Rabu, 03 November 2010

Yang Unik dari 'Notebook' Samsung Shark

Yang Unik dari 'Notebook' Samsung Shark


Yang Unik dari 'Notebook' Samsung Shark

Posted: 02 Nov 2010 05:36 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Samsung Electronics Indonesia meluncurkan notebook Samsung Shark SF410. Ini merupakan notebook pertama dalam rangkaian Notebook Shark yang diproduksi Samsung.

Menurut Felix Ignatius, Notebook Product Manager Samsung Electronics Indonesia, notebook ini menyasar pasar menengah ke atas. "Dengan harga 1.099 dollar AS, kami menangkap target premium, terutama yang suka desain karena desainnya beda dengan yang lain," ujarnya saat peluncuran notebook Samsung Shark di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/11/2010).

Dari tampilan luarnya, Samsung Shark SF410 memang terlihat lebih ergonomis dari notebook pada umumnya. Notebook ini dilengkapi monitor sebesar 14 inci. Bentuk cangkang atas notebook ini menyerupai punggung paus dengan ketebalan hanya 1,27 inci. "Makanya kami beri nama Shark karena bentuknya seperti punggung paus," ujar Felix.

Samsung Shark SF410 dilengkapi RAM sebesar 4 GB dengan kapasitas penyimpanan sebesar 500 GB. Notebook ini menggunakan prosesor Intel Core i5 dengan dilengkapi solusi grafik hibrida yang memungkinkan kita untuk menggunakan kartu grafis eksternal. Baterai Notebook Samsung Shark diklaim mampu tahan selama 6,5 jam.

Keunikan lain dari Samsung Shark SF410 adalah mampu mengisi tenaga baterai perangkat lain, seperti ponsel atau pemutar MP3 dalam keadaan mati total. Samsung Shark Notebook SF410 memiliki fitur Fast Start yang memungkinkan notebook aktif dengan cepat. Dari keadaan sleep sampai saat siap dioperasikan hanya memakan waktu 3 detik. "Fungsi ini sebenarnya sejenis dengan fitur sleep bawaan Windows, tapi ini lebih cepat dalam pengaktifannya, jadi bisa fast booting," urai Felix.

Selain fitur Fast Start, notebook ini juga dilengkapi fitur All Share yang memungkinkan penggunaan produk Samsung lainnya, seperti pemutar MP3, ponsel, dan kamera secara bersamaan dalam notebook.

Saat dicoba untuk mengetik, notebook ini sangat memadai untuk melakukan ketik cepat tanpa perlu khawatir terjadi miss typing. Samsung Shark SF410 memiliki keyboard dengan jarak tombol ketik yang renggang satu sama lain.

Samsung Shark SF410 dilepas dengan harga sekitar Rp 10 juta jika dirupiahkan. Dengan kemampuan yang cukup mumpuni, notebook ini dianggap sebanding dengan harganya yang cukup tinggi. Masyarakat pun dapat membeli Samsung Shark SF410 mulai hari ini.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sensor Pendeteksi Tsunami Sering Dirusak

Posted: 02 Nov 2010 02:56 AM PDT

VIVAnews - Tsunami di Mentawai yang terjadi pada Senin Malam, 25 Oktober 2010 menelan 450 korban jiwa. Banyaknya korban jatuh pada bencana tersebut antara lain disebabkan karena tak berjalannya sistem pendeteksian tsunai di daerah tersebut.

Menurut Kepala Proyek Tsunami Buoy Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Wahyu Pandoe, salah satu penyebab kerusakan adalah vandalisme yang dialami oleh alat-alat tadi.

"Dari 23 tsunami buoy yang ada di seluruh Indonesia, praktis cuma 2 tsunami buoy yang bisa berfungsi dengan baik," ujar Wahyu kepada VIVAnews, 2 November 2010.

Menurut dia, kebanyakan dari alat tadi mengalami kerusakan karena dirusak orang yang tak bertanggung jawab. Baik karena dijadikan tambatan perahu, dirusak antenanya, atau kabelnya dipotong.

Tsunami buoy di Mentawai, misalnya, mengalami kerusakan pada dua antena satelitnya serta kabel sistem komunikasi bawah air.

"Sudah dua kali kami menggantinya, dua kali alat itu dirusak," ujar Wahyu. Bahkan kata dia, tsunami buoy di Laut Flores dirusak hingga 5 kali. Bahkan suatu saat ada suatu komponen alat yang dilepas dan kemudian dibawa-bawa sampai ke rumah warga.

BPPT, kata Wahyu, tentu saja tidak memiliki kemampuan untuk meng-cover seluruh alat yang tersebar di wilayah yang luas. Menurut dia, agak sulit juga bila melibatkan pihak polisi air untuk menjaga alat-alat itu, mengingat alat tersebut banyak yang dipasang jauh di tengah laut, hingga 60 km dari pantai.

Wahyu meminta agar semua pihak menjaga dan merawat alat tersebut, mengingat perannya yang sangat penting bagi keselamatan banyak orang. "Saya menghimbau, kalau ada benda yang mengambang (sensor tsunami) di laut, sama-sama kita jaga. Sebab alat seperti ini sangat bernilai bagi banyak orang."

Dalam waktu dekat, BPPT hendak mengganti pendeteksi tsunami yang telah rusak di Mentawai, Selatan Pulau Jawa, dan perairan Sulawesi. Total tahun ini BPPT berencana mengganti 6 alat tsunami buoy yang telah rusak dengan alat baru seharga sekitar Rp2 miliar.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTel Anggota GeSI Pertama dari Asia Tenggara

Posted: 02 Nov 2010 02:48 AM PDT

VIVAnews - PT Bakrie Telecom Tbk (BTel) mengumumkan telah masuk menjadi anggota Global e-Sustainability Initiative (GeSI), suatu organisasi perlindungan lingkungan hidup paling berpengaruh dalam industri informasi dan teknologi komunikasi (ICT) global.

Perusahaan publik yang sebelumnya dikenal dengan PT Ratelindo ini juga mengukuhkan diri sebagai operator telekomunikasi pertama dari Asia Tenggara yang bergabung dengan GeSI.

GeSI, yang dibentuk pada tahun 2001 di bawah naungan PBB, merupakan kemitraan strategis perusahaan dan asosiasi industri ICT (Information Communication and Telecommunication) internasional yang berkomitmen untuk menciptakan dan mempromosikan teknologi sekaligus praktik-praktik keberlanjutan ekonomi, lingkungan, dan sosial sert mendorong pertumbuhan ekonomi dan produktivitas.

"Sebagai anggota ASEAN pertama GeSI, kami diposisikan menambah perspektif dalam gerakan global untuk layanan ICT yang berkelanjutan," kata Rakhmat Junaidi, Direktur Corporate Services PT Bakrie Telecom Tbk.

Dengan keanggotaan ini, BTel sedang mencoba untuk menjadi pelopor di lingkungan industri ICT Indonesia. Di luar keanggotaan dalam GeSI, BTel juga menerapkan serangkaian inovasi yang keberlanjutan pada industri konektivitas Indonesia.

Inisiatif ini akan diumumkan pada acara peresmian kampanye Hijau Untuk Negeri yang berlangsung di Jakarta pada 4 November 2010.

"Visi perusahaan adalah untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia dengan menyediakan konektivitas informasi. Kami percaya bahwa praktik bisnis yang berkelanjutan berbagi dengan komunitas global adalah cara yang bermakna untuk melakukannya," ujar Rakhmat.

Chairman GeSI, Luis Neves menyambut baik bergabungnya Bakrie Telecom dalam keanggotaan GeSI. "Kami menghargai keputusan tersebut, terlebih lagi mengingat eratnya keterkaitan industri ICT di Asia dalam menawarkan solusi yang benar-benar global dan berkelanjutan."

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Symantec Norton Internet Security 2011

Posted: 02 Nov 2010 02:38 AM PDT

VIVAnews - Tiap Oktober, Symantec menghadirkan rilis terbaru dari bundel aplikasi pengamanan mereka yakni Norton Anti Virus (NAV) dan Norton Internet Security (NIS). Oktober kali ini vendor tersebut menghadirkan NAV dan NIS 2011.

Seperti diketahui, Norton Internet Security merupakan bundel aplikasi pengamanan yang lebih lengkap dibanding Norton Anti Virus. Fitur seperti perlindungan saat melakukan transaksi online, penangkal hacking, parental control, dan pemberitahuan tentang situs penipuan merupakan fitur yang tidak disediakan pada NAV tetapi terdapat di NIS.

Jika dibandingkan dengan Norton 360, NIS juga sudah cukup lengkap. Anda yang tidak membutuhkan fasilitas seperti optimalisasi kinerja PC serta layanan backup otomatis dan penyimpanan online hingga 2GB cukup memilih Norton Internet Security. Lalu, apa yang menarik dari versi 2011 ini?

Fitur

Pada menu utama aplikasi pengamanan PC dan pelindung identitas saat online terbaru ini, di bagian bawah, terdapat peta Dunia. Yang menarik, peta tersebut bukanlah sekadar pajangan, melainkan peta interaktif.

Bila Anda klik di bagian manapun di peta tersebut, maka Norton Internet Security 2011 akan menyediakan daftar urutan kota-kota yang menghadirkan ancaman terbesar di kawasan yang Anda klik tadi.

Bila Anda klik pada Map Details, maka akan memuncul informasi virus, trojan, ataupun malware lainnya yang sedang marak menyerang di bagian running text di bawah. Jika diklik di bagian info>> lalu klik View Details>> pada menu yang muncul, maka informasi seputar malware tersebut akan dipaparkan lengkap. Syaratnya, Anda perlu terhubung ke Internet agar database informasi malware tersebut dapat diambil dari server Symantec.

Yang menarik, jika Anda ingin melakukan pemindaian, selain melakukan pemindaian pada komputer, Anda juga bisa melakukan scanning pada link-link yang ada di Wall Facebook Anda. Caranya, klik Scan Now, lalu pilih Scan Facebook Wall. Setelah itu Anda akan diminta untuk login ke akun Facebook Anda.

Setelah mendapatkan izin, Norton Internet Security akan memindai link-link yang ada di wall Facebook Anda. Ia akan mengabarkan apakah link tersebut aman atau berbahaya untuk Anda klik. Fitur ini cukup bermanfaat mengingat saat ini banyak sekali kasus pencurian identitas lewat jejaring sosial ataupun metode social engineering lainnya.

Selain memindai link, Norton Internet Security 2011 juga memindai setiap file yang akan didownload oleh pengguna. Tujuannya adalah untuk mencegah bisa aplikasi atau file yang didownload merupakan aplikasi berbahaya (malware). Meski demikian, aplikasi ini tidak sampai melakukan pemindaian terhadap file yang diunduh menggunakan aplikasi download accelerator semacam Internet Download Manager.

Kinerja

Uji coba terhadap Norton Internet Security kami lakukan pada notebook Acer Aspire 4315 berprosesor Intel Celeron 560 kecepatan 2,13GHz dengan memori sebesar 2,5GB dan menggunakan sistem operasi Windows 7 Ultimate.

Saat instalasi, proses pemasangan bundel pengamanan berukuran 523MB ini sendiri hanya memakan waktu 46,9 detik. Berikut ini kondisi komputer sebelum dan sesudah diinstalasikan Norton Internet Security 2011.

Tanpa AV

NIS 2011

Kinerja

Windows Startup

37,9 detik

50,6 detik

Windows Restart

56,8 detik

1 menit 12,5 detik

Windows Shutdown

10,4 detik

13,3 detik

Konsumsi Sumberdaya

Windows Idle CPU Usage

0-1%

0-1%

Windows Scan CPU Usage

-

13-100%

Windows PF Usage

436-461MB

601-609MB

Windows Scan PF Usage

-

627-685MB

Saat pengujian, kami mencoba melakukan pemindaian terhadap data sebesar 1GB yang terdiri dari 2.429 file dokumen dengan berbagai format seperti RTF, XLS, PDF, EML, ZIP, JPG, 3GP, dan MP3.

Meski proses pemindaian sendiri dapat diselesaikan dalam waktu 2 menit 38,7 detik, akan tetapi Symantec tidak menginformasikan berapa perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pemindaian. Meski tampak sepele, namun fasilitas seperti itu akan bermanfaat saat pengguna akan melakukan pemindaian dan meninggalkan komputernya. Proses full search juga menguras resource cukup banyak, khususnya bila komputer yang dimiliki kurang mumpuni.

Di Indonesia, Norton Internet Security 2011 sudah dipasarkan dengan harga kisaran US$69,99 atau Rp625 ribuan dan dapat diinstal pada maksimal 3 komputer. Selama masa lisensi berlaku, yakni 1 tahun, Anda yang menggunakan aplikasi ini mendapatkan layanan teknis 24 jam non stop lewat telepon, email, atau chat.

Kelebihan:

- Kemampuan memindai URL termasuk di jejaring sosial untuk mencegah masuknya malware secara diam-diam

Kekurangan:

- Tidak memindai file yang didownload lewat download manager

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION