Kamis, 12 Mei 2011

Dirut Bio Farma: Pabrik Mati Karena Sukses

Dirut Bio Farma: Pabrik Mati Karena Sukses


Dirut Bio Farma: Pabrik Mati Karena Sukses

Posted: 12 May 2011 01:12 AM PDT

Jakarta (ANTARA) - PT Bio Farma merupakan salah satu BUMN produsen vaksin yang pola industri agak aneh karena pabriknya mati setelah sukses, dan pabriknya berjalan jika banyak wabah penyakit.

"Sebagai contoh tahun 1974, Indonesia dinyatakan bebas penyakit cacar maka pabrik produksi vaksin cacar Bio Farma tutup. Tahun 2017 ditetapkan Indonesia bebas polio maka nanti pabrik vaksin polio juga akan ditutup," kata Dirut PT (Persero) Bio Farma Iskandar di Jakarta, Kamis.

"Jadi pabrik kami ditutup atau mati setelah sukses. Pabrik lain terus berkembang setelah sukses," kata Iskandar yang langsung disambut gelak tawa para wartawan yang hadir pada acara media gathering "121 Tahun PT Bio Farma: Strategi Riset Menuju Kemandirian Industri Vaksin Nasional".

Namun, lanjut dia, selalu ada muncul wabah penyakit baru sehingga satu-satu BUMN produsen vaksin itu dapat terus menjalankan pabriknya memproduksi vaksin baru.

"Tapi kami bukannya kami senang dengan wabah penyakit baru sehingga pabrik berjalan tapi sudah hukum alamnya seperti itu," tegas Iskandar.

PT Bio Farma merupakan salah satu BUMN yang sudah berkelas dunia karena produksi vaksinnya sudah diekspor ke 110 negara, selain merajai pasar vaksin di pasar domestik.

Dalam acara media gathering itu, Bio Farma secara resmi meluncurkan "Account social media" nya di jejaring sosial Facebook dengan nama `Info Imunisasi` dan Twitter dengan nama "?@infoimunisasi".

Salah satu tujuannya ialah ingin mendekatkan Bio Farma kepada masyarakat.

Karena semua rakyat Indonesia pernah divaksin tapi belum tahu bahwa BUMN itulah yang memproduksi vaksin di Indonesia.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedikitnya Lima Tewas Dalam Gempa Bumi di Spanyol Tenggara

Posted: 12 May 2011 12:06 AM PDT

Madrid (ANTARA/Xinhua-0ANA) - Sedikitnya lima orang tewas Rabu ketika dua kali gempa bumi berkekuatan 5,2 dan 4,4 skala Richter mengguncang wilayah Murcia di Spanyol tenggara, kata pemerintah setempat.

Gempa berkekuatan 5,2 itu dirasakan kuat di kota Murcia, sedangkan gempa lainnya berkekuatan 4,4 memiliki pusat gempa di dekat ke kota Lorca.

Sementara itu laporan-laporan yang dikutip dari kantor berita Italia ANSA dari Roma mengatakan, banyak orang melarikan diri dari Roma di tengah kekhawatiran gempa bumi yang tertunda meski ada jaminan dari seismolog dan pemimpin politik, menurut kantor berita ANSA.

Pada 1915 seismolog Italia Raffaele Bendandi meramalkan bahwa "gempa besar" akan menyerang Roma pada 11 Mei 2011.

Kepanikan berkembang baru-baru ini pada saat desas-desus itu tersebar di media sosial termasuk Facebook, Twitter.

"Roma tidak berisiko gempa apapun," kata Enzo Boschi, ketua Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi.

"Tidak pernah ada gempa bumi kuat dikonfirmasi di kota ini," katanya.

Wali kota Roma Gianni Alemanno juga menolak rumor yang mengatakan bahwa orang-orang Roma tidak akan mendengarkan spekulasi yang tidak berdasar. "Saya percaya Roma terlalu serius untuk ditipu oleh jenis sampah," katanya.

Laporan bisnis menunjukkan bahwa satu dari lima orang telah meminta libur kerja dan beberapa orang tua menahan anak-anak mereka di rumah, tidak sekolah atau ke luar kota pada hari itu.

Banyak toko di daerah pusat kota Roma ditutup pada Selasa malam dan Rabu, karena para pemilik toko meninggalkan pemberitahuan bahwa mereka menutup pintu mereka karena "sakit" atau "melakukan inventarisasi."

Organisasi konsumen Codacons menyampaikan keluhan kepada jaksa di Roma mengenai dampak alarm dewan kota yang mengundang warga untuk menghubungi nomor hotline balai kota untuk meyakinkan.

Bendandi juga dikatakan telah meramalkan gempa bumi lain yang melanda Italia selama seratus tahun terakhir sebelum kematiannya pada tahun 1979.

"Ada beberapa yang takut meninggalkan rumah mereka atau naik metro dan bertanya apa yang harus mereka lakukan," kata seismolog Concetta Nostro. "Banyak orang seperti menyangkal, tapi kita tidak bisa melakukan itu. Itu akan seolah-olah kita sedang membuat prediksi"

Banyak warga Roma yang masih ingat gempa 6 April 2009, yang menewaskan 308 orang dan menyebabkan kerusakan luas di kota L`Aquila, 100 kilometer dari Roma.

Dalam sejarah, belum pernah ada gempa bumi di Roma. Namun gempa Irpinia yang melanda Italia selatan pada November 1980 terasakan sampai di Roma.

Gempa itu berpusat di desa Conza, berkekuatan 6,89 skala Richter, dan menewaskan 2.914 orang serta membuat 300.000 menjadi tunawisma.

Sejauh ini, gempa Italia terburuk melanda kota Sicilan Messina pada tahun 1908, dengan kekuatan 7,2 skala Richter dan menewaskan 70.000 orang.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION