Jumat, 31 Desember 2010

Operator CDMA Antisipasi Trafik Luar Kota

Operator CDMA Antisipasi Trafik Luar Kota


Operator CDMA Antisipasi Trafik Luar Kota

Posted: 30 Dec 2010 05:57 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghadapi lonjakan trafik di akhir tahun, para operator code division multiple access (CDMA) sudah menyiapkan jaringan dan nomor akses luar kota.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk misalnya, sudah menyiapkan 3,2 juta nomor Flexi Combo untuk para pelanggan. Flexi Combo memungkinkan pelanggan berkomunikasi meski berada di luar area dengan cara menekan *777.

Triana Mulyatsa, Manajer Umum Eksekutif Divisi Telkom Flexi mengatakan, menghadapi trafik Natal dan Tahun Baru 2011, perusahaan sudah meningkatkan kapasitas 5.650 base transceiver station (BTS).

"Pada beberapa tempat wisata dan lokasi yang menjadi pusat kunjungan saat libur, kami juga telah meningkatkan kualitas sinyal melalui penambahan repeater dan mobile BTS," terang Triana, Minggu (26/12/2010). Hingga saat ini, Flexi tercatat sudah memiliki 16,8 juta pelanggan.

Lalu, untuk kebutuhan Internet, FlexiNet juga telah menyediakan lima jalur internet di Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Banjarmasin. Kelima koneksi internet ini memiliki kapasitas bandwidth 3,2 gigabyte per detik (Gbps).

Triana mengatakan, animo masyarakat menggunakan FlexiNet cukup besar pada hari libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini terlihat dari peningkatan trafik sebesar 2 megabyte per detik (Mbps) setiap hari. Saat ini, pelanggan FlexiNet sudah mencapai 400.000 pengguna.

Sebagai tambahan, Flexi juga melakukan sejumlah strategi untuk mempertahankan pelanggan. Salah satunya dengan menyediakan layanan Flexi ngROOMpi, yakni fasilitas komunikasi dengan banyak orang. Untuk menikmati layanan ini; pelanggan tinggal membayar Rp 49 per menit.

Trafik Tertinggi 31 Desember

PT Bakrie Telecom Tbk, operator Esia juga sudah siap menghadapi lonjakan trafik di akhir tahun, tetapi melalui optimalisasi kapasitas BTS. Mohammad Danny Buldansyah, Wakil Direktur Utama Bakrie Telecom mengatakan, kemudahan transportasi turut mendorong peningkatan kebutuhan telekomunikasi di musim libur.

"Kami mengantisipasi lorjakan telepon bukan dengan cara menambah jumlah BTS, melainkan dengan mengoptimalkan kapasitas BTS," kata Danny.

Berkaca pada musim libur Lebaran lalu, trafik pesan singkat (SMS) Esia melonjak 46 persen. Sementara trafik telepon justru menurun di Jakarta dan naik di daerah tujuan mudik seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Danny mengatakan, lonjakan trafik Esia biasanya terjadi tanggal 23 Desember 2010-3 Januari 2011 nanti. Sementara trafik terpadat terjadi pada tanggal 31 Desember 2009 di mana pelanggan Esia GoGo meningkat 80,49%. Esia GoGo adalah layanan telepon di luar kode area. Menurut Danny, kini tingkat aktivasi Esia GoGo telah mencapai 93% dengan respon kurang dari tiga detik. "Data ini menunjukkan kecepatan jaringan kami mengatasi lonjakan trafik," tukasnya.(Kontan/Gloria Haraito)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suporter Maya Suarakan #Stayherebachdim

Posted: 30 Dec 2010 04:04 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyak pengguna Twitter yang bertanya-tanya ada apa gerangan dengan Irfan Bachdim. Alasannya, tiba-tiba hashtag #stayherebachdim menjadi trending topics alias topik populer yang sedang dibicarakan, Kamis (30/12/2010) malam.

Ada yang menduga Bachdim akan pulang ke Belanda dan bermain di klub Eropa. Rata-rata pengguna Twitter asal Indonesia berharap Bachdim tetap di Indonesia membela tim "Garuda".

Namun, kenyataannya nasib Irfan Bachdim di timnas Indonesia tengah terancam. Klub yang saat ini mengontraknya, Persema Malang, bergabung ke kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) yang digagas Arifin Panigoro. Liga ini dianggap kompetisi ilegal oleh PSSI.

Keputusan Persema membuat Irfan tidak diperkenankan membela timnas Indonesia. Sebab, PSSI menetapkan bahwa untuk menjadi pemain timnas, seorang pemain harus melalui kompetisi binaan PSSI, Indonesia Super League (ISL). Manajer Timnas Andi Darussalam Tabusala mengaku tengah melobi Irfan dan agennya serta klub PSSI agar pemain keturunan Indonesia dan Belanda itu bisa tetap membela timnas.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION