Rabu, 26 Mei 2010

Koprol Awalnya Hanya Proyek Iseng

Koprol Awalnya Hanya Proyek Iseng


Koprol Awalnya Hanya Proyek Iseng

Posted: 25 May 2010 06:10 PM PDT

KOMPAS.com - Koprol, layanan jejaring sosial karya anak bangsa yang diakusisi Yahoo, Selasa (25/5/2010), awalnya hanya proyek iseng PT SkyEight Indonesia yang selesai pada Februari 2009.

"Awalnya proyek iseng-iseng. Perusahaan kita software development, tahunya orang suka. Dapet perhatian dari media, komunitas teknologi. Awal tahun ini dapat perhatian dari bisnis, brand," ujar salah satu pendiri SkyEight, Satya Witoelar yang ditemui di kantor SkyEight, Jalan Radio I, Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2010).

Menurut Satya, saat ini pengguna Koprol telah mencapai 75 ribu orang dari berbagai daerah. "Kita baru umumin ada BB (BlackBerry) Aplikasi Koprol, padahal kita bisa grow (berkembang) dari sebelum ada BB," ujar Satya.

Setelah diakusisi Yahoo, Satya mengatakan 10 orang kawannya yang tergabung dalam SkyEight merasa sangat senang dan bangga akan karya mereka yang akhirnya diakui perusahaan sebesar Yahoo. "Kaya sesuatu yang kita enggak harapin serius, ternyata kita enjoy, eh diakui bener sama perusahaan kayak gini," katanya.

"Sebagai yang lama bergerak di bidang software, saya sih senengnya semoga ini bikin semangat temen-temen yang lain kalau ngerjain inovasi ada yang menghargai," tambahnya.

Ke depannya, kata Satya, Koprol akan terus meningkatkan layanannya hingga besar di Indonesia dengan dukungan Yahoo. "Rencananya sih kita sendiri, punya plan yang belum selesai, supaya lebih kuat, SDM tambah," ujarnya.

Akuisisi Koprol oleh Yahoo menurut Satya, karena Yahoo ingin masuk Indonesia dan melihat Koprol sebagai yang paling potensial. "Mereka ingin kita teruskan visi kita untuk besar di Indonesia. Dia (Yahoo) mau lihat, mencoba, bisa enggak aplikasi kita di negara-negara yang mirip, seperti India atau Brazil," imbuh Satya.

Adapun Koprol adalah layanan serupa mikrobloging asli Indonesia yang memungkinkan penggunanya berbagi informasi, review, foto, dan informasi tambahan lainnya tentang lokasi tempat pengguna melaporkan saat itu. Dengan demikian, secara sendirinya terbentuk komunitas-komunitas pengguna koprol di daerah-daerah seperti komunitas Koprol Depok bernama Sikodok.

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Facebook Selamanya Gratis

Posted: 25 May 2010 06:10 PM PDT

PALO ALTO, KOMPAS.com - Kabar yang menyebut Facebook akan menarik bayaran dari penggunanya akhirnya terjawab sudah. Semua itu hanya kabar burung setelah CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, sendiri yang menjamin kalau hal tersebut mustahil.

"Kami akan selalu menjadikan Facebook sebagai layanan yang gratis bagi semua orang," tegas Zuckerberg dalam artikel tulisannya yang dimuat di situs Washington Post, Senin (25/5/2010) kemarin. Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu dari lima prinsip yang selalu menjadi pegangan Facebook.

Ia mengatakan Facebook akan tetap fokus pada misinya yakni memberikan kemudahan bagi semua orang untuk berbagi di internet dan membuat dunia semakain tebruka dan saling terhubung. Salah satu terobosan yang dilakukan Facebook baru-baru ini adalah mengembangkan konsep open graph yang menghubungkan informasi dari berbagai website dengan Facebook.

Bahkan Facebook berinisiatif menggandeng operator di berbagai negara untuk menyediakan akses Facebook cuma-cuma lewat ponsel. Layanan yang baru saja diluncurkan tersebut bisa diakses melalui alamat web 0.facebook.com. Ada puluhan operator dari berbagai negara yang telah menyeponsori inisiatif ini, namun di Indonesia baru dapat dinikmati pelanggan Axis. Jadi, Faceook berbayar? Mustahil.

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Koprol Artinya Menggelinding Alias "Mobile"

Posted: 25 May 2010 06:10 PM PDT

KOMPAS.com - Yahoo, perusahaan besar internasional, memutuskan untuk mengakuisisi layanan jejaring sosial asli Indonesia bernama Koprol, Selasa (25/5/2010). Menurut Satya Witoelar, salah seorang penggagasnya, nama Koprol berarti menggelinding.

"Itu sih kita cari-cari saja nama yang lucu, artinya orang gelinding. Lalu anak-anak ngartiin koprol pindah dari satu tempat ke tempat lain," kata Satya yang ditemui di kantor PT SkyEight Indonesia, perusahaan pencipta Koprol, Jalan Radio I, Jakarta, Selasa (25/5/2010). Sesuai namanya, Koprol memang dirancang buat orang-orang yang mobile.

Koprol yang semula merupakan proyek iseng PT SkyEight Indonesia tersebut, menurut Satya, melambangkan dinamika masyarakat kota Jakarta yang mobilitasnya tinggi, sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. "Jaman sekarang, kita ingin setiap berpindah tempat ada yang menemani, nah dengan Koprol itulah," katanya.

Mirip dengan jejaring sosial lain, dengan layanan Koprol, pengguna dapat berbincang dengan pengguna lainnya melalui ponsel. Uniknya, Koprol mengidentifikasi orang-orang berdasarkan lokasi orang-orang tersebut berada.

"Misalnya kita search daerah Palmerah, nanti muncul nih siapa-siapa saja orang yang lagi di Palmerah, mereka ngomong apa," kata Satya. Dengan begitu, lanjut Satya, pengguna dapat berbincang dengan orang yang belum dikenal sama sekali. "Kalau situs yang lain kan sama yang berteman, atau yang follow, kalau kita nggak," ujarnya. "Asiknya bisa ngobrol sesuai konteks lokasi kita dengan, Siapapun yang bersedia," tambah Satya.

Target utama layanan Koprol menurut Satya adalah pengguna berbagai jenis ponsel, bukan hanya pengguna smartphone. Koprol juga dinilai Satya dan Yahoo sebagai layanan jejaring sosial yang cocok untuk kondisi masyarakat Indonesia. Setelah diakusisi Yahoo, pengelola koprol akan sekantor dengan Yahoo.

Ke depannya, Satya mengatakan bahwa Koprol akan terus memperbaiki layanan hingga menjadi besar di Indonesia. "Memperkuat, dan menambah SDM yang orang Indonesia," katanya.

Satya sebagai salah satu penggagas Koprol juga berpesan agar penggiat-penggiat software di Indonesia terus menghasilkan karya yang unik. "Jangan ragu kalau harus ada keputusan besar, soalnya kita masih muda banget industrinya di Indonesia," katanya. Saat ini pengguna Koprol mencapai 75 ribu orang. Sekumpulan pengguna bahkan membentuk komunitas Koprol daerah masing-masing. Komunitas Koprol tersebut, menurut Satya sering berkunjung ke kantor SkyEight.

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sony Vaio Fokus ke Segmen Bisnis, Gaya Hidup, dan Hiburan

Posted: 25 May 2010 06:10 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini PT Sony Indonesia akan menggiring produk Vaio untuk segmen bisnis, gaya hidup, dan hiburan media. Sony mengambil strategi ini demi mempertahankan kestabilan pertumbuhan di pasar laptop.

Untuk mewujudkan fokus bisnis tersebut, Sony akan meluncurkan varian baru Vaio hingga akhir tahun. Sejak awal tahun 2010, Sony sudah merilis empat varian Vaio.

Keempat varian ini antara lain seri W yang meluncur Januari silam. Sony mengklaim produk ini sebagai laptop ramah lingkungan yang ditujukan bagi konsumen yang membutuhkan komputer kedua. Seri W dijual seharga 599 dollar AS per unit. Berikutnya, Sony merilis seri C yang ditujukan bagi pengguna baru laptop.

"Seri C ini memudahkan pengguna pemula seperti anak muda, ibu rumah tangga, dan masyarakat awam lainnya dalam menggunakan laptop," ujar Manajer Departemen Komunikasi Pemasaran Sony, Rini F Hasbi di Jakarta, hari ini (25/5/2010). Seri C dijual seharga 900 dollar AS per unit.

Bulan lalu, Sony kembali meluncurkan seri EA yang fungsional. Seri ini dibanderol 899 dollar AS per unit sampai 1.199 dollar AS per unit. Hari ini, Sony memperkuat bisnisnya di laptop premium dengan mengeluarkan Vaio P115. Laptop yang menyasar segmen anak muda dengan gaya hidup digital yang tinggi ini dijual seharga 1.099 dollar AS per unit.

Rini mengatakan, setelah peluncuran seri P, Sony akan terus meramaikan pasar laptop dengan seri-seri terbaru lainnya. Sayang, Rini enggan menyebutkan model terbaru yang akan meluncur hingga akhir tahun. Sekedar acuan, tahun lalu Sony merilis sekitar delapan model laptop baru.

Selain merilis produk baru, Sony pun akan menambah jaringan gerainya yang saat ini mencapai 70 unit. "Paling tidak kami akan menambah lebih dari sepuluh gerai," ujar Pemasaran Produk Vaio Sony, Leo Marathon. Dengan begitu, Sony berharap bisa tetap menjadi pemain nomor satu di segmen laptop premium seharga 1.000 dollar AS ke atas.

Menurut Presiden Direktur Sony Indonesia, Satoru Arai, sejak tahun 2008 sampai saat ini penjualan Vaio telah tumbuh 40 persen.(KONTAN/Gloria Haraito)

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION