Jumat, 08 Januari 2010

Komputer Desktop Kalahkan Supercomputer

Komputer Desktop Kalahkan Supercomputer


Komputer Desktop Kalahkan Supercomputer

Posted: 07 Jan 2010 11:05 PM PST

VIVAnews - Mendapatkan hasil semaksimal mungkin dengan perangkat seadanya umum dilakukan oleh pengguna enthusiast dari kalangan komunitas teknologi. Menjalankan Windows 7 di komputer Pentium II, misalnya.

Akan tetapi, lain lagi yang dilakukan oleh Fabrice Bellard, pengguna asal Perancis yang kini memegang rekor dunia dalam kategori kalkulasi Pi. Ia berhasil menghitung nilai Pi sampai 2,7 triliun digit desimal. Melewati angka 2,5 triliun digit, rekor yang dicatat Agustus lalu oleh T2K Open Supercomputer (yang ketika itu merupakan komputer super terhebat peringkat ke-47 di dunia).

Apa yang hebat dari raihan Bellard disamping catatan angka digit yang berhasil ia hitung? Hebatnya adalah ia berhasil melakukan penghitungan tersebut tidak menggunakan komputer super, melainkan dengan komputer desktop dengan prosesor Intel Nehalem.

Komputernya menggunakan prosesor Core i7 yang berjalan di 2,93GHz, memori sebesar 6GB dan lima buah harddisk Seagate Barracuda 7200.11 1TB (total sebesar 7,5TB). Pada komputer itu ia memasang Red Hat Fedora 10 64-bit sebagai sistem operasi dan menggunakan software RAID-0 dan sistem file ext4.

Hasil penghitungan yang ia lakukan memakan penyimpanan hingga 1.137GB. Sementara waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penghitungan dengan komputer itu sendiri membutuhkan waktu 103 hari.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Twitter ‘Bajak’ Google

Posted: 07 Jan 2010 10:06 PM PST

VIVAnews - Awal 2010 ini Twitter melakukan gebrakan. Di kantor mereka di San Francisco, mereka punya 10 staf baru untuk berbagai posisi. Yang menarik, staf tersebut mereka 'bajak' dari berbagai perusahaan terkemuka.

Dari 10 orang baru Twitter, yang paling penting mungkin adalah Bakari Brock, mantan pengacara dari Kilpatrick Stockton yang bertugas sebagai Corporate Counsel untuk YouTube dan Google sejak September 2007.

Perekrutan Brock menandakan bahwa Twitter sedang menyiapkan sebuah metode distribusi konten yang jelas membutuhkan orang yang menguasai bidang tersebut di perusahaan.

Ada pula Anthony Wang, mantan pengacara dari Latham & Watkins yang bertugas sebagai Managing Counsel di Google sejak Mei 2005.

Tidak hanya Google yang kehilangan karyawan mereka karena dibajak Twitter. Seperti VIVAnews kutip dari Techcrunch, 8 Januari 2009, personil baru Twitter lainnya adalah:

- Paul Soals (mantan IT Support Engineer di Bebo yang sempat bertugas di Apple)

- Nancy Broden (mantan Director of User Experience di Qik)

- Florian Leibert (mantan Platform Engineer Data Services di Ning)

- Jinen Kamdar (mantan Group Product Manager di Ning)

- Edward Ceaser (mantan developer di TiVo)

- Dmitriy Ryaboy (mantan Software Engineer di Cloudera yang sempat berkarir di Ask.com)

- John Sirois (mantan Software Engineer di VMware dan sebelumnya di Google)

- Jane Huang (mantan Software Engineer di 23andMe)

Termasuk 10 orang baru di atas, tim Twitter kini terdiri dari 156 orang, di luar pekerja lepas yang juga dipekerjakan di sana. Sebelum ini, Twitter sempat pula mempekerjakan Kevin Cheng dari Raptr's, Josh Elman dari Facebook, dan Utkarsh Srivastava dari Yahoo. Menarik untuk disimak terobosan apa yang akan dihadirkan Twitter di tahun 2010 dengan orang-orang rekrutan barunya.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Mandometer, Alat Kontrol Berat Badan

Posted: 07 Jan 2010 09:08 PM PST

VIVAnews - Peneliti asal Bristol, Inggris, menemukan Mandometer, alat yang terhubung dengan komputer ini mampu memodifikasi perilaku makan seseorang.

Saat menghadapi menu, besar porsi makanan dan berat badan akan dihubungkan dengan komputer. Selanjutnya, komputer akan memberi rekomendasi porsi makan dan menu yang sesuai dengan berat badan seseorang.

Alat yang dibuat di Institut Karolinska Stockholm mendorong pasien obesitas mengurangi jumlah asupan makanan dan menguyah makanan lebih lama. Jika responden mulai makan dengan cepat, alat akan memberi peringatan agar segera memperlambat mengunyah.

Penelitian dilakukan secara acak terhadap 106 pasien anak usia 9-17 tahun menunjukkan perubahan perilaku terjadi selama masa observasi.

"Kegemukan pada anak mendunia dan hingga kini masih minim sistem untuk mengatasinya," jelas Professor Julian Hamilton, kepala tim peneliti seperti VIVAnews kutip dari majalah Guardian. "Riset ini menemukan bahwa penderita obesitas memakan porsi besar dalam waktu yang sangat cepat," kata Hamilton.

Selama masa observasi 12 bulan dan dilanjutkan menjadi 18 bulan, massa indeks dan skor berat badan pasien penderita obesitas menurun secara signifikan dibandingkan kelompok yang makan tanpa menggunakan Mandometer.

Kelompok Mandometer mengurangi jumlah porsi makan sebesar 11 persen, sementara kelompok lain meningkatkan porsi makan 4 persen. "Tingkat kolesterol baik pada kelompok Mandometer meningkat secara nyata."

Peneliti menyimpulkan, mempertahankan pola makan selama enam bulan akan menjaga indeks massa tubuh dan mengubah prilaku makan dalam jangka panjang.

"Intervensi terhadap perilaku makan mungkin berpengaruh jika digunakan pada terapi mengurangi kegemukan," Hamilton menuturkan.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Microsoft Umumkan Harga Office 2010

Posted: 07 Jan 2010 07:28 PM PST

VIVAnews - Dalam urusan produk software yang beredar di dunia komputer, Microsoft Windows dan Office merupakan yang terbesar. Unuk Windows, Microsoft sukses menghadirkan Windows 7 pada Oktober lalu. Peluncuran berjalan sesuai rencana dan sistem operasi itu mendapatkan sambutan yang baik dari media dan pengguna.

Selanjutnya, peluncuran software besar-besaran yang akan dilakukan oleh Microsoft adalah Office 2010. Generasi penerus dari Office 2007 ini masih sekitar 6 bulan ke depan. Akan tetapi Microsoft sudah siap mengumumkan struktur harga aplikasi produktivitas populer tersebut.

Seperti dikutip dari blog resmi kelompok pengembang Microsoft Office, 8 Januari 2010, berikut ini harga resmi Microsoft Office 2010 (versi retail boks/versi product key card, dalam dolar AS):

- Office Home and Student (149/119)

- Office Home and Business (279/199)

- Office Professional (499/349)

- Office Professional Academic (99/-)

Mereka yang memilih untuk membeli versi retail dalam format DVD lengkap dengan kemasan kotak plastik akan membayar sekitar 30 sampai 150 dolar AS lebih mahal.

Kalau mau lebih murah, pengguna bisa pilih versi Product Key Card. Untuk mendapatkan software Office-nya sendiri, Anda bisa mendownloadnya langsung dari situs Microsoft. Kode aktivasi yang ada di Product Key Card tersebut dibutuhkan saat Anda akan melakukan instalasi nantinya.

Berhubung lebih murah, tentu ada kekurangan dari versi Product Key Card. Kalau versi retail dari Office Home and Student memperkenankan Anda menginstalasikan software tersebut di 3 komputer dan versi Home and Business, Professional, dan Professional Academic boleh dipasang di 2 komputer, versi Product Key Card hanya boleh dipasang di 1 komputer saja. Artinya, jika Anda berencana untuk menginstalasikan Office di lebih dari 1 PC, versi Product Key Card menjadi lebih mahal.

Saat ini Microsoft belum mengumumkan harga upgrade untuk Office 2010. Harga upgrade biasanya diumumkan menjelang peluncuran software yang bersangkutan. Sampai versi penuhnya hadir, Anda yang ingin mencoba Office 2010 Beta bisa mendownloadnya di situs Microsoft.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Mengapa Status "Color" Merebak di Facebook

Posted: 07 Jan 2010 07:10 PM PST

VIVAnews - Jika anda rutin membuka akun Facebook, anda mungkin terkejut dengan status teman-teman anda yang perempuan pada Kamis, 7 Januari 2010. Banyak di antara mereka yang tiba-tiba memasang status color atau warna. Bahkan, status ini merebak begitu cepat oleh pengguna facebook di seluruh dunia.

Ada yang putih, hitam, coklat, biru, hot pink, chocolate brown dan lainnya. Status ini tampak membingungkan karena tiba-tiba banyak wanita memasang status warna dan menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna facebook kemarin hingga hari ini.

"Saya pasang status skin color," ujar seorang facebooker di Jl Sudirman, Jakarta. Seorang karyawati ini mengaku mendapatkan pesan berantai dari temannya, dan memasang status pada pukul 08.00 WIB. Dia kemudian mengirimkan ke teman perempuan yang lain, pada pukul 10.00 WIB, sudah sekitar 30 orang yang memasang status color. "Malah ada yang pasang status nothing," katanya tertawa.

Belakangan terungkap, rupanya para pemakai Facebook wanita mendapatkan pesan berantai sebagai salah satu bentuk kampanye kepedulian terhadap kanker payudara. Pesan itu disebarkan melalui pesan di inbox, guna mendorong para wanita untuk memasang status warna bra yang mereka gunakan.

"Mari kita mainkan sebuah game, agak bodoh tapi lucu," bunyi pesan itu. "Tuliskan, warna bra anda dalam status. Hanya warna, bukan yang lain. Kemudian kirimkan hanya kepada wanita, bukan lelaki. Bayangkan, hasilnya akan lucu bagaimana ini menyebar dan banyak pria pun akan takjub mengapa para wanita memasang status color."

Hasilnya memang cukup menakjubkan. Menurut seorang facebooker, sepanjang Kamis kemarin, perbincangan hangat terjadi di kalangan pengguna facebooker perempuan. "Saya heran penyebaran begitu cepat. Fenomena Facebook memang luar biasa."

Sejumlah milis dan situs berita seperti New York Daily News menyebutkan pesan itu disebut-sebut berawal dari daerah Ann Arbor, sebuah kawasan di Amerika pada Kamis, 7 Januari 2010.

Pesan itu disebarkan melalui facebook secara berantai ke seluruh dunia. Tak mengherankan jika banyak wanita di berbagai belahan dunia memasang status warna. Tujuannya, untuk meningkatkan kepedulian terhadap kanker payudara.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION