Kamis, 17 September 2009

Perhatikan Aturan Main, Sebelum Memanfaatkan Internet

Perhatikan Aturan Main, Sebelum Memanfaatkan Internet


Perhatikan Aturan Main, Sebelum Memanfaatkan Internet

Posted: 16 Sep 2009 06:13 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dalam penggunaan internet. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa kita terikat oleh aturan tertentu saat memanfaatkannya. Bahkan kalau dilanggar bisa-bisa kita berurusan dengan hukum.

"Di dalam internet ada filosofi estetik, etika, agama dan kepentingan publik," kata Priyambodo RH, Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Menurut Priyambodo yang juga Ketua Bidang Multimedia Persatuan Wartawan Indonesia kita kerap tidak awas terhadap kesepakatan yang ditawarkan sebelum kita membuat surat elektronik (email). "Kita main yes-yes aja. Padahal saat kita yes kita sepakat pada aturan mainnya," ucapnya.

Aturan main itu seperti kita sepakat untuk tidak menyebarkan informasi pornografi, pedofilia, tidak menyinggung soal etnis, agama, atau apapun yang berpotensi menimbulkan ketersinggungan sosial.

Belajar dari kasus Prita Mulyasari, terdakwa pencemaran nama baik melalui email, ungkap Priyambodo, sebaiknya di akhir email kita beri catatan. Terutama untuk email yang berpotensi menyinggung orang lain. "Sebaiknya untuk email seperti itu ditambahi di bawahnya, email ini bersifat pribadi tidak untuk disebarluaskan," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, ia mengharapkan kita tidak terlalu cepat membalas komentar orang lain yang membuat kita tersinggung melalui email maupun situs pertemanan. Kita baca dulu dengan tenang lalu balaslah dengan santun. "Jangan sampai reaksi kita berimplikasi pada pelecehan balik. Dengan ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik) bisa berimplikasi ke hukum," ungkap Priyambodo.

Hal yang sama, tambahnya, juga berlaku bagi kita yang memanfaatkan sarana mailing list. "Sebelum masuk kita harus sepakat dulu aturannya, seperti tidak ada kata-kata SARA, dilarang caci maki, pelecehan, tidak membuat kalimat dengan huruf kapital semua dan berwarna merah karena berkonotasi marah," ucapnya.



image

XL Segera Atasi Gangguan Layanan XL BlackBerry

Posted: 16 Sep 2009 06:13 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Gangguan yang menimpa layanan XL BlackBerry beberapa waktu belakangan ini, diakui General Manager Internet and Data Service PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL), Ari Tjahjanto, akan segera berakhir.

Saat ini XL telah berhasil mengatasi sebagian besar gangguan yang terjadi. "Insya Allah hari ini atau besok sudah case closed-lah (selesai)," katanya dalam jumpa pers di Graha XL, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (16/9).

Sebelumnya, XL melakukan proses optimalisasi dan upgrade kapasitas secara berkala hingga 2 kali lipat, dari 45 Mbps menjadi 90 Mbps per detik, untuk kesiapan menjelang Lebaran. Namun, pada saat yang hampir bersamaan terdapat gangguan pada link komunikasi antara HQ XL dengan Research In Motion (RIM) sebagai penyedia layanan BlackBerry di Canada, yang terdeteksi pada 9 September 2009.

Gangguan itu sendiri, menurutnya, bukan berasal dari system internal XL. Hasil pengecekan yang dilakukan menunjukkan seluruh prosedur dan system di internal XL berjalan tanpa gangguan. "Ini adalah yang pertama semenjak kita (XL) bekerjasama dengan RIM," ujarnya.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Manjakan Pelanggan Pecinta Man Utd

Posted: 16 Sep 2009 03:05 PM PDT

VIVAnews - Terkait dibatalkannya kunjungan tim Manchester United ke Indonesia Juli silam, 3 (Tri), operator GSM milik PT Hutchision CP Telecommunications, mengumumkan pengembalian uang tiket akan dilakukan hingga 20 September 2009 mendatang di 3Store terdekat.

"Kami upayakan untuk menerapkan mekanisme pengembalian uang tiket pelanggan semudah mungkin dan menguntungkan pelanggan," kata Suresh Reddy, Chief Commercial Officer Tri, pada keterangan pers yang VIVAnews kutip, 17 September 2009.

Untuk mekanismenya, pelanggan cukup mengunjungi 3Store terdekat lalu menunjukkan kwitansi bukti pembelian tiket di 3Store, dan menunjukkan nomor Tri atau kartu identitas KTP. Kemudian, pelanggan akan langsung menerima uang pembelian tiket sesuai dengan harga tiket yang dibeli.

Adapun kategori-kategori harga tiket yang ditawarkan Tri meliputi Kategori 1 Rp 400.000, Kategori 2 Rp 250.000, Kategori 3 Rp 100.000. Bagi pelanggan yang membeli tiket Kategori 1 yang dipaketkan dengan merchandise, akan menerima uang senilai harga tiket + harga merchandise, Rp 650.000. "Sebagai apresiasi Tri atas kesetiaan pelanggan, Tri memberikan hadiah langsung berupa poster Manchester United bagi pelanggan yang melakukan penukaran tiket di 3Store selama periode penukaran tiket ini," kata Suresh.

Selain itu, pelanggan yang melakukan isi ulang minimal 30.000 di 3Store bersamaan dengan penukaran tiket akan mendapatkan langsung bonus pulsa 50 persen dari total pulsa yang dibeli. Dan, Tri juga menyediakan sebuah paket merchandise bagi pelanggan yang bermigrasi ke 3Paskabayar.

Suresh menjelaskan, kerja samanya dengan Manchester United masih berlangsung hingga tiga musim ke depan atau sampai tahun 2012. Dengan begitu, para pelanggan 3 yang juga merupakan penggemar Manchester United akan tetap dekat dengan tim impian mereka, misalnya dengan menikmati konten-konten Manchester United.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandwidth BlackBerry Indosat Terbesar

Posted: 16 Sep 2009 02:05 PM PDT

VIVAnews - Untuk memudahkan akses di bulan Ramadhan, musim mudik, dan jelang Hari Raya Lebaran, PT Indosat Tbk (Indosat) kembali meningkatkan kapasitas link-nya ke penyedia layanan BlackBerry, Research In Motion (RIM), dari 50Mbps menjadi 100Mbps.

"Kami terus berupaya untuk memberikan kemudahan akses bagi para pelanggan Blackberry Indosat, khususnya di masa Ramadhan dan mudik Lebaran ini, sehingga pelanggan dapat menikmati akses layanan yang makin cepat dan dapat diandalkan saat perjalanan mudik," kata Guntur S Siboro, Chief Marketing Officer Indosat, seperti VIVAnews kutip dari keterangan persnya, 17 September 2009.

Upaya peningkatan kapasitas ini merupakan kelanjutan dari peningkatan kapasitas link yang sudah dilakukan pada bulan Juli 2009 lalu dari 20Mbps menjadi 50Mbps. Perlu diketahui pula, peningkatan menjadi 100Mbps ini sekaligus mengokohkan posisi Indosat, yang tak hanya sebagai pelopor layanan BlackBerry, tetapi juga memiliki kapasitas backbone ke RIM terbesar di Indonesia.

Yang tak kalah menarik, Indosat juga menyiapkan paket hemat perangkat BlackBerry, yang mana calon pelanggan dapat memperoleh BlackBerry dengan harga khusus selama bulan Ramadhan di Galeri Indosat. Promo harga spesial dengan potongan harga hingga 20 persen ini berlaku hingga 30 September 2009 mendatang.

Adapun perangkat BlackBerry yang ditawarkan itu adalah BlackBerry Storm 9500 seharga Rp 6,2 juta, BlackBerry 9000 Bold seharga Rp 5,9 juta, dan BlackBerry Curve 8900 Javelin seharga Rp 4,9 juta.

"Kami berharap dengan peningkatan kapasitas link dan aplikasi spesial Ramadhan, serta penawaran istimewa handheld BlackBerry dapat memberikan kenyamanan serta nilai tambah kepada pelanggan dan calon pelanggan BlackBerry Indosat," ucap Guntur.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3% Pelanggan BlackBerry XL Alami Gangguan

Posted: 16 Sep 2009 01:00 PM PDT

VIVAnews - PT Excelcomindo Pratama (XL) mengakui adanya masalah pada layanan BlackBerry-nya. Namun, diklaim XL jumlah korbannya hanya sedikit, sekitar tiga persen dari total pelanggan BlackBerry XL yang berjumlah 152.000.

Sekitar kurang dari 5.000 pelanggan BlackBerry XL terpaksa menjadi korban akibat adanya miskoordinasi antara pihak XL dan Research In Motion, tak berapa lama setelah XL mengupgrade kapasitas bandwidth BlackBerry dari 45 Mbps menjadi 90 Mbps.

"Kami menemukan ada gejala pada minggu kedua September, tepatnya tanggal 9 September 2009. Dan, pada 11 September 2009, kami menerima kurang lebih 1.000 komplain pada layanan customer service," kata Myra Junor, GM Corporate Communication XL, saat jumpa media di kantornya, Grha XL, kawasan Mega Kuningan, Jakarta, 16 September 2009.

Namun, lanjut Myra, setelah ditelusuri, ternyata hanya sekitar tiga persen dari total pelanggan BlackBerry XL yang menjadi korban gangguan layanan BlackBerry Internet Service (BIS). "Dan, gangguan tersebut dialami secara intermittent, artinya kadang-kadang buruk, kadang-kadang berjalan baik," ungkapnya.

Sebagai bentuk apresiasi berupa kompensasi terhadap pelanggannya, XL akan memberikan potongan harga atau discount, yakni sebesar 50 persen untuk pengguna BlackBerry One, yang mana sehari-harinya memakan pulsa sebesar Rp 5.000 menjadi Rp 2.500. Sementara pengguna BlackBerry paket bulanan akan dipotong sebesar Rp 20 ribu dari total tarif bulanan Rp 150.000 per 30 hari. Untuk discount 50 persen dan Rp 20 ribu per bulannya akan berlaku sejak 18 September hingga 25 September 2009 mendatang.

Selain itu, sebagai solusi sementara, XL juga membolehkan pengguna BlackBerry menggunakan XL WAP untuk browsing secara gratis. Yakni, dengan cara mengubah access point name (APN) pada handset BlackBerry-nya, dari sebelumnya blackberry.net menjadi xlgprs.net atau xlspeed.net. Layanan ini dapat dinikmati mulai 17 September hingga 31 Oktober mendatang.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION