Sabtu, 28 Agustus 2010

Nokia Rilis Ponsel Musik Harga Terjangkau

Nokia Rilis Ponsel Musik Harga Terjangkau


Nokia Rilis Ponsel Musik Harga Terjangkau

Posted: 27 Aug 2010 06:20 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Nokia Global akhirnya memastikan bahwa beberapa produknya memang tak harus berteknologi tinggi yang ujung-ujungnya berat di harga. Hal itu sudah terlihat sejak merilis seri C3, kemudian X5, dan tempo hari memastikan ponsel musiknya, 5250, siap hadir di pasaran.

Seri yang menggunakan layar sentuh (teknologi resistif) seluas 2,8 inci ini bahkan dipastikan dijual sekitar 100 euro (belum termasuk pajak) atau sekitar Rp 1,3 juta. Dengan harga sebesar itu, apa yang bisa konsumen peroleh?

Secara fisik, seri ini memang mengikuti tren perkembangan zaman untuk desain ponsel pintar masa kini. Selain itu, perangkat lunaknya didukung oleh OS Symbian 60 dari versi terakhir (rilis kelima). Memakai kamera 2 MP, sedangkan pada sektor musik tidak saja mengandalkan pemutar audio, tetapi juga dilengkapi sebuah radio FM. Tak ada tambahan radio data system (RDS) yang menyertainya. Begitu pun kamera tak ditambahi oleh LED flash.

Inilah pengurangan yang dilakukan demi mendapatkan harga di atas. Selain itu, seri ini memang bukan ponsel 3G, juga minus Wi-Fi. Sementara ruang memori internalnya hanya 51 MB, maka lagu-lagu yang disimpan hanya bisa memanfaatkan microSD yang dapat diekspansi sampai16 GB.

Toh begitu, Nokia memberikan beberapa kelebihan, terutama dalam hal solusi yang ditawarkan. Lewat OVI yang kini semakin "kaya" isi itu, Nokia menyiapkan OVI Music. Tampaknya inilah jawaban dari begitu beragamnya program musik yang ditawarkan, kini dijadikan satu dalam OVI.

Nokia 5250 bagi pemula memang menjadi semacam gadget baru yang mengasyikkan karena memperoleh pengalaman baru. Namun, jika dibandingkan seri musik sebelumnya, X3 selevel di bawah (X3 saja memakai kamera 3,2 MP), atau bahkan kalah jauh ketimbang seri 5230. Namun, dari soal style, 5250 memang mengikuti tren, khususnya desain. Makanya warna pun jadi penting, setidaknya ada lebih dari empat kelir yang masing-masing memang kinclong. Anak muda tentu saja bidikannya. (FORSEL/ANDRA)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisnis Semikonduktor Samsung Bakal Salip Intel

Posted: 27 Aug 2010 06:20 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Sesungguhnya pendapatan Samsung Electronics yang paling melonjak dan konsisten adalah pada sektor semikonduktor. Dalam tempo lima sampai sepuluh tahun belakangan ini, sektor ini memberikan kontribusi yang luar biasa dan mendudukkan Samsung Electronics sebagai perusahaan terbesar yang memasok komponen intergrated circuit atau IC di dunia.

Lonjakan ini bahkan diramalkan oleh banyak orang bahwa Samsung Electronics kelak akan menjungkalkan Intel yang selama ini lebih dikenal sebagai pemasok semikonduktor terbesar. Indikasi itu sendiri sudah tampak. Sepanjang 1999 hingga 2009, tingkat pertumbuhan penjualan semikonduktor Samsung rata-rata mengalami kenaikan sebesar 13,5 persen. Sementara itu, Intel pada periode yang sama hanya membukukan angka kenaikan rata-rata 3,4 persen. Jika tren ini tidak mengalami perubahan, maka Samsung dipastikan akan menjadi pemimpin sektor ini pada tahun 2014.

Bisnis semikonduktor Samsung Electronics yang pabriknya tersebar di seluruh dunia, tak hanya di Korea Selatan, memproduksi beraneka komponen penunjang keperluan komputer. Yang paling agresif adalah produksi DRAM dan kemudian menjadi pemimpin pasar flash memory (jika dibikin lebih detail). Di luar segmen produksi memori, Samsung juga sangat peduli dengan segmen di luar memori, misalnya saja microcontroller, juga prosesor yang diperlukan untuk kebutuhan ponsel pintar yang belakangan meminta spesifikasi yang semakin tinggi.

Untuk fotografi, Samsung juga merilis sensor CMOS yang semakin banyak dipakai oleh banyak produk kamera. Meski tak semasif produk ponsel, produk kamera digital menampakkan penjualan yang cukup baik. Tentu saja, Samsung Electronics melakukan bisnis ini sekaligus dalam rangka memasok komponen untuk kebutuhan produksi perangkat elektronik buatannya, seperti ponsel, televisi, komputer, kamera, dan banyak lagi.

Sementara itu, Intel sejauh ini hanya berkutat pada penyediaan semikonduktor berupa prosesor dan chipset untuk komputer. Meski demikian, belakangan Intel kemudian mengembangkan produknya untuk keperluan ponsel pintar dan merakit prosesor buat keperluan perangkat semacam netbook dengan harga yang lebih terjangkau (low cost) dan berbasis pada prosesor Atom. 

Tampaknya Intel memang harus bekerja keras untuk mempertahankan posisinya. Tak tanggung-tanggung, bagian R&D Intel menganggarkan biaya untuk keperluan penelitian yang terus membengkak. Tahun 2005, mereka memiliki anggaran sebesar 5 miliar dollar AS dan tahun 2010 menjadi 6,6 miliar dollar AS. Sementara itu, "modal" Samsung hanya 1,5 miliar dollas AS sampai 2,5 miliar dollar AS setiap tahun, tercatat dari tahun 2005 hingga 2009. Ya, angka itu tak sampai separuh anggaran yang dikucurkan Intel. (ANDRA/FORSEL)

 

 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel HP dan Dell Semakin Panas

Posted: 27 Aug 2010 06:20 PM PDT

NEW YORK, KOMPAS.com - Perang memperebutkan perusahaan penyimpanan data, 3Par Inc. antara Hewlett Packard Co. dengan Del Inc. semakin panas. HP ternyata menaikkan tawarannya dari 1,6 miliar dollar AS menjadi 1,8 juta dollar AS.

Penawaran HP sebesar 27 dollar AS per saham ini lebih tinggi ketimbang harga yang diajukan Dell sebelumnya. Dell sebelumnya juga telah menaikkan tawaran dari 1,15 miliar dollar AS menjadi 1,6 miliar dollar AS.

Harga penawaran terakhir HP ini sembilan kali lipat dari penghasilan 3Par. Persaingan ini juga menunjukkan kedua produsen komputer tersebut benar-benar membutuhkan energi untuk bertumbuh dengan cara mengakuisi perusahaan lain. Asal tahu saja, 3Par menjual hardware dan software untuk memudahkan dan meringankan biaya penyimpanan data.

Setelah HP menaikkan tawarannya, harga saham 3Par melompat 6,6 persen menjadi 27,75 dollar AS per saham. Sebelumnya, saham 3Par turun 73 sen dolar Amerika Serikat menjadi 26,03 dollar AS.

Juru bicara 3Par John D'Avolio mengatakan, perusahaannya belum mau memberikan komentar atas harga baru yang diajukan HP ini. Perusahaan yang berbasis di Fremont, California ini mengatakan akan membayar uang sebesar 72 juta dollar AS kepada Dell jika menerima penawaran dari pihak lain.

Dell juga belum mau komentar. David Frink, Juru bicara Dell mengatakan perusahaanya sedang mempelajari penawaran HP tersebut.

Analis Wedbush Securities Kaushik Roy memperkirakan HP akan memenangkan pertarungan memperebutkan 3Par ini. "HP mempunyai dana untuk membeli apa saja," katanya.

Prediksi Roy mungkin tak salah. Keuntungan HP tiga kali lipat dari Dell. CEO HP Mark Hurd yang tersangkut skandal pelecehan seksual telah membawa HP mengakuisisi berbagai perusahaan lebih dari 20 miliar dollar AS. Ekspansi bisnis ini mulai dari jaringan hingga telepon pintar.

Sementara Dell sendiri sedang berjuang untuk bangkit dari pasar komputer dan memperketat marjin laba. (KONTAN/Edy Can)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Realtime "Search Engine" Siap Melayani

Posted: 27 Aug 2010 06:20 PM PDT

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com — Sejak meneken kerja sama dengan Twitter, Facebook, dan MySpace akhir tahun lalu, Google telah mengintegrasikan layanan search engine ke basis data layanan jejaring sosial tersebut. Tak hanya menyajikan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, tetapi di sini juga terdapat timeline yang menandai kapan pesan tersebut dituliskan.

Layanan baru itu sudah tersedia sejak Desember lalu sebagai bagian dari proyek eksperimen. Kini, Google telah meluncurkannya secara resmi dengan nama Google Realtime dengan alamat tersendiri di www.google.com/realtime.

"Di halaman baru ini Anda akan menemukan alat bantu yang sangat baik untuk membantu Anda menemukan hasil pencarian yang lebih pas dan benar," ujar Dylan Casey, manajer produk di Google dalam blog resmi Google. Fitur paling utama adalah timeline yang menyajikan grafik semua pesan berdasarkan kata kunci tertentu terurut waktu.

Fitur lainnya yang tersedia adalah pencarian update informasi berdasarkan lokasi geografi sehingga akan menyajikan hasil pencarian yang relevan paling dekat dengan pengguna atau lokasi yang dituju. Misalnya, saat pengguna akan bepergian ke Los Angeles pada musim panas, ia bisa melacak dulu perbincangan atau kejadian apa yang terjadi pada musim panas tahun lalu sehingga dapat menentukan persiapan yang tepat.

Selain itu, terdapat fitur obrolan yang menyajikan perbincangan berkesinambungan berdasarkan urutan pesan dibuat. Dengan fitur ini, pengunjung dapat melacak proses pembicaraan dari awal hingga akhir, termasuk siapa saja yang meneruskan pesan atau melakukan retweet.

"Terakhir, kami juga menambahkan update konten melalui Google Alerts sehingga membuat Anda mudah mengikuti topik pilihan yang hangat. Sekarang, Anda dapat membuat pengingat sendiri sesuai keinginan dan akan memberitahukannya lewat e-mail jika topik tersebut muncul di Twitter atau layanan sejenis," ujarnya.

Pencarian semacam ini kini menjadi incaran semua penyedia layanan search engine seiring makin populernya jejaring sosial. Selain Google, Yahoo dan Microsoft Bing juga menjalin kerja sama dengan Twitter dan Facebook untuk menyajikan hasil pencarian update status dan pesan singkat dengan cara berbeda. Informasi dari jejaring menjadi sangat bernilai karena memberikan pesan termutakhir tentang apa saja yang dibicarakan pengguna internet secara real time.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION