Minggu, 02 Mei 2010

Indonesia Sebaiknya Fokus di Inovasi Maritim

Indonesia Sebaiknya Fokus di Inovasi Maritim


Indonesia Sebaiknya Fokus di Inovasi Maritim

Posted: 01 May 2010 11:46 PM PDT

VIVAnews - Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia Prof Dr Zuhal mengusulkan agar Indonesia memfokuskan bidang maritim sebagai dasar dari sistem inovasi nasional.

Menurut dia, Malaysia telah menentukan tagline sistem inovasi nasionalnya berdasarkan visi negaranya yang ingin menjadi 'Hub ICT Asia & Pacific'. Singapura memilih tagline: 'Service Economy', dan Thailand sebagai 'Manufacturing based in Agriculture'. "Hanya Indonesia yang sejauh ini belum punya," kata Zuhal.

Selanjutnya, Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Reformasi itu, mengusulkan agar Indonesia memilih tagline: 'Maritime Continent-based Economy'. Nantinya, berdasarkan tagline tersebut, fokus inovasi yang mendukung ekonomi maritim mesti dikembangkan.

Usulan tersebut, didasari oleh luasnya wilayah maritim Indonesia, yang mencakup 80 persen dari seluruh total wilayah Indonesia. Dengan luas laut sekitar 3,1 juta km persegi, panjang pantai 81.000 km dan lebih dari 17500 pulau, Indonesia memiliki potensi ekonomi maritim yang sangat tinggi.

"Benua maritim Indonesia memiliki kekayaan yang berlimpah, seperti biota laut, terutama ikan, udang, dan rumput laut. Diperkaya dengan kandungan berbagai sumber daya energi dan mineral yang cukup besar, BMI berpotensi menjadi medan industri yang penting," tulis Zuhal, dalam buku barunya berjudul ''Knowledge & innovation, Patform Kekuatan Daya Saing".

Namun, Zuhal menekankan bahwa keuntungan komparatif Indonesia di bidang sumber daya alam maritim juga harus disertai dengan keunggulan kompetitif untuk menciptakan daya saing yang kuat.

Faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing itu adalah kualitas pendidikan, riset, serta infrastruktur saintifik lainnya.

Tak hanya digelayuti oleh berbagai masalah pendidikan, mulai dari kurikulum yang tak relevan, mutu guru dan dosen, dan lain-lain, ternyata Indonesia juga mengalami ketidakseimbangan porsi lulusan antar-bidang keilmuan.

Jumlah lulusan pendidikan tinggi dari bidang ilmu sosial dan humaniora begitu besar bila dibandingkan dengan lulusan dari ilmu kedokteran, teknik, maupun sains. Padahal, kata Zuhal, Indonesia perlu memperkuat generasi mudanya dengan fondasi sains, teknologi, engineering, dan matematika.

Pengangguran terdidik Indonesia di tingkat universitas juga terbilang cukup besar, yakni mencapai 12,59 persen pada 2008, atau sekitar 419.930 orang pada 2007.

Sementara di bidang riset, Indonesia juga jauh kedodoran dibanding tetangga. Berdasarkan data IMD, jumlah pengeluaran di bidang litbang kita yang sebesar US$ 76 juta, paling kecil di antara Singapura (US$ 3 miliar), Malaysia (US$ 994 juta), Thailand (US$ 504 juta), dan Filipina (US$ 116 juta).

Kini, kata Zuhal, anggaran riset Indonesia sudah mencapai sekitar Rp 4 triliun. Namun, hal itu masih dirasa kurang.

Oleh karenanya, menurut Zuhal, untuk memperbaiki hal tersebut, perlu ada perencanaan strategi inovasi jangka panjang yang menyeluruh. Yakni menitikberatkan pada pengembangan talenta SDM, investasi riset multidisiplin dan kewirausahaan, serta pembanganan infrastruktur inovasi.

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjual Prototip iPhone 4G Minta Maaf

Posted: 01 May 2010 10:14 PM PDT

VIVAnews - Pria yang menemukan prototip iPhone generasi terbaru, Brian Hogan, mengaku menyesal tidak mengembalikan telepon yang dia temukan kepada pemiliknya. Hogan menemukan prototip iPhone 4G di sebuah bar di Redwood, San Jose, California, pertengahan April lalu.

Telepon canggih itu tertinggal oleh Gray Powell, salah satu teknisi Apple yang diizinkan membawa iPhone itu ke luar kantor Apple untuk diuji. Powell sendiri mengatakan segera kembali ke bar setelah menyadari prototip iPhone yang dia bawa tertinggal namun tidak berhasil menemukan telepon itu.

Melalui pengacaranya, Jeffrey Bornstein, Hogan mengaku bahwa dia bersalah. "Dia seharusnya segera menyalakan telepon itu setelah menemukan," ujar Bornstein seperti dikutip laman Digital Trends.

Seorang pelayan di bar itu menunjukkan dan bertanya mengenai iPhone yang ditemukannya kepada Hogan. Hogan lalu mengambil telepon itu dan mencari pemiliknya di antara teman-teman dan orang yang duduk di sekitarnya.

Saat tidak ada yang mengaku, Hogan membawa telepon itu pulang. Dia mencoba membuka laman Facebook namun iPhone itu berada dalam keadaan terkunci. Dia membuka cover yang merupakan casing iPhone 3GS dan baru menyadari apa yang dia temukan.

Di bawah hukum negara bagian California, AS, Hogan kini terancam pasal pencurian karena tidak berusaha menemukan dan mengembalikan barang yang dia temukan. Hogan diketahui justru mengirim surat penawaran iPhone itu ke berbagai kantor berita. Laman blog Gizmodo membalas dan bersedia membayar US$ 5.000 untuk mendapatkan telepon itu.

"Hogan menyesali bahwa dia tidak berusaha lebih keras untuk mengembalikan telepon itu," kata Bornstein. "Meski menerima sejumlah uang, Hogan mengira Gizmodo hanya ingin mengulas telepon itu." (ren)

 

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPhone 4G Akan Diluncurkan 7 Juni

Posted: 01 May 2010 08:17 PM PDT

VIVAnews - Apple akan memperkenalkan generasi paling baru telepon genggam canggih iPhone pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada 7 Juni mendatang. iPhone 4G ini dikabarkan juga akan dijual pada hari yang sama.

Sumber laman Mashable mengatakan bahwa Apple akan menyingkat waktu antara peluncuran iPhone 4G dengan penjualannya. Biasanya, pembeli harus menunggu selama beberapa pekan untuk bisa mendapatkan iPhone setelah peluncuran di WWDC.

Harian Telegraph memberitakan bahwa perubahan jadwal itu diduga dilakukan karena kebocoran informasi terkait prototip iPhone yang menyeret laman Gizmodo ke dalam masalah. Gizmodo diketahui membeli prototip iPhone 4G dari seseorang yang mengaku menemukan prototip itu di sebuah bar.

Gizmodo memberitakan bahwa iPhone baru itu akan memiliki bagian belakang yang lebih datar, casing keramik, kamera di bagian muka untuk melakukan percakapan video, dan kamera di belakang yang dilengkapi lensa yang lebih besar dan lampu kilat. iPhone 4G ini lebih tipis dari iPhone 3GS tapi memiliki bobot lebih berat.

Sementara itu, Worldwide Developer Conference berlangsung dari 7 hingga 11 Juni di San Francisco. Biasanya Apple memanfaatkan acara ini untuk meluncurkan iPhone model baru dan peranti lunak untuk sistem operasi iPhone.

"WWDC memberi kesempatan bagi pengembang untuk bekerja sama dengan teknisi dan desainer Apple untuk membuat aplikasi iPhone dan iPad," kata wakil presiden Apple bidang software iPhone, Scott Forstall. (ren)

 

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPad 3G Datang Tanpa Ingar-bingar

Posted: 01 May 2010 06:10 PM PDT

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Penjualan perdana iPad 3G akhirnya dimulai Jumat (30/4/2010) di pasar AS sesuai janji Apple. Namun, momentum kali ini tidak seramai saat iPad versi pertama diluncurkan pada 3 April 2010 lalu.

Meski tanpa ingar-bingar, antrean tetap muncul di depan toko-toko Apple yang mulai melayani pada pukul 17.00 itu. Misalnya, di salah satu toko di pusat kota San Francisco, sekitar 75 orang mengantre 90 menit sebelum penjualan dibuka.

Beberapa orang yang mengantre mengatakan, mereka sengaja menunggu iPad 3G meski lebih mahal dari iPad pertama yang hanya bisa akses wi-fi karena akan menjadikannya sebagai pengganti laptopnya. iPad 3G yang juga bisa akses wi-fi itu dijual mulai 629 dollar AS hingga 829 dollar AS, tergantung kapasitas memorinya.

Untuk penyediaan akses data melalui jaringan 3G, Apple menggandeng mitra eksklusifnya AT&T. Operator seluler tersebut menyediakan paket data dengan biaya 29,99 dollar AS. iPad sejauh ini hanya bisa dipakai di jaringan AT&T bukan karena izin akses ditutup, melainkan iPad menggunakan kartu micro SIM yang ukurannya lebih kecil daripada kartu SIM standar.

iPad merupakan produk kategori baru yang diperkenalkan Apple untuk menjangkau pasar antara pengguna smartphone dan pengguna netbook. Perangkat yang mirip komputer tablet dengan layar sentuh 8,7 inci dan tanpa keyboard fisik itu menggunakan sistem operasi iPhone.

Meski dikritik dalam beberapa hal, misalnya, tak mendukung flash dan multitasking, iPad mengalami kesuksesan dalam penjualan perdana. Apple mencatat penjualan 300.000 unit saat pertama kali tersedia di pasar. Bahkan, dengan alasan permintaan di luar dugaan di AS, Apple menunda penjualan iPad di negara lain sampai akhir Mei mendatang.

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION