Selasa, 26 Januari 2010

Ini Pesan Twitter Pertama Langsung dari Ruang Angkasa

Ini Pesan Twitter Pertama Langsung dari Ruang Angkasa


Ini Pesan Twitter Pertama Langsung dari Ruang Angkasa

Posted: 25 Jan 2010 05:13 PM PST

WASHINGTON, KOMPAS.com — Untuk pertama kalinya, pesan Twitter dikirim langsung dari luar angkasa. Hal tersebut terlaksana berkat layanan baru yang diberikan NASA kepada para astronot yang tengah bertugas di Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS).

"Hello Twitterverse!. We r now LIVE tweeting from the International Space Station -- the 1st live tweet from Space! :) More soon, send your ?s" atau kalau di-Indonesiakan kira-kira "Halo Twitterverse! Kami sekarang bisa ngetweet langsung dari stasiun antariksa internasional-tweet pertama langsung dari luar angkasa :)"

Pesan tersebut dikirimkan oleh astronot bernama Timothy Creamer yang menggunakan nama @Astro_TJ di layanan Twitter. TJ saat ini tengah bertugas di ISS sejak 20 Desember 2009 dan akan menghabiskan waktu di antariksa selama enam bulan.

Pesan tersebut dikirimkan TJ dari layanan akses web personal yang diberi nama Crew Support LAN, Jumat (22/1/2010). Layanan ini hanya bisa digunakan saat jalur komunikasi satelit berkecepatan tinggi melalui Ku-band antara stasiun antariksa dan pusat pengendali di darat tengah terhubung. Tak hanya Twitter, layanan tersebut juga dapat digunakan untuk mengakses web secara umum.

Untuk mengakses internet, astronot dibekali laptop khusus yang dilengkapi papan ketik virtual. Laptop tersebut bisa digunakan untuk mengakses komputer desktop yang ada di pusat kontrol di darat dari jarak jauh. Tampilan di desktop akan bisa dilihat di laptop tersebut, termasuk melakukan akses internet.

Pesan Twitter yang dikirimkan TJ sebenarnya bukanlah pesan tweet pertama yang dikirim dari luar angkasa. Sebelumnya, Mei 2009, astronot Mike Massimino dengan nama @Astro_Mike sudah lebih dulu menceritakan pengalamannya di luar angkasa lewat Twitter. Namun, ia tidak langsung mengakses Twitter tetapi mengirimkan pesan tersebut lewat email, kemudian staf NASA yang akan mengirimkannya ke Twitter.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Garuda Pancasila di Kaus Armani Bikin Heboh Twitter

Posted: 25 Jan 2010 05:13 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Munculnya gambar Garuda Pancasila di salah satu desain kaus buatan Giorgio Armani bikin heboh Twitter. Beragam tanggapan dari pengguna asal Indonesia pun langsung dilontarkan di situs mikrobloging tersebut, Senin (25/1/2010).

Awalnya, kehebohan ini bermula dari sebuah posting di forum online dan dikutip sejumlah blog. Namun, di Twitter, informasi tersebut segera menyebar. Ratusan posting, baik tanggapan maupun retweet sudah dikirim sampai sore ini.

@jokoanwar menulis "Yang susah liat Garuda Armani di BB, ni dia: http://twitpic.com/zorel #armanigaruda." Dalam foto yang disebarkan itu terlihat jelas bahwa kaus tersebut menggunakan logo Garuda Pancasila. Hanya, gambar banteng dan beringin diganti huruf A dan X.

Ada yang menanggapi positif kabar tersebut. Misalnya, @dannywilson18 yang menyatakan "Gile! Armani ada Garudanya?? kereeeeen!!"

Begitu pula @tigerlilybubu berkomentar, "Tiba2 Garuda jadi tambah keren, kusuka!" sambil menyajikan link ke foto yang di-posting sebelumnya.

@CTinsert juga mendukung dengan menyatakan, "Kalau aku siy bangga ya .. :)"

Tapi, ada pula yang mempertanyakan penggunaan logo Garuda Indonesia tersebut. Seperti komentar @upiecha_aja, "Pelechan itu..lambang2 nya dirubah." Juga @adriandevara yang mempertanyakan, "Ini ada ijin apa plagiat?"

@lovelyfla juga berpendapat, "Garuda kan lambang negara, mestinya gak boleh dipergunakan dgn tdk semestinya."

Tanggapan positif dan negatif masih terus memenuhi Twitter sampai malam. Namun, sejauh ini hal itu belum menembus trending topics seperti beberapa kasus yang sempat menghebohkan Tanah Air. Pengamatan Kompas.com, topik tersebut masih hangat dibahas, ada yang senang, ada yang tidak. Nah, bagaimana dengan Anda?

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaus Garuda Pancasila Dijual "Online" di Armani Exchange

Posted: 25 Jan 2010 05:13 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Kaus Armani bergambar Garuda Pancasila yang heboh di internet ternyata bersumber dari situs Armani Exchange (A|X), layanan penjualan online milik Giorgio Armani. Kaus tersebut saat ini ditawarkan dengan harga 29 dollar AS, diskon dari harga aslinya, 42 dollar AS.

Kaus buat laki-laki yang diberi nama A|X Studded Eagle T-shirt ini jelas menggunakan gambar Garuda Pancasila dengan kepala menghadap ke kanan, tameng di dada, dan mencengkeram pita. Namun, gambar banteng dan beringin diganti huruf A dan X sesuai nama Armani Exchange. Gambar garuda ada di bagian dada dan punggung.

Bentuknya slim fit sehingga mengikuti bentuk tubuh pemakainya. Kaus ini tersedia dalam ukuran XS hingga XXL dalam tiga warna, yakni putih, hitam, dan ungu. Selain dengan kartu kredit, kaus tersebut juga bisa dibeli menggunakan PayPal.

Munculnya kaus ini membuat heboh kalangan pengguna internet di Indonesia, Senin (25/1/2010). Bahkan, kaus tersebut menjadi topik perbincangan hangat di situs mikrobloging Twitter. Beragam komentar pun muncul, baik yang mendukung maupun yang mengecam. Terlepas dari legal atau tidakkah kaus itu, apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Jangan-jangan Armani Mengira "Garuda Pancasila" Logo Militer

Posted: 25 Jan 2010 05:13 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Kaus oblong buatan perancang mode terkemuka dunia, Giorgio Armani, bikin geger jagat online Indonesia. Pasalnya, di bagian depan dan punggung kaus terbarunya ini, Armani melekatkan gambar burung garuda yang sangat mirip dengan lambang negara Republik Indonesia.

Kemiripan desain kaus bertajuk A|X Studded Eagle ini terlihat dari posisi kepala burung yang menghadap ke kanan. Simbol-simbol yang ada di dada burung juga melukiskan simbol kelima sila Pancasila dengan simbol Bintang berada di bagian tengah.

Meskipun gambar tersebut sudah disamarkan, simbol Padi-Kapas dan simbol Rantai sepintas masih terlihat. Kedua kaki burung di gambar kaus itu juga mencengkeram papan tulisan, tidak ubahnya lambang negara Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika di bawahnya. Adapun simbol Kepala Banteng dan Pohon Beringin diganti dengan huruf A dan X, merujuk pada konsep desain A|X Studded Eagle.

Kaus tanpa kerah dengan ukuran body fit ini dirilis oleh A|X Armani Exchange, salah satu label milik Armani yang ditujukan untuk pangsa pasar anak-anak muda. Di situs webnya, A|X sama sekali tidak disinggung mengenai hubungan antara desain kaus yang dibuat dalam tiga warna dasar (hitam, putih, dan biru tua) tersebut dan lambang Negara Republik Indonesia. Kaus seharga 29 dollar AS ini hanya disebut memiliki desain logo burung elang yang terinspirasi dari militer dengan sentuhan cahaya yang halus.

A|X Armani Exchange sendiri diluncurkan pada tahun 1991 di Amerika dan hingga saat ini menjadi salah satu merek fashion terkemuka dunia. A|X telah memiliki 140 gerai di seluruh dunia, termasuk di Inggris, Brasil, Argentina, Meksiko, Korea, Jepang, dan Cina.

Belum ada penjelasan resmi dari Pemerintah Indonesia terkait penggunaan gambar Garuda Pancasila di kaus buatan Armani tersebut. Juga belum ada kepastian apakah kaus ini akan beredar di Indonesia. (KOMPASIANA/ISKANDARJET)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangkauan Axis Diperluas ke Aceh dan Sumatera Selatan

Posted: 25 Jan 2010 05:13 PM PST

PALEMBANG, KOMPAS.com - Operator selular berbasis GSM, Axis, memperluas jangkauan layanannya di wilayah Sumatera dengan melakukan peluncuran di Aceh dan Sumatera Selatan pekan lalu. Sebelumnya, layanan Axis di Sumatera sudah menjangkau Jambi, Bengkulu, Bangka, Belitung, Lampung, Medan, Pekanbaru, dan Batam.

Dengan peluncuran layanannya di Aceh dan Sumatera Selatan ini, jaringan Axis telah menyediakan akses bagi lebih dari 65 persen populasi Indonesia. Selain Sumatera, Axis telah menjangkau Jawa, Bali, dan Lombok.

Axis pertama kali meluncurkan layanannya pada Februari 2008 dan saat ini telah melayani lebih dari enam juta pelanggan di Indonesia. Dalam waktu kurang dari dua tahun beroperasi, perusahaan telah membangun lebih dari 4.200 BTS secara nasional dengan rata-rata lebih dari 140 BTS dibangun setiap bulannya.

Pada akhir 2010, Axis menargetkan bisa menjangkau Kalimantan dan Sulawesi dan 80 persen populasi di lebih dari 400 kota seluruh Indonesia. Selain melalui investasi sendiri, Axis mempercepat jangkauannya dengan menjalin kerja sama dengan operator seluler GSM lainnya.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION