Selasa, 16 Februari 2010

Menpora: Game Bukan Prioritas Cabang Olahraga

Menpora: Game Bukan Prioritas Cabang Olahraga


Menpora: Game Bukan Prioritas Cabang Olahraga

Posted: 15 Feb 2010 09:00 PM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

VIVAnews - Wacana terkait game online yang akan dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga di Tanah Air (e-sport) hingga kini masih belum menjadi prioritas Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenegpora).

Menurut Andi Malaranggeng, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) mengatakan, masih ada beberapa cabang olahraga yang perlu mendapatkan perhatian lebih untuk diprioritaskan.

"Untuk sekarang ini, soal game online yang akan dijadikan cabang olahraga baru masih belum terpikirkan," kata Andi saat ditemui wartawan usai Seminar Mind Sport mendukung Prestasi Belajar dan Penganugerahan Universitas Gunadarma Mind Sport Award, Depok, 16 Februari 2010.

"Kita fokus dulu untuk mengembangkan cabang-cabang olahraga yang sudah ada. Di depan mata Asian Games menunggu," kata Andi.

Senada dengan Andi, akademisi teknologi informasi (TI) asal Universitas Gunadarma Made Wiryana mengatakan, kendati game online disambut baik pemerintah, tetapi dinilai wajar jika sampai saat ini belum ditumbuhkembangkan.

"Karena, di Internasional pun game online belum masuk ke cabang olahraga resmi. Jadi, wajar saja kalau belum dipikirkan pemerintah," ucap Made pada wartawan di tempat yang sama.

Pada kesempatan lain, penggiat game online Afu Mikahi menuturkan, Indonesia membutuhkan perangkat yang mahal dan investasi infrastruktur yang tidak sedikit untuk mengembangkan game online.

"Tak hanya itu, masalah lisensi game yang tidak murah juga menjadi hambatan pemerintah," ucap pria yang juga berkecimpung di dunia media cetak khusus game.

Dibandingkan Korea Selatan, yang mana para pelaku industrinya cukup serius dalam mengembangkan game online, Indonesia masih jauh tertinggal. "Di Korsel, tak heran jika industri game online menjadi penyumbang devisa kelima terbesar," ucap Afu.

Karena itu, Afu masih ragu jika e-sport bisa dipertimbangkan untuk masuk ke dalam ajang olahraga skala nasional, seperti PON atau ajang olahraga lokal lainnya, sebagai cabang olahraga baru.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

2010 - 2014, IT Indonesia Tumbuh 15%

Posted: 15 Feb 2010 08:06 PM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

VIVAnews - Setelah mengalami penurunan di tahun 2009 akibat krisis ekonomi global, pasar teknologi informasi di Indonesia akan kembali tumbuh. Diperkirakan, Compound Annual Growth Rate (CAGR) atau pertumbuhan rata-rata tahunan antara tahun 2010 sampai 2014 akan mencapai 15 persen.

Menurut laporan global market research yang dilakukan Companiesandmarkets, di kuartal pertama 2009, sejumlah perusahaan manufaktur menunda pengadaan IT. Akan tetapi belanja tetap berlangsung di sektor finansial yang sebelumnya menguasai sekitar 30 persen dari total belanja perusahaan.

Belanja IT sendiri diperkirakan akan meningkat hinga 4 miliar dolar AS di tahun 2010 ini, naik dari sekitar 3,5 miliar dolar AS di tahun 2009. Sejumlah faktor pendorong fundamental, seperti VIVAnews kutip dari Officialwire, 16 Januari 2010, seperti rendahnya penetrasi komputer dan meningkatnya daya beli memastikan pasar tetap berada jalur pertumbuhan.

Indonesia sendiri, diperkirakan akan menjadi salah satu pasar IT yang akan tumbuh paling baik di kawasan Asia dalam periode lima tahun ke depan.

Laporan Companiesandmarkets menyebutkan, di tahun 2014, hardware akan mendominasi pasar IT Indonesia dan akan mencapai nilai sebesar 6,9 miliar dolar AS. Lebih tinggi dibanding perkiraan sebelumnya.

Dengan penetrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang hanya sekitar 20 persen dan pembangunan hanya terbatas di kawasan kaya seperti Jawa, pasar Indonesia secara keseluruah memiliki potensi pertumbuhan yang besar.

Meski demikian, pembangunan yang tidak merata dan kesenjangan digital merupakan hambatan untuk pertumbuhan yang lebih cepat di pasar yang memiliki potensi besar untuk IT ini.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis-artis yang Jadi Jawara di Twitter

Posted: 15 Feb 2010 07:23 PM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

VIVAnews - Selain facebook, jejaring sosial lain yang kini sudah menjadi candu adalah twitter. Walau baru berumur tiga tahun, twitter sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Penggunanya pun beragam, dari masyarakat biasa hingga para selebritis.

Walau sibuk dengan berbagai kegiatannya, banyak selebritis Indonesia yang meluangkan waktunya bermain twitter. Mereka menggunakan twitter sebagai sarana untuk berhubungan dengan penggemar.

Para seleb ini mempromosikan segala hal tentang dirinya di twitter, mulai dari jadwal show, album baru, jadwal sinetron, hingga kegiatannya sehari-hari. Tidak jarang, beberapa artis memasang foto-foto mereka di twitter.

Di Indonesia, Sherina Munaf adalah salah satu artis yang paling eksis di twitter. Hingga saat ini, jumlah followers atau pengikut penyanyi berusia 19 tahun ini sudah mencapai 243.574. Jumlah yang cukup banyak dibanding artis-artis Indonesia lain yang memilkiki akun twitter.

Ia terkenal sangat aktif dalam menggunakan twitter miliknya yang bernama sherinamunaf. Tidak hanya mempromosikan show atau album barunya, Sherina juga sering menggunakan twitter untuk sekedar curhat mengeluarkan isi hatinya. Seperti yang ia posting di hari Valentine kemarin, "So sleepy tapi ndak bisa tidur. Ada saran supaya gampang tidur?"

Selain Sherina, artis Indonesia lain yang juga eksis di twitter adalah Bunga Citra Lestari yang juga dikenal dengan sebutan BCL. Kini, jumlah follower twitter istri Ashraf Sinclair ini adalah 138.914. Penyanyi yang juga pemain sinetron ini aktif memposting kegiatannya sehari-hari. Selain mempromosikan sinetron, BCL juga sering memposting fotonya bersama sang suami di twitter yang bernama bclsinclair. Tentu penggemarnya sangat dimanjakan dengan itu semua.

Tidak hanya artis perempuan yang bisa eksis di twitter. Banyak artis-artis pria Indonesia yang juga jadi jawara di dunia twitter, seperti Armand Maulana, Indra Bekti, Ringgo, dan Desta. Indra Bekti adalah salah satu artis pria Indonesia di twitter yang jumlah followersnya cukup banyak. Kini, jumlah pengikut twitter Indra Bekti mencapai 120.220.

Artis yang terkenal sebagai MC handal ini juga terkenal aktif bermain twitter. Dia tidak segan-segan membalas tweet dari penggemarnya. Selain itu, ia juga sering menggunakan twitternya yang bernama indrabektiasli untuk mepromosikan bisnisnya. Beberapa hari yang lalu, Indra Bekti juga memposting foto dengan kekasihnya saat merayakan Valentine.

Laporan: Djamilah

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Daftar Korban ABG Hilang Gara-Gara Facebook

Posted: 15 Feb 2010 06:46 PM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

VIVAnews - Facebook, media jejaring sosial bukan cuma berdampak positif, tetapi dampak negatifnya juga banyak bermunculan. Belakangan, semakin banyak orang tua yang melaporkan kehilangan putri kesayangannya setelah mengenal teman pria melalui Facebook.

Pagi ini, Selasa, 16 Februari 2010, ada orang tua yang mendatangi stasiun TVOne yang melaporkan gadis kecilnya menghilang sejak beberapa hari lalu. Menurut sang ayah, anaknya raib setelah berkenalan dengan seseorang asal Bekasi di Facebook.

Kasus gadis hilang gara-gara pertemanan di Facebook bukan kali ini saja terjadi. Akhir-akhir ini marak diberitakan keluarga yang melaporkan ke polisi karena anaknya tiba-tiba lenyap. Ironisnya, setelah ditemukan ada yang sampai kehilangan keperawanan.

Bahkan, peristiwa ini bukan saja terjadi di Jakarta. Tetapi, sudah merebak di berbagai daerah. Modus yang umum terjadi mereka berkenalan, kemudian melakukan chatting di Facebook. Chatting bukan lagi cuma lewat warnet, tetapi sudah memakai handphone yang kini sudah banyak yang bisa digunakan untuk mengakses Facebook.

Berikut ini sejumlah contoh gadis hilang gara-gara Facebook yang sempat mengemuka di media massa:

Yogyakarta

TN, 20 tahun, warga Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul dilaporkan hilang dan santer diberitakan dibawa kabur teman facebook. Korban bekerja di sebuah warnet di Bantul, DIY dan komunikasi terakhir dengan keluarga, Tri mengaku berada di tempat wisata bersama temannya.

Sidoarjo

AB, siswi kelas satu Sebuah SMA di Surabaya diduga "diculik" pacarnya yang dikenal lewat Facebook pada 6 Februari 2010. Namanya Januar alias Jeje alias Edo. AB pernah menghilang pada akhir Desember 2009 dan ditemukan di rumah Jeje di Jakarta. Kali ini, AB kembali menghilang.

Jakarta

MNT, 14 tahun, menghilang dari keluarga setelah berkenalan dengan teman pria "Arie Power" melalui situs jejaring facebook. Peristiwa terjadi pada Sabtu 6 Februari 2010 malam, usai menghadiri pernikahan pamannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Laporan: KDW|Yogyakarta, Satriyo Eko (Surabaya Post)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION