Kamis, 27 Mei 2010

Kalahkan Microsoft, Apple Perusahaan Teknologi Nomor Satu

Kalahkan Microsoft, Apple Perusahaan Teknologi Nomor Satu


Kalahkan Microsoft, Apple Perusahaan Teknologi Nomor Satu

Posted: 26 May 2010 07:47 PM PDT

TEMPO Interaktif, San Francisco - Apple, pembuat iPod, iPhone dan iPads, hari Rabu (26/5) mengalahkan Microsoft, raksasa perangkat lunak komputer, untuk menjadi perusahaan teknologi dunia paling berharga.

Perubahan ini menandai satu siklus yang paling menakjubkan dalam sejarah bisnis Apple, yang disebut-sebut telah mati satu dekade sebelum ini, dan bagi pendiri dan chief executivenya yang visioner, Steven P. Jobs.

Kenaikan nilai Apple oleh investor juga dianggap sebagai pergeseran budaya penting: Selera konsumen telah mengalahkan kebutuhan bisnis sebagai kekuatan utama membentuk teknologi.

Microsoft, dengan perangkat lunak Windows dan Office-nya, telah mendominasi hubungan kebanyakan orang dengan komputer mereka selama hampir dua dekade, dan itu tercermin dalam kapitalisasi pasar saham. Tapi ketukan keyboard telah menyerah ke sentuhan jari di layar sentuh smartphone.

Dan Apple berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Meskipun masih menjual komputer, pendapatannya dari perangkat genggam dan musik dua kalinya. Secara keseluruhan, industri teknologi menjual sekitar 172 juta ponsel cerdas tahun lalu, dibandingkan 306 juta PC, namun penjualan ponsel cerdas tumbuh dengan kecepatan lima kali lebih cepat.

Microsoft lebih tergantung pada mempertahankan status quo, sementara Apple dalam pertempuran terus-menerus untuk menjadi nomor satu dan menciptakan sesuatu yang baru, kata Peter A. Thiel, pendiri PayPal dan seorang investor awal di Facebook.

"Apple bertaruh pada teknologi," katanya. "Dan kemenangan Apple atas Microsoft adalah hal yang sangat signifikan."

Pada hari Rabu, Wall Street menghargai Apple di US$ 222,12 miliar dan Microsoft US$ 219,18 miliar. Satu-satunya perusahaan Amerika yang bernilai lebih tinggi adalah ExxonMobil, dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 278 miliar.

Perusahaan-perusahaan itu memiliki pendapatan yang sebanding, dengan Microsoft di US$ 58,4 miliar dan Apple di US$ 42,9 miliar. Tapi dalam tahun fiskal terakhir, laba bersih Apple sebesar US$ 5,7 miliar, sementara Microsoft US$ 14,6 miliar.

Microsoft memiliki lebih banyak uang tunai dan investasi jangka pendek, US$ 39,7 miliar, untuk Apple US$ 23,1 miliar. Hal ini berarti nilai yang diberikan oleh pasar ke Apple, lebih pada prospek masa depan.

Microsoft dan Apple menolak memberikan komentar.

NEW YORK TIMES | EZ

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upgrade Satelit GPS Habiskan 8 Miliar Dollar AS

Posted: 26 May 2010 06:10 PM PDT

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah AS berencana segera melakukan upgrade teknologi satelit-satelit global positioning system (GPS) untuk meningkatkan akurasi dan keandalannya. Total biaya yang dihabiskan untuk itu mencapai 8 miliar dollar AS.

Saat ini GPS menggunakan 24 satelit yang mengorbit Bumi di ketinggian sekitar 11.000 mil (sekitar 17.500 km) untuk mendukung sistem navigasinya di seluruh permukaan Bumi. Namun, untuk melakukan penentuan lokasi hanya dibutuhkan 3-4 satelit terdekat saja dari perangkat penerima sinyal GPS.

Satelit-satelit tersebut akan diganti satu demi satu secara bertahap untuk menghindari gangguan. Proyek tersebut dikerjakan oleh Boeing dan Lockheed Martin. Ada 30 satlit yang dibuat dengan 6 sebagai cadangan.

Satelit-satelit yang baru memiliki kemampuan memancarkan sinyal hingga tiga kali lipat satelit yang lama. Perangkat di satelit juga lebih canggih dengan jam atom lebih akurat dengan tingkat keakuratan hingga sepermiliar detik dan proses lebih cepat. Tingkat kesalahan penentuan lokasi bisa dua kali lipat lebih baik daripada kemampuan saat ini yang dengan margin kesalahan sekitar 6 meter.

GPS awalnya dikembangkan oleh militer AS 30 tahun lalu untuk kepentingan militer saja. Namun, dalam perkembangannya layanannya dibuka untuk publik meski masih dikendalikan Pentagon. Banyak negara berupaya menyaingi GPS seperti Uni Eropa, Russia, dan China. Namun, sampai saat ini bisa dibilang GPS satu-satunya sistem navigasi satelit yang paling andal dan luas cakupannya.

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tercengang dengan Teknologi "Augmented Reality"

Posted: 26 May 2010 06:10 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu mitra Kompas yang hadir dalam Gathering Kompas 100 bertajuk 'Konvergensi Media', Rabu (26/5/2010), menyatakan keterkejutannya atas teknologi Augmented Reality yang diperkenalkan oleh Wakil Direktur Bisnis Kompas Edi Taslim. Mereka tidak menyangka perkembangan teknologi multimedia sudah sepesat itu dan Kompas akan segera merealisasikannya dalam industri medianya.

"Hebat. Enggak nyangka ya sudah ada teknologi seperti itu. Menarik," ungkap perempuan yang menjadi staf Corporate Communication sebuah bank swasta ini kepada Kompas.com. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan dunia realitas dan dunia maya sekaligus dalam waktu yang sama.

Teknologi ini sudah dikenal sejak tahun 1990-an yang dimulai dengan coding system, seperti barcode dan lainnya. Dalam presentasinya, Edi mengatakan Kompas akan menggunakan teknologi ini dalam pengembangan multimedia Kompas ke depannya.

Jika saat ini, Kompas sudah menggunakan QR Code untuk memaksimalkan pemberitaan di media cetak ke media online Kompas.com, teknologi AR hampir serupa. Pembaca cukup menunjukkan gambar di koran ke depan komputer dengan fasilitas webcam yang tersambung ke internet.

"Akan muncul video bergerak atau animasi dari berita atau iklan yang memaksimalkan pemberitaan atau iklan," ujarnya.

Teknologi ini akan diulas secara lengkap di harian Kompas pada tanggal 29 Mei mendatang. Sementara itu, peluncuran teknologi ini akan dilakukan Kompas secara resmi pada tanggal 1 Juni mendatang. Penasaran? Tunggu tanggal mainnya...

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Google Pac-Man Buang-buang Waktu 549 Tahun?

Posted: 26 May 2010 06:10 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Permainan Pac-Man muncul di halaman Google untuk memperingati ultah ke-30 permainan tersebut memang menarik. Banyak orang yang tak luput untuk mencicipinya. Namun, di sisi lain, kehadiran permainan tersebut berpotensi merugikan bisnis karena membuat jutaan orang membuang waktu hanya untuk memainkannya.

Bahkan, dari hasil analisis, total waktu yang dihabiskan sia-sia oleh semua orang di seluruh dunia karena game tersebut mencapai 5 juta jam atau sekitar 549 tahun. Dengan terbuangnya waktu produktif sebanyak itu, potensi kerugian bisnis mencapai 120 juta dollar AS. Demikian hasil perhitungan yang dilakukan perusahaan perangkat lunak Rescue Time seperti dilansir BBC.

Rescue Time menggunakan perangkat lunak pelacak waktu yang bisa memantau tujuan akses setiap pengguna komputer dan lama waktunya. Dari 11.000 pengguna perangkat lunak tersebut, rata-rata setiap orang melakukan 22 pencarian di Google setiap hari dan masing-masing menghabiskan waktu 11 detik. Namun, saat ada permainan Pac-Man, lama waktu mereka melakukan pencarian naik menjadi 36 detik.

Dengan melakukan ektrapolasi terhadap 504 juta pengguna (unique user) yang mengakses halaman Google setiap hari, tambahan waktu yang sia-sia total 4,8 juta jam alias 549 tahun. Jika diasumsikan rata-rata setiap pekerja dibayar 25 dollar AS per jam, maka ongkos yang dikeluarkan sia-sia sebesar 120 juta dollar AS. Dengan uang sebesar itu, Rescue Time menghitung bahwa uang itu kira-kira bisa dipakai untuk membayar gaji semua pekerja Google selama 6 minggu.

Permainan Pac-Man muncul pada 21-22 Mei 2010 di halaman Google. Karena permintaan yang tinggi, Google memutuskan untuk membuat halaman khusus secara permanen agar penggunanya bisa memainkan Pac-Man kapan saja dan di mana saja.

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION