Senin, 09 Agustus 2010

Google Akuisisi Slide, Perusahaan Game Sosial

Google Akuisisi Slide, Perusahaan Game Sosial


Google Akuisisi Slide, Perusahaan Game Sosial

Posted: 08 Aug 2010 05:47 AM PDT

 

VIVAnews - Google pekan lalu mengkuisisi Slide sebuah perusahaan pengembang game, widget, dan aplikasi khusus untuk jejaring sosial. 

Seperti dikutip dari situs San Jose Mercury News, Google mengeluarkan US$228 juta (sekitar Rp2 triliun) untuk akuisisi ini, yang terdiri dari US$182 juta (sekitar Rp 1,6 trilin) untuk akuisisi perusahaan, serta US$46 juta (Rp 410 miliar) untuk bonus bagi karyawan Slide yang juga akan menjadi tim Google.

Didirikan pada 2005, Slide memiliki lebih dari 27 juta pengguna online. Perusahaan ini menawarkan berbagai layanan mulai dari aplikasi berbagi foto hingga game-game untuk jejaring sosial. Misalnya SuperPoke yang kini memiliki 1,1 juta pengguna.

Tak cuma sekadar menulis teks di dinding Facebook teman, dengan aplikasi itu pengguna Facebook bisa melempar kambing virtual atau mengirim 'high five' kepada teman-teman mereka di Facebook. Selain itu, Slide juga membuat berbagai game dan widget lain untuk MySpace atau Friendster.

Ini merupakan akuisisi ke-19 Google tahun ini. Padahal tahun lalu Google cuma mengakuisisi empat perusahaan. Pada blog resminya, Google mengakui tengah berinvestasi untuk meningkatkan fitur jejaring sosial di layanannya. 

"Kami telah membangun elemen sosial yang kuat pada Gmail, Docs, Blogger, Picasa, dan YouTube. Dengan masuknya tim Slide ke Google, kami akan lebih banyak berupaya membuat layanan Google menjadi lebih akrab dengan jejaring sosial," kata David Glazer, Engineering Director Google.

Sementara itu, CEO Slide yang juga merupakan salah satu pendiri PayPal, Max Levchin, mengatakan bahwa Google berkomitmen untuk membangun cara baru bagi orang-orang untuk bisa saling terkoneksi. "Dengan visi dan nilai yang dipegang kedua perusahaan, ini adalah kesempatan yang baik bagi kami untuk bersama-sama mengubah cara orang bersosialisasi di web."

Tentu saja, langkah ini juga tak lepas dari strategi Google untuk menghadapi ancaman Facebook. Sebab, banyak yang terjadi di Facebook tidak mampu dilihat oleh mesin pencari Google. Selain itu, dengan platform sosial, Facebook juga memiliki kemampuan yang lebih baik untuk membidik target iklan yang lebih spesifik. 

Sebelum akuisisi ini, Google berinvestasi juga menanam modal di perusahaan game sosial Zynga, yang membuat berbagai game populer di Facebook seperti FarmVille dan Mafia Wars.

 

Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

FPI dan Igo Idol Bertarung di Twitter

Posted: 08 Aug 2010 02:29 AM PDT

VIVAnews - Indonesia kini memang merupakan salah satu negara pengguna terbesar Twitter. Ini terbukti dengan berbagai topik hangat yang sedang dibicarakan di jejaring mikroblog itu.

Hari ini, Minggu 8 Agustus 2010, setidaknya ada dua topik asal Indonesia yang masuk ke trending topics Twitter, yaitu FPI dan Igo. Dua topik tadi masuk di antara beragam topik lain seperti Last Airbender, Anderson Silva, dan #thesixover. 

Menurut pengamatan VIVAnews, tweet tentang FPI sore ini sempat bertambah dengan kecepatan hingga lebih dari 5.000 tweet dalam hitungan 5 detik, dan sempat menduduki peringkat 3 trending topics

FPI masuk menjadi topik populer berkaitan dengan dugaan keterlibatan kelompok itu dalam peristiwa penyerangan sebuah gereja di Mustika Jaya Bekasi. Kendati tuduhan itu belum bisa dipastikan kebenarannya, dan bahkan FPI sudah membantah, namun mayoritas pengguna Twitter mengecam habis-habisan FPI.

 "Dear FPI.. jangan kalian rusak bulan ramadhan dgn gagah2an.. jangan kau nodai bulan suci dgn ke sok sucian kalian..," kata Fahira Idris, pengusaha wanita putri Fahmi Idris, di Twitter.

Hal senada diungkapkan oleh seorang pengguna Twitter bernama Sarah."yah gara2 FPI nama Islam jadi tercoreng deh, dasar Front Perusak Islam."

Namun ada juga yang belum mengenal FPI. "Fpi itu apaan sih?" kata pengguna Twitter bernama Josephine.

Sementara topik Igo mulai naik setelah Sabtu 7 Agustus 2010 Igo menjadi pemenang Indonesia Idol mengalahkan Citra. "Igo kan menangnya td malam,ko baru jd TT ??" kata pengguna Twitter bernama Eka.

Kini topik FPI di Twitter mulai turun peringkat. Sementara topik 'Igo' justru mulai naik. "FPI VS IGO. Pilih mana?" tweet Taufik.

 

Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION