Selasa, 08 Maret 2011

Temuan NASA Soal Fosil Alien Keliru

Temuan NASA Soal Fosil Alien Keliru


Temuan NASA Soal Fosil Alien Keliru

Posted: 07 Mar 2011 08:00 PM PST

VIVAnews - Seorang ilmuwan NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) menyatakan telah menemukan fosil bakteri di meteorit. Namun, atasannya sendiri justru membantah klaim tersebut.

Sebagaimana disiarkan VIVAnews sebelumnya, seorang ilmuwan bernama Richard B Hoover, menunjukkan bukti adanya makhluk hidup dalam meteorit.

Peneliti dari Pusat Penerbangan Marshall NASA itu mengklaim bahwa ia dan timnya menemukan bukti makhluk hidup berupa fosil bakteri langka, yang hidup di dalam bongkahan batu dari luar angkasa itu. Citra ini diperolehnya dengan menggunakan mikroskop. Ia mengira bahwa fosil bakteri kecil itu adalah cyanobacteria. Tapi, ternyata keliru.

Sekadar diketahui, Cyanobacteria merupakan bakteri biru-hijau yang masuk golongan bakteri autotrof fotosintetik. Dia dapat menghasilkan makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari secara kimia.

Laporan tersebut kini lantas dihentikan perluasannya oleh NASA, meski sempat dipublikasikan Jumat lalu di salah satu jurnal online eksentrik: Journal of Cosmology.

Akibat kecorobohan Hoover, NASA mulai memperhitungkan pekerjaannya. Senin kemarin, Paulus Hertz, kepala direktorat misi NASA mengatakan bahwa NASA tidak dapat berdiri di belakangnya dan mendukung klaim ilmiah tersebut.

"Kami tidak dapat mendukung klaim ilmiah sampai benar-benar dikaji secara menyeluruh dan memenuhi syarat ... Kami bahkan tidak mengetahui pengajuan kertas ke Journal of Cosmology atau publikasi yang terjadi belakangan ini," kata Hertz.

Menanggapi isu ini, Journal of Cosmology pun turut buka mulut. Media publikasi yang berusia 2 tahun itu mengklaim bahwa publikasi itu telah diuji bersama ilmuwan (peer-reviewed).

Pada kasus ini, editor jurnal mengatakan artikel yang dikirimkan Hoover telah melalui kritik dari 100 ilmuwan terkemuka dan layak dimasukkan dalam jurnalnya. Dalam penelitian ilmiah normal, peer-review dibutuhkan untuk sebelum diterbitkan untuk menjamin keakuratan.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Comment Is Free But Freedom Is Slavery - An Exchange With The Guardian's Economics Editor.



image

Modem Murah Khusus UMKM Beredar

Posted: 07 Mar 2011 08:00 PM PST

VIVAnews - Sebuah modem dengan harga terjangkau diluncurkan ke pasar. Produk layanan akses internet berkecepatan tinggi besutan PT Bakrie Connectivity yang diberi nama AHA Office-in-a-Box itu didesain khusus untuk para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

AHA Office-in-a-Box yang berbasis jaringan CDMA 1X-EVDO Rev A, diklaim merupakan solusi bisnis online karena dirancang untuk mendukung dan meningkatkan daya saing UMKM.

"Penggunaan AHA Office-in-a-Box akan memberikan keunggulan kompetitif bagi UMKM dan dapat bersaing lebih baik dalam industri yang mereka jalani," klaim Anindya Bakrie, Presiden Komisaris Bakrie Connectivity, pada peluncuran AHA-Office-in-a-Box, 8 Maret 2011.

Anindya menjelaskan, pertumbuhan UMKM yang pesat diiringi penggunaan teknologi informasi yang tepat akan menciptakan transformasi bisnis dan merangsang perekonomian Indonesia.

Bakrie Connectivity, kata Anin, berkomitmen menyediakan layanan akses interney yang mudah dan terjangkau bagi rakyat Indonesia. "Dengan meningkatnya permintaan teknologi informasi pada pasar UMKM, kami yakin bahwa AHA Office-in-a-Box merupakan solusi yang tepat bagi UMKM untuk maju dalam pasar global," ucapnya.

Kementerian Koperasi dan UKM menyambut baik diluncurkannya perangkat akses internet yang khusus untuk pelaku bisnis UMKM itu. Salah satu tantangan yang dihadapi UMKM beberapa tahun belakangan adalah keterbatasan akses terhadap sumber daya produktif, termasuk teknologi, sarana pemasaran dan informasi pasar.

"Kami menyambut baik inisiatif Bakrie Connectivity untuk mengembangkan bisnis mereka dan bersaing lebih baik di pasar nasional dan internasional," ungkap Choirul Jamhari, Deputi Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, dalam kesempatan yang sama.

Bahkan, Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, yang juga hadir pada acara itu, mengakui telekomunikasi harus berkembang guna memenuhi kebutuhan manusia. "Saya menyambut baik inovasi AHA dari Bakrie Telecom," ucap Tifatul.

Menurut Menteri Tifatul, saat ini pengguna internet sudah mencapai 45 juta orang, meski lebih banyak ke arah jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Maka, diharapkan penggunaan internet ke arah yang lebih produktif. "Penggunaan internet untuk UMKM sangat penting karena orang begitu tergantung dengan internet untuk go internasional," ucapnya.

AHA adalah layanan akses internet berkecepatan tinggi berbasis jaringan CDMA 1X-EVDO Rev A. Dengan terkonologi EVDO koneksi jalur data yang terdedikasi terpisah antara jalur suara dan data, membuat kemampuan akses data internet jelas dapat diandalkan serta mampu memberikan layanan data berkualitas.

Kemampuan akses kecepatan AHA untuk download mencapai 3,1 Mbps dan kecepatan upload-nya 1,8 Mbps.

Di dalam AHA Office-in-a-Office, Bakrie Connectivity bekerja sama dengan perusahaan raksasa internet, yakni Google. Kerja sama itu dapat menghadirkan produk dan layanan kelas dunia dengan citra rasa lokal bagi konsumen yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Laporan: M Arief Hidayat

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Comment Is Free But Freedom Is Slavery - An Exchange With The Guardian's Economics Editor.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Ponsel Terlaris Februari 2011

Posted: 07 Mar 2011 06:51 PM PST

VIVAnews - Krusell memperbarui daftar 10 ponsel terlaris. Dan posisi Apple iPhone 4 sebagai penyandang predikat ponsel terlaris belum tergantikan. Ini adalah kali kelima smartphone berbasis iOS itu menduduki posisi puncak.

Artinya, iPhone 4 bertahan di posisi puncak sebagai ponsel terpopuler selama lima bulan berturut-turut sejak bulan Oktober tahun lalu.

Jika menilik kemampuan dan fiturnya, rasanya smartphone terakhir besutan Apple itu memang pantas menyabet gelar ponsel terlaris. Ia mendobrak pasar dengan fitur FaceTime yang membuat aktivitas video call lebih nyata dan benderang dibandingkan generasi sebelumnya.

Selain itu, iPhone 4 juga dilengkapi Retina display Apple terbaru yang memungkinkan tampilan beresolusi tertinggi yang pernah dihadirkan pada ponsel untuk menghasilkan teks, gambar, dan video yang lebih detail dan tajam.

Dalam daftar terbaru, Samsung Galaxy Tab berhasil memikat perhatian. Posisinya melejit enam peringkat ke posisi ke-2 dari posisi ke-8. Galaxy Tab merupakan tablet PC pertama Samsung yang hadir dengan layar 7-inci dan berbasis OS Android.

Selebihnya, penghuni daftar bulan ini kurang lebih sama. Ada HTC Desire HD, Nokia 3720 Classic, Nokia C5. Terdapat pendatang baru seperti HTC Wildfire sementara Nokia N8 hengkang dari daftar.

Berikut 10 ponsel terlaris per bulan Februari 2011 versi Krusell:

1. (1) Apple iPhone 4

2. (8) Samsung Galaxy Tab

3. (2) HTC Desire HD

4. (3) Nokia 3720 Classic

5. (5) Nokia C5

6. (10) Nokia E52

7. (7) Samsung GT-B2710 / Xcover 271

8. (-) HTC Wildfire

9. (-) Samsung B2700

10. (6) Samsung I9000 Galaxy S

( ) = posisi bulan lalu.

"Tablet lebih sering diperbincangkan belakangan ini," kata Ulf Sandberg, CEO Krusell, melalui keterangan resmi yang dikutip VIVAnews, Selasa 8 Maret 2011.

"Permintaan casing (pembungkus) Samsung Galaxy Tab sangat besar selama beberapa bulan terakhir. Sayangnya, daftar ini hanya menyajikan ponsel-ponsel dengan catatan penjualan terlaris, sebab itu Apple iPad tidak masuk dalam daftar. Jika diperhitungkan, iPad bisa ditempatkan di peringkat kedua."

"Ini akan sangat menarik untuk memperhatikan di mana posisi tablet perdana HTC. Saya kira HTC Flyer akan mulai masuk ke dalam daftar sejak kuartal kedua tahun 2011," tandas Sandberg.

Sebagaimana diketahui, pemilihan 10 ponsel di atas didasari pada daya serap konsumen terhadap produk-produk casing (pembungkus) ponsel sepanjang 2010, termasuk perangkat serta pernak-pernik portabelnya, yang diproduksi Krusell sebanyak lebih dari tiga juta unit rata-rata per tahun.

Daftar keluaran produsen pernak-pernik perangkat elektronik dan ponsel asal Swedia ini cukup unik mengingat data yang terkumpul merepresentasikan penjualan ponsel di 6 benua dan lebih dari 70 negara di seluruh dunia.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Comment Is Free But Freedom Is Slavery - An Exchange With The Guardian's Economics Editor.



image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP DREAMING START ACTION