Selasa, 19 Januari 2010

Axis dan Golkar Rajai Iklan 2009

Axis dan Golkar Rajai Iklan 2009


Axis dan Golkar Rajai Iklan 2009

Posted: 18 Jan 2010 07:51 PM PST

VIVAnews - Produk telekomunikasi dan partai politik mendominasi belanja iklan 2009. Berdasarkan survei Nielsen, terhadap 103 judul koran, 165 majalah dan tabloid serta 24 stasiun televisi, provider Axis beriklan paling banyak di 2009. Angkanya mencapai Rp 374 miliar.

Survei ini tidak termasuk iklan baris, dan tidak menghitung diskon dan promo.

Axis merajai belanja iklan di televisi, sementara Partai Golkar mengambil posisi teratas di koran.

Sepuluh merek dirangking Nielsen sepanjang 2009, Partai Golkar menempati posisi 5 dengan belanja iklan senilai Rp 303 miliar atau naik 605 persen dari tahun 2008 yang mencapai Rp 43 miliar.

"Produk telekomunikasi masih mendominasi belanja iklan," kata Maika Randini, Senior Manager Business Development Nielsen Media, Indonesia, di Jakarta, 19 Januari 2010.

Dari 10 merek tersebut, enam diantaranya merupakan produk telekomunikasi (provider) yakni Axis di posisi pertama, XL di posisi kedua dengan belanja iklan Rp 357 miliar, Three di posisi empat (Rp 307 miliar), Telkomsel di posisi enam (Rp 301 miliar), Indosat M3 di posisi delapan (Rp 284 miliar), dan Esia di posisi terakhir (Rp 239 miliar).

Sisanya, iklan pemilihan Presiden menempati posisi ketiga dengan nilai Rp 308 miliar, Aqua di posisi ketujuh dengan nilai Rp 298 miliar, dan iklan Clear Anti Ketombe di posisi sembilan dengan nilai Rp 248 miliar.

Raika menjelaskan, belanja iklan 2009 masih didominasi oleh 4 sektor, yakni layanan korporasi dengan share 12 persen, komunikasi dan perlengkapan kantor (10 persen), toiletries dan kosmetik (11 persen), dan minuman (11 persen).

"Menariknya, kenaikan terbesar justru di iklan produk bayi dan ibu hamil yang mencapai 60 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata Raika.

Berbeda dengan televisi dan koran, di segmen majalah, iklan Nokia memimpin belanja iklan dengan nilai Rp 28 miliar.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Cara Memanfaatkan Celah IE Sudah Tersebar

Posted: 18 Jan 2010 07:42 PM PST

VIVAnews - Pemerintah Jerman dan Perancis telah menginstruksikan pengguna internet di negerinya untuk menggunakan browser lain selain IE untuk memastikan keamanan komputer. Pasalnya, pada browser keluaran Microsoft tersebut terdapat lubang keamanan berbahaya.

Graham Cluley, Senior Technology Consultant Sophos, seperti VIVAnews kutip dari blognya, 19 Januari 2010 menyebutkan, celah keamanan itu telah dimanfaatkan untuk melakukan serangan terhadap Google dan perusahaan lainnya. Oleh para pengamat sekuriti, serangan itu sendiri diberi nama "Operation Aurora".

Cluley menyebutkan, instruksi bagaimana memanfaatkan celah tersebut sebelumnya telah beredar secara detail di Internet.

"Celah ini sudah diumumkan dalam beberapa hari terakhir," kata Cluley. "Microsoft memang belum memiliki tambalannya, dan implikasi dari celah keamanan ini sama dengan yang digunakan untuk menyerang Google, awal pekan ini," ucapnya.

"Cara untuk melakukan eksploitasi sudah muncul di internet. Jadi, sangat memungkinkan siapapun yang ingin mencoba, bisa melakukannya," kata Cluley.

Saat ini, Cluley menyebutkan, pakar keamanan sedang bekerjasama dengan Microsoft untuk melihat apakah kerusakan bisa diminimalisir dan berharap Microsoft bisa menghadirkan tambalannya sesegera mungkin.

"Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, setiap browser mempunyai masalah keamanan masing-masing," kata Cluley. "Jadi, mengganti brower memang bisa menghilangkan masalah tersebut, tetapi bisa saja Anda terkena masalah keamanan lain pada browser baru Anda," ucapnya.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Perancis - Jerman Larang Internet Explorer

Posted: 18 Jan 2010 05:31 PM PST

VIVAnews - Perancis telah mengikuti langkah yang diambil pemerintah Jerman yang mendorong pengguna internet untuk memakai browser Internet Explorer milik Microsoft.

Pelarangan berlaku sampai perusahaan tersebut membuat tambalan terhadap lubang keamanan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hacking terhadap sejumlah situs, termasuk Google.

Baik Jerman dan Perancis telah menginstruksikan pengguna internet di negerinya untuk menggunakan browser lain selain IE untuk memastikan keamanan komputer.

Certa, agen pemerintahan Perancis yang bergerak di bidang keamanan dunia maya telah mengeluarkang peringatan untuk tidak memakai seluruh versi IE. Langkah tersebut diambil hanya dalam hitungan hari setelah BSI, lembaga keamanan informasi Jerman menyebutkan bahwa Internet Explorer tidak aman.

Microsoft sendiri, seperti VIVAnews kutip dari Wall Street Journal, 19 Januari 2010, pekan lalu telah mengakui bahwa browsernya merupakan titik lemah dari serangan yang dilakukan hacker China terhadap Google dan sejumlah akun Gmail aktivis HAM di negeri tersebut.

Ketika itu Microsoft menyebutkan bahwa lubang keamanan yang ada bisa ditutup dengan mengubah setting keamanan pada Internet security zone ke opsi 'High'.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sertifikasi Peralatan Telekomunikasi Diperketat

Posted: 18 Jan 2010 05:13 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai berlakunya China-ASEAN Free Trade Agreement (FTA) sejak 1 Januari 2010 lalu membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memperketat sertifikasi peralatan telekomunikasi yang beredar dan diperjualbelikan di masyarakat. Dalam data dua puluh pengajuan sertifikasi terakhir yang dilakukan Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi (Ditjen Postel), sebagian besar peralatan yang diterbitkan sertifikasinya merupakan produk asal China, dengan empat belas di antaranya merupakan perangkat telepon seluler. 

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo Gatot S. Dewa Broto menyebutkan, hanya ada dua perangkat telekomunikasi yang dibuat oleh pabrikan di luar negara China di dalam daftar 20 sertifikat yang diterbitkan instansinya belakangan. Yaitu, perangkat pemancar TV siaran merek OMB model MOT 300 asal Spanyol yang sertifikatnya terbit 8 Januari, serta perangkat IP Phone merek Cisco Systems model IP Conference Station 7937 buatan Thailand yang diterbitkan sertifikatnya 28 Desember 2009. 

Gatot menambahkan, Kemenkominfo selalu mengingatkan pelaku usaha dibidang telekomunikasi untuk selalu mengajukan sertifikasi peralatan komunikasi yang akan dijualnya di Indonesia. Karena hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 29/PER/M.KOMINFO/9/2008 tentang Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi. "Karena kalau ada yang melanggar aturan tersebut, maka Kemenkominfo dan BRTI tidak ragu-ragu untuk melakukan tindakan sangat tegas," katanya. (KONTAN/Gentur Putro Jati)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Harus Kerja Keras, Para Manajer TI Bulan Ini

Posted: 18 Jan 2010 05:13 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak ada gading yang tak retak. Tak ada software yang tak punya celah keamanan. Karena itu selalu ada yang namanya rilis update. Ini rutin dilakukan para produsen software, tidak terkecuali Microsoft, Adobe dan Oracle.

Karena itulah bulan ini, para manajer TI harus bekerja keras. Oracle akan merilis advisori untuk mengatasi 24 celah keamanan yang harus ditambal, yang sekaligus merupakan update keamanan kuartalan mereka. Update terhadap celah keamanan yang mempengaruhi Adobe Reader dan Adobe Acrobat dan diidentifikasi 14 Desember lalu juga dirilis Adobe. Begitu pula celah keamanan di semua versi Microsoft Windows.

Celah keamanan Microsoft bahkan termasuk kritikal. Senior Research Manager Symantec Security Response Ben Greenbaum mengatakan, celah keamanan itu ada di semua versi Windows, mulai dari Windows 2000 sampai Windows 7. Untungnya yang tergolong kritikal hanya yang ada di Windows 2000.


"Sejak XP SP2 dan produk-produk sesudahnya, Microsoft telah memperkuat heap memori dengan strategi perlindungan heap memori; hal ini membuat kerentanan keamanan tidak terlalu menjadi persoalan untuk sistem-sistem yang lebih baru," kata Greenbaum.


"Ada kemungkinan bahwa jenis eksploitasi yang lebih andal sedang dikembangkan," tutur Greenbaum.

Untuk mengatasi celah keamanan, Symantec sangat menganjurkan pengguna untuk menambal sistem masing-masing dan mempertimbangkan implementasi solusi patch management otomatis.

Nah jika ingin tahu lebih lanjut tenang celah-celah keamanan di atas, silakan menuju ke alamat-alamat di bawah ini:

- http://www.symantec.com/business/security_response/weblog/ untuk Blog Symantec Security Response

- http://www.microsoft.com/technet/security/bulletin/ms10-jan.mspx untuk informasi tambahan mengenai buletin keamanan Microsoft

- http://www.adobe.com/support/security/bulletins/apsb10-02.html untuk informasi tambahan mengenai buletin keamanan Adobe

- http://www.oracle.com/technology/deploy/security/critical-patch-updates/cpujan2010.html untuk informasi tambahan mengenai buletin keamanan Oracle

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION