Senin, 23 November 2009

Komunikasi Voice Berkurang dalam 2 Tahun

Komunikasi Voice Berkurang dalam 2 Tahun


Komunikasi Voice Berkurang dalam 2 Tahun

Posted: 22 Nov 2009 08:02 PM PST

VIVAnews - Pendapatan dari layanan suara mobile masih dalam jalur untuk mencapai puncaknya pada tahun 2010 mendatang. Setelah itu, diperkirakan kecenderungannya akan mulai menurun. Kesimpulan tersebut terungkap dari laporan terakhir ABI Research, perusahaan analis pasar teknologi asal New York.

"Mobile voice mengalami peningkatan pesat sejak jaringan seluler digital seperti GSM diterapkan pada tahun 1992," kata Jake Saunders, Vice President for Forecasting ABI Research, pada XbitLabs, 23 November 2009. "Diperkirakan, pendapatan tahunan dari mobile voice mencapai 580 miliar dolar AS di tahun 2010," ucapnya.

Saunder menyebutkan, mulai tahun 2011, meningkatnya kejenuhan di sisi pelanggan akan menggerogoti pendapatan mobile voice. Tidak hanya di pasar negara maju, tetapi juga di sejumlah negara berkembang. "Pada tahun 2014, pendapatan mobile voice akan terpangkas hingga 9,6 persen," ucap Saunders.

Saat operator nirkabel meraih keuntungan besar dari value added service (VAS) seperti messaging dan mobile internet, kompetisi di pasar membuat margin keuntungan berbagai layanan dari operator semakin tipis. Secara total, layanan mobile data akan menghasilkan 169 juta dolar AS di tahun 2009 dan akan tumbuh sebesar 9 persen per tahun sampai 2014 mendatang.

Akhir 2009, penurunan average revenue per user (ARPU) tahunan akan sangat terasa di kawasan Asia Pasifik yakni mecapai 8,7 persen menjadi 105 juta dolar AS. Di Afrika, diperkirakan penurunannya mencapai 7,8 persen, menjadi 134 juta dolar AS.

Di Amerika Serikat sendiri, penurunan juga terjadi, namun diperkirakan hanya sekitar 0,6 persen. Akan tetapi di pasar ini, pendapatan dari mobile internet dari pengguna smartphone, netbook, dan lain-lain akan membantu menggenjot pendapata keseluruhan di kawasan tersebut.

Dengan membaiknya ekonomi di paruh kedua 2009, operator perlu mulai menggenjot capital expenditure mereka. Beberapa area spending yang perlu ditingkatkan adalah core network dan upgrade jaringan radio untuk mendukung throughput data yang lebih tinggi.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Pengembang FarmVille Raih 200 Juta Pengguna

Posted: 22 Nov 2009 07:12 PM PST

VIVAnews - Tepat sebulan lalu, di ajang Web 2.0 Summit, Mark Pincus, Chief Executive Officer Zynga menyebutkan bahwa perusahaannya telah meraih 150 juta pengguna aktif per bulan. Kini pertumbuhan user base Zynga telah meningkat sepertiganya.

Produsen game seperti FarmVille, Texas Hold'Em, Mafia Wars, Café World, Dope Wars, dan yang terbaru, FishVille tersebut mengklaim bahwa kini mereka sudah berhasil menggaet 200 juta pengguna aktif per bulan.

Di periode yang sama, pengguna aktif Zynga juga naik 50 persen. Pengguna aktif harian tumbuh sekitar 27 persen dari 47,8 juta menjadi sekitar 61 juta. Jika tidak ada halangan, pendapatan Zynga juga akan tumbuh secara proporsional sesuai dengan peningkatan jumlah pengguna harian mereka.

Seperti VIVAnews kutip dari AllFacebook, 23 November 2009, belum ada perusahaan lain yang mendekati raihan yang didapat Zynga. Perusahaan kedua di bawahnya, yakni Playfish yang baru-baru ini dijual ke Electronic Arts senilai 400 juta dolar AS dalam setahun mereka mendapatkan pemasukan antara 30 sampai 40 juta dolar AS.

Itu berarti, pada titik ini Zynga akan dapat dengan mudah menghasilkan lebih dari 250 juta per tahun. Apalagi jika melihat, game terbaru mereka yakni Fishville tumbuh 10 persen per hari, dengan 12,3 juta pengguna aktif per bulan sampai saat ini.

Tak sampai dua bulan lalu, Zynga juga berhasil melampaui angka 100 juta pengguna aktif per bulan. Dengan peningkatan seperti ini, besar kemungkinan perusahaan akan melampaui angka 500 juta pengguna dalam beberapa bulan ke depan.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Yahoo! Serius Rangkul Hacker Indonesia

Posted: 22 Nov 2009 06:26 PM PST

TEMPO Interaktif, Jakarta - Yahoo! South East Asia serius rangkul hacker Indonesia. Mereka pekan lalu mengadakan mengumpulkan tidak 300 hacker di Jakarta dalam acara Open Hack 2009. Open Hack Day ini mengumpulkan para web developer untuk saling berbagi dan mendiskusikan teknologi dari Yahoo! Dan aplikasi baru lainnya.

Yahoo! Senior Director for Business Development and Indonesia Country Lead Pontus Sonnerstedt mengatakan acara ini merupakan strategi Yahoo! memberikan kesempatan kepada pengembang, pengiklan dan penerbit. " Untuk menciptakab pengalaman situs yang inovatif, relevan, bersifat pribadi dan membangun jaringan bisnis para pengguna Yahoo!," ujarnya dalam konferensi pers di Balai Kartini, Sabtu (21/11).

Dalam kesempatan itu juga datang hacker-hacker berasal dari negara-negara ASEAN. Acara ini juga merupakan acara pertama di Asia Tenggara. Acara seperti ini sebelumnya diselenggarakan di California, London, Bangalore, New York dan di negara seperti Brazil dan Taiwan.

DIAN YULIASTUTI

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FunCall, Kirim Pesan dengan Background Musik

Posted: 22 Nov 2009 05:15 PM PST

VIVAnews - Mengirimkan musik ke teman, biasa. Mengirimkan pesan suara ke teman, juga biasa. Mengirimkan pesan suara ke rekan atau kerabat dengan diiringi musik sesuai pilihannya, baru tidak biasa. Layanan ini diperkenalkan PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) dalam menambah portofolio layanan nilai tambah (value added service/VAS)-nya.

Layanan anyar yang bisa dinikmati oleh pelanggan Fren prabayar maupun pascabayar ini bernama FunCall, di mana di dalamnya baru terdapat dua sub-layanan, yakni Music Mail dan Karaoke.

Music Mail adalah pengiriman pesan suara ke rekan atau kerabat dekat yang diiringi musik latar sesuai pilihannya. Sementara bagi pelanggan yang ingin mengekspresikan sekaligus menguji olah suaranya, Fren menyediakan layanan Karaoke.

"Meningkatnya jumlah peminat karaoke, ditunjang pertumbuhan musik di Indonesia yang semakin pesat merupakan dua alasan untuk menjadikan layanan FunCall ini sebagai layanan unggulan," kata Sukaca Purwokardjono, Head of Product Marketing Mobile-8, pada keterangan persnya, 24 November 2009.

Untuk menikmati, pelanggan Fren cukup melakukan panggilan ke 5050. Setelah itu, FunCall assistant akan membantu pelanggan untuk memilih jenis layanan yang diinginkan. Tarif yang berlaku adalah Rp 288 per 30 detik, dan Rp 3000 untuk tiap lagunya.

"Saat ini, sudah tersedia ratusan koleksi lagu yang dikemas dalam berbagai pilihan kategori, baik untuk Music Mail maupun Karaoke," kata Beydra Yendi, Direktur Sales & Marketing Mobile-8. "Mulai dari Top 40, New Entry, lagu romantis, Dance and Party, hingga Rohani, disediakan" ucapnya.

Beydra menyebutkan, Mobile-8 berharap layanan FunCall dapat menyumbang revenue layanan nilai tambah setidaknya lima persen di akhir tahun 2009 nanti.

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tamagochi Kini Berwarna dan Bisa Download

Posted: 22 Nov 2009 04:30 PM PST

Masih ingat Tamagochi? Pada era 1990-an mainan ini sempat populer di kalangan remaja Indonesia. Meski sekarang sudah banyak 'dilupakan', ternyata gadget sederhana itu masih terus dikembangkan.

Seperti detikINET kutip dari CoolestGadgets, Senin (23/11/2009), Bandai akan mengedarkan Tamagochi versi baru. Tamagochi ID, demikian mainan ini disebut,
memiliki beberapa pembaruan dibandingkan versi masa lalu.

Hal pertama yang terlihat berbeda adalah layar LCD Tamagochi yang kini berwarna. Hal kedua, konten aksesoris di dalamnya bisa ditambahkan sesuai keinginan pemain.

Konten tambahan bisa diunduh menggunakan ponsel untuk kemudian ditransfer ke benda berbentuk telur ini lewat inframerah.

Tamagochi ID mulai tersedia di Jepang pada 23 November 2009 dengan kisaran harga setara Rp 550.000. Warna yang tersedia adalah merah muda, biru, hijau, ungu, kuning dan putih.

Untuk mereka yang belum tahu, Tamagochi adalah simulasi memelihara binatang ala game Pet Society di Facebook. Pemain game ini diminta untuk merawat binatang virtual mulai dari telur hingga dewasa.

Perhatian terus menerus yang dibutuhkan Tamagochi membuat pemilik terikat secara emosional dengan peliharaannya. Di era 1990-an pemain Tamagochi biasanya membawa peliharaannya ke sekolah karena takut terabaikan atau mati jika ditinggal di rumah.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION