Selasa, 12 Januari 2010

Bahayanya Bertengkar di Twitter

Bahayanya Bertengkar di Twitter


Bahayanya Bertengkar di Twitter

Posted: 11 Jan 2010 08:03 PM PST

VIVAnews - Sebuah percekcokan di Twitter telah mengakibatkan kasus pembunuhan di New York, Desember lalu. Pihak kepolisian New York sendiri menggunakan Tweets sebagai barang bukti dalam kasus tersebut.

Pengguna Twitter bernama Jameg Blake, 22 tahun, dituduh telah menembak Kwame Dancy, 22 tahun, dengan senjata laras panjang di leher. Meski demikian, ia mengaku tidak bersalah.

Kasus yang terjadi pada 1 Desember lalu tersebut merupakan kejadian pertama di mana Tweets digunakan sebagai barang bukti dalam pengadilan kasus pembunuhan.

Beberapa jam sebelum penembakan terjadi, Dancy dan Blake, yang sudah berteman sejak kanak-kanak terlihat saling melemparkan pesan bernada tinggi.

Juru bicara kepolisian menyebutkan bahwa pesan-pesan tersebut bisa dijadikan bukti atas teori bahwa telah terjadi pertikaian di antara kedua teman tersebut.

"Pertikaian itu bukan alasan seseorang untuk menembak orang lain," kata Madeline Smith, ibu dari Kwame Dancy, seperti VIVAnews kutip dari New York Daily News, 12 Januari 2010. "Ini benar-benar gila. Saya tidak tahu apa yang terjadi di Twitter," ucapnya.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lintasarta Hadirkan Virtual Private Server

Posted: 11 Jan 2010 07:24 PM PST

VIVAnews - Berkaitan dengan tren teknologi virtualisasi bertajuk Virtual Private Server (VPS), PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) memperkenalkan solusi VPS barunya.

VPS, yang juga dikenal dengan Virtual Dedicated Server (VDS), merupakan solusi untuk mendapatkan keleluasaan seperti dedicated server dengan sebagian harga saja.

Dengan solusi ini, satu server utama yang berkapasitas besar akan dibagi menjadi beberapa virtual server yang masing-masing terpisah satu sama lain, memiliki sistem operasi sendiri seperti memiliki dedicated server dengan konfigurasi yang cepat.

"Jika dianalogikan, menyewa VPS kurang lebih sama dengan menyewa apartemen di mana Anda hanya menyewa sebagian ruang yang memiliki fungsi lengkap sebagai tempat tinggal dari satu gedung penuh," kata M Ma'ruf, General Manager Marketing Lintasarta pada keterangannya, 12 Januari 2010.

"VPS Lintasarta sendiri merupakan jasa server virtual yang mengadopsi sistem operasi Linux Redhat dan customer diberikan akses sebagai administrator," kata Ma'ruf. "Paketnya dibedakan berdasarkan Disk space, Resource rating seperti CPU maupun Memory, dan jumlah firewall rules yang bisa digunakan," ucap Ma'ruf yang juga mengklaim bahwa VPS-nya sebagai one stop, featured and flexible hosting VPS solution.

Solusi VPS Lintasarta, dikatakan Ma'ruf, membidik pengelola portal/website dengan tingkat kunjungan tinggi, penyedia layanan web hosting, corporate dan pemerintahan. Terutama karena server private VPS menjamin privacy dan keamanan tingkat tinggi.

Selain itu, Lintasarta juga mengincar segmen web developer dan pengembang aplikasi, TV/Radio untuk audiovideo streaming dan aplikasi khusus.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

GW300, Ponsel Andalan LG di 2009

Posted: 11 Jan 2010 06:02 PM PST

VIVAnews - Kendati baru mulai diluncurkandi Indonesia pada bulan Oktober lalu, ternyata ponsel Qwerty LG GW300 berhasil mendulang sukses di pasar.

Sampai akhir desember 2009, LG telah menjual GW300 sebanyak 80 ribu unit di tanah air.

"Tingginya penjualan didorong oleh tren pasar saat ini di mana ponsel Qwerty memang sedang menjadi primadona di Indonesia, khususnya sejak kuartal kedua tahun lalu," kata Richard Susilo, Product Marketing Mobile Communication Division LG Electronics Indonesia.

Sejak itu, Richard menyebutkan, kebutuhan messaging dan Internet yang kian tinggi mendongkrak penjualan ponsel-ponsel pintar kelas menengah ke bawah, termasuk LG GW300.

"Peningkatannya bisa mencapai 200 persen di Indonesia sendiri. Namun begitu, dampak yang kami rasakan daya serap ponsel touch screen justru menurun," ucap Richard.

Ponsel Qwerty LG seharga Rp 1,5 juta ini memang relatif lebih mumpuni ketimbang ponsel merek lokal yang marak akhir-akhir ini. Pada GW300, LG membenamkan dua fitur unggulan yang diklaim tidak didapati di ponsel merek lokal manapun, yakni, aplikasi Facebook dan LiveSquare.

Dari sisi desain, selain mengunggulkan bentuk candybarnya, LG juga mengandalkan dimensinya yang ramping ergonomis dengan 115,5 x 61 x 12,8 mm, dan berat 95 gram saja. Sementara konektivitasnya, LG mengandalkan koneksi EDGE class 12 dan GPRS class 12, Bluetooth v2.1 A2DP dan microUSB v2.0 sebagai pelengkap. Sayangnya ponsel ini tak menyediakan koneksi Wi-Fi.

"Namun demikian, jika diamati selama setahun dan lebih menyeluruh ke seluruh tipe, KP100 merupakan ponsel LG yang memiliki daya serap terbesar di tahun 2009," ucap Richard.

"Biar bagaimanapun, daya serap ponsel candybar tetap stabil ketika minat pasar terhadap ponsel Qwerty meningkat dan ponsel layar sentuh menurun," kata Richard.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Prioritas Investasi Storage 2010: Virtualisasi, Cloud, dan Keamanan

Posted: 11 Jan 2010 05:13 PM PST

KOMPAS.com - Penyedia teknologi storage Hitachi Data Systems memaparkan 10 prioritas investasi storage pada 2010. Tiga di antaranya, yakni virtualisasi data center, cloud storage, dan pengamanan data, menurut Hitachi, menjadi agenda utama perusahaan di Indonesia.

Ming Sunadi, Country Manager Hitachi Data Systems Indonesia, mengatakan perusahaannya saat ini berupaya mendorong keunggulan kompetitifnya melalui tiga prioritas utama tersebut.

"Peran kami adalah membantu para pelanggan membangun solusi storage yang berbiaya efektif dan berkesinambungan sehingga bisa mendukung bisnis pelanggan baik saat ini, maupun dalam mengantipasi tantangan di masa datang," katanya.

Berikut 10 prioritas investasi storage 2010 menurut Hitachi:

1. Virtualisasi Data Center
Virtualisasi adalah prasyarat teknologi untuk membangun data center masa depan yang dinamis. Selama 2009, ada kecenderungan penambahan jumlah node (scale-out) storage modular berbiaya rendah melalui teknologi switch seperti Ethernet dan RapidIO. Namun cara ini memiliki kelemahan, yakni sumber daya pada node tidak bisa ditambahkan (scale-up). Untuk itu pada 2010, akan lebih banyak sistem storage yang bisa melakukan scale-out dan scale-up sekaligus, sesuai kebutuhan kapasitas dan kinerja. Dengan cara ini, perusahaan bisa memenuhi kebutuhan jaringan, prosesor dan sistem operasi virtual seperti VMware dan Hyper V yang lebih cepat.

2. Cloud Storage
Istilah komputasi awan (cloud computing) sering menjadi perumpamaan yang merujuk pada Internet. Dalam storage 'awan', beberapa server storage di-'awan'-kan untuk menyembunyikan kompleksitas infrastruktur TI di belakangnya, sehingga kapasitas storage diberikan seperti layanan dengan skema "bayar sesuai penggunaan". Hitachi melihat pemahaman komputasi awan akan terus meningkat pada 2010, dengan fokus pada pembuatan 'awan' privat maupun penyedia layanan 'awan'. Seiring dengan itu, adopsi cloud storage akan didorong kemajuan teknologi yang memungkinkan fungsi-fungsi kunci seperti pengamanan, kemampuan melayani beberapa user sekaligus dan, model pembayaran.

3. Storage berjenjang otomatis.
Semakin banyak organisasi TI mengotomatisasi manajemen storage berjenjang (tiered-storage) yang berbasis kebijakan untuk mencapai tingkat efisiensi ekonomi sambil tetap memenuhi target tingkat ketersediaan bisnis. Tahun depan, akan semakin marak penggabungan manajemen tiered-storage dengan virtualisasi storage dan thin provisioning sehingga bisa menurunkan biaya investasi dan operasional secara signifikan.

4. Peningkatan adopsi Dynamic (thin) Provisioning
Istilah thin provisioning adalah kemampuan untuk menyediakan sumber daya komputasi – dalam hal ini storage - dengan mudah, dalam tempo singkat dan sesuai kebutuhan. Thin provisioning yang dinamis adalah kemampuan kunci untuk menurunkan biaya operasional. Thin provisioning mampu: menghilangkan sampah ruang storage yang tak digunakan; menurunkan biaya pemindahan dan penggandaan volume-volume storage yang 'gemuk' dengan meniadakan kapasitas tak terpakai; mengembalikan hingga 40% atau lebih kapasitas tak terpakai; mengurangi waktu pengadaan storage dari hitungan jam ke menit. Dengan berbagai kemampuan tersebut, Hitachi memperkirakan teknologi dynamic (thin) provisioning akan menjadi prioritas pelanggan pada 2010.

5. IT yang berkesinambungan
Tahun ini, proyek-proyek TI 'hijau' akan semakin marak karena IT manager mulai menyadari bahwa proyek semacam ini mendapat dukungan dari perusahaan. Akan muncul pula jabatan baru dalam organisasi, yakni Sustainable IT Manager yang bertanggung jawab mengenali dan mengelola program-program Green IT.

6. Pertumbuhan platform pengarsipan konten
Firma riset IDC memperkirakan data-data konten akan tumbuh paling pesat mencapai 121% setiap tahunnya. Dengan demikian, platform konten harus bisa berkembang hingga puluhan Petabyte dan mampu menangani berbagai macam format data. Hitachi memperkirakan permintaan Content Archive Platform akan meningkat pada 2010.

7. Keamanan
Para manajer TI senantiasa berjuang menyeimbangkan antara menangani risiko keamanan dengan menyediakan infrastruktur terbaik yang diukur dari throughput, ketersediaan, skalabilitas, biaya dan kompleksitas. Setiap organisasi harus bisa memutuskan keseimbangan di antara komponen tersebut sesuai dengan situasi dan nilai data. Pada 2010, investasi storage para IT manajer akan mempertimbangkan prioritas seperti kerahasiaan data, pembersihan data dan keamanan data.

8. Layanan Terkelola
Dalam organisasi TI modern, pemgadaan aplikasi baru atau pelaporan kinerja SAN dikelola melalui layanan terkelola (managed services) jarak jauh. Seiring dengan tumbuhnya permintaan managed services, akan semakin banyak penawaran baru sebagai alternatif yang efisien dan berbiaya efektif bagi perusahaan.

9. Peningkatan Kinerja via Drive berbasis Flash atau Solid State Drives (SSD)
Selama ini biaya drive berbasis flash dianggap tidak ekonomis dibandingkan hard drive tradisional, walaupun kinerjanya lebih baik – terutama dengan tingkat latency-nya yang rendah, kecepatan I/O yang tinggi dan efisien dalam konsumsi daya. Hitachi memperkirakan semakin banyak teknologi berbasis flash yang ditawarkan dalam satu paket solusi bagi pelanggan. Para pelanggan harus memperhatikan pengamanan tambahan berupa enkripsi data pada SSD sebelum menggunakannya.

10. Konvergensi Ethernet dalam Data Center (FCOE /DCIB) - Fibre Channel over Ethernet
dan Data Communication Input Buffer
Hitachi memperkirakan adopsi switch di sisi storage akan meningkat seiring dengan munculnya standar industri yang memungkinkan multi-pathing dan penurunan beban jaringan. Pada 2010, akan ada investasi yang cukup besar dalam infrastruktur Fibre Channel (FC) hingga 8 Gbps FC. Tingkat gangguan bisnis dari transisi ke 8 Gbps FC tidak dari transisi ke 10 Gbps FCoE, sehingga adopsi FCoE untuk storage mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Lego Bikin "Game Online" Bertema Alam Semesta

Posted: 11 Jan 2010 05:13 PM PST

LAS VEGAS, KOMPAS.com — Pembuat mainan bongkar pasang Lego yang sudah begitu dikenal di kalangan anak-anak tengah mengembangkan game online. Layanan tersebut akan dirilis pertama kali pada semester kedua 2010 nanti.

Game tersebut akan diberi nama Lego Universe dan merupakan jenis massively multiplayer online game (MMO) seperti halnya World of Warcraft atau Disney's Club Penguin. Tampilannya 3D.

Tema permainan ini pada dasarnya tantangan untuk melawan kekuatan jahat yang akan merusak sumber kehidupan murni di alam semesta. Setiap pemain akan memiliki planet sendiri dan dapat berkelompok untuk melawan kekuatan jahat tersebut.

Setting permainannya pun tentu berlatar belakang permainan bongkar pasang Lego. Setiap pemain bisa membuat apa saja dengan menyusun keping-keping Lego yang bisa dipertukarkan.

"Anda bisa membuat kendaraan untuk menjelajah alam semesta, misalnya mobil balap. Anda dapat membawa mobil tersebut ke toko, memperbaiki, mempercanggih, dan berkendara lagi," jelas Chris Sherland, pengembang game ini seperti dilansir AFP.

Lego Universe dijamin aman bagi anak-anak dan tidak perlu dikhawatirkan orangtua. Di dalamnya juga tidak banyak makhluk-makhluk predator yang bisa identik dengan kekerasan. Yang lebih menarik, semua bentuk yang dibuat di dalam game ini nantinya dapat dipesan bentuk fisiknya melalui toko online di Lego.com.

Ini bukanlah game pertama yang dirilis Lego, tetapi menurut Sherland merupakan game pertama yang temanya permainan bongkar pasang. Sebelumnya, Lego sudah pernah mengeluarkan game Star Wars, Indoana Jones, dan Batman. Namun, game tersebut hanya bisa dimainkan dua orang melalui perangkat video game. Sementara Lego Universe bisa dimainkan ribuan orang bersama-sama secara online.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION