Minggu, 20 September 2009

RRI Terapkan SFN untuk Mudahkan Pemudik

RRI Terapkan SFN untuk Mudahkan Pemudik


RRI Terapkan SFN untuk Mudahkan Pemudik

Posted: 19 Sep 2009 06:13 PM PDT

BANTEN, KOMPAS.com - Arus mudik dan balik ditandai dengan banyaknya masyarakat melakukan mobilitas antardaerah. Supaya mereka bisa terus memantau arus mudik melalui radio tanpa repot memindahkan frekwensi, Radio Republik Indonesia (RRI) meluncurkan sistem single frequency network (SFN).

"Yakni sistem penggunaan satu frekuensi untuk beberapa daerah," kata Parni Hadi, Direktur RRI, kepada Kompas.com saat ditemui di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (19/9).

Program RRI yang diterapkan SFN adalah Pro-3, jaringan berita nasional dengan frekuensi tetap 88,8 FM. "Saat ini, dari Jakarta sampai dengan Mesuji Lampung, orang bisa mengikuti Pro-3 RRI dengan frekuensi yang sama. RRI Medan kebetulan frekuensinya sudah sama," ucap Parni, yang datang ke Merak untuk mengecek apakah SFN dapat beroperasi baik.

Ke depan, Parni berharap SFN bisa merata di seluruh wilayah Indonesia. Namun ia menyadari itu tidak mudah karena harus menggusur stasiun radio yang sudah memakai frekuensi 88,8 FM. "Bukannya tidak mungkin, tapi perlu waktu lama," ujarnya.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION