Kamis, 01 Juli 2010

Server Facebook Melonjak Dua Kali Lipat

Server Facebook Melonjak Dua Kali Lipat


Server Facebook Melonjak Dua Kali Lipat

Posted: 30 Jun 2010 02:35 AM PDT

 

VIVAnews - Seiring pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna baru, jejaring sosial terbesar dunia Facebook membutuhkan makin banyak server.

Sebuah slide presentasi yang dibawakan oleh Systems Engineer Facebook, Tom Cook, di acara Velocity 2010, pekan lalu, menunjukkan grafik pertumbuhan server yang digunakan Facebook untuk melayani para pengguna di seluruh dunia. Grafik itu memang tak menyebutkan berapa jumlah pasti server Facebook. 

Namun, situs DataCenterKnowledge, menyandingkan grafik itu dengan data yang diungkap oleh Vice President of Technology Facebook, Jeff Rothschild, bahwa pada November 2009 Facebook telah memiliki lebih dari 30 ribu server.

Maka, dari grafik tersebut bisa ditentukan bahwa jumlah server Facebook saat ini telah mencapai lebih dari 60 ribu server. Ini menempatkan Facebook sebagai salah satu perusahaan dunia yang menggunakan server terbanyak.

Dengan jumlah pengguna yang diyakini telah melebihi 500 juta orang, layanan Facebook memang bisa dibilang sebagai layanan yang boros server. Setidaknya 200 juta orang di seluruh dunia menggunakan Facebook setiap hari.

Mereka melakukan berbagai aktivitas yang sangat menguras server. Menurut Vice President of Technical Operations Facebook Jonathan Heiliger, setiap hari para pengguna menghabiskan 16 juta menit di Facebook. Setiap pekan pengguna berbagi lebih dari 6 miliar konten, berupa update status, foto-foto, maupun catatan. 

Untuk foto saja, ada lebih dari 3 miliar foto yang diunggah ke Facebook setiap bulan. Para pengguna Facebook melihat lebih dari 1 juta foto setiap detik. Maka, tak heran bila server facebook musti bekerja dengan beban lebih dari 50 juta operasi per detik.

 

Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Ciptakan Memori Komputer 32 Giga

Posted: 30 Jun 2010 02:16 AM PDT

VIVAnews - Samsung Electronics Co., Ltd., salah satu pemain utama dalam industri memori mengumumkan pengembangan terbarunya. Mereka kini berhasil memproduksi memori jenis load reduce dual inline memory module (LRDIMM) 32GB untuk server.

Modul memori ini sendiri akan diproduksi secara massal pada pertengahan tahun 2010. Dengan teknologi produksi 40 nanometer, chip 4 gigabit yang diperkenalkan Samsung di awal tahun ini akan melengkapi modul tersebut.

"LRDIMM 32GB yang baru akan mengakomodasi server generasi berikutnya yang di desain untuk virtual, cloud computing dan aplikasi dengan kapasitas tinggi lainnya," kata Ding Soo Jun, Executive Vice President, Memory Marketing Semiconductor Business Samsung Electronics, pada keterangannya, 30 Juni 2010.

"Dengan mengembangkan teknologi load-reduced module dengan 40nm-class DDR3, kami menekankan tujuan kami dalam menggabungkan kapasitas dan penampilan yang terbaik untuk server generasi terbaru," ucapnya.

Prototipe Samsung LRDIMM 32GB terdiri dari 72 chip 4Gb DDR3 dan chip memori tambahan untuk membantu mengurangi beban memori sub-sistem sebanyak 75 persen.

Dengan menggunakan LRDIMM 32GB, kapasitas memori dapat meningkat hingga 384GB per CPU. Pada sistem server dua arah, kapasitas dapat meningkat hingga 768GB atau sekitar 1.5 kali dengan sistem server 512GB yang dilengkapi dengan DDR3 RDIMM 32GB.

Server yang dilengkapi dengan LRDIMM dapat memproses data dengan kecepatan 1.333 Megabit per second (Mbps), sekitar 70 persen lebih cepat dari kecepatan sebelumnya yaitu 800Mbps.

Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION