. Keberhasilan beroperasinya stasiun bumi di Biak menunjukkan bahwa teknisi Lapan telah menguasai teknologi perekayasaan stasiun bumi untuk satelit orbit rendah.

Stasiun bumi Lapan di Biak memiliki antena untuk menangkap sinyal satelit. Antena tersebut spesial karena digunakan untuk menangkap sinyal dari satelit berorbit rendah. Untuk menangkap sinyal satelit semacam ini, antena harus dapat bergerak atau berubah orientasi secara cepat karena satelit muncul dan hilang dari horizon kurang dari 15 menit.

Selain stasiun di Biak, Indonesia memiliki dua stasiun bumi lainnya yang dimiliki Lapan yakni di Rumpin dan Rancabungur, Bogor. Tapi dua stasiun ini dibeli dari Amerika Serikat.

Rencananya dengan penambahan stasiun bumi di Kotatabang Sumatera Barat, stasiun bumi ini dapat menambah cakupan Lapan-TUBSAT hingga melampaui Aceh bahkan hingga Semenanjung Malaya. Bila stasiun bumi Kototabang terwujud, maka hanya wilayah Indonesia bagian tengah saja yang belum tercakup Lapan-TUBSAT.

hadi.suprapto@vivanews.com

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION