stop dreaming start action: Microsoft dan Intel Kerja Sama Hadirkan Komputer Tercepat |
- Microsoft dan Intel Kerja Sama Hadirkan Komputer Tercepat
- Disney Jualan Film via Kartu microSD
- Semua Nominator INAICTA 2009 Berkesempatan Mengembangkan Usaha
- MySpace Coba Menjadi Pusat Video Game Online
- 2011, Single Identity Number Siap
Microsoft dan Intel Kerja Sama Hadirkan Komputer Tercepat Posted: 24 Jul 2009 06:03 PM PDT Kompas - Sabtu, Juli 25 SEATTLE, KOMPAS.com — Untuk memantapkan kualitas Windows 7 yang akan dirilis mulai 22 Oktober 2009, Microsoft melakukan kerja sama pengembangan dengan Intel. Kerja sama ini bertujuan membuat Windows 7 mampu memaksimalkan fasilitas multithread dan multicore chip Intel saat penggunaan aplikasi komputer. Sebuah fitur bernama SMT (simultaneou multi-threading) mereka kembangkan untuk memudahkan pengguna komputer memecah tugas berat, seperti encoding video dan image filtering ke dalam beberapa jaringan (threads). Hal tersebut diyakini bisa menjadi solusi kecepatan pemrosesan aplikasi. "Semakin banyak core yang Anda punya, makin baik," ujar George Alfs, juru bicara Intel. Alfs menambahkan bahwa Intel chip sekarang menggunakan arsitektur Nehalem yang mampu menjalankan dua thread tiap core. Hampir semua laptop dan komputer desktop sudah menggunakan arsitektur Nehalem ini. Selain SMT, kedua perusahaan besar tersebut juga melakukan pengembangan driver dan BIOS level untuk mempercepat proses booting dan shut down komputer. Menurut Alfs, chip Intel berarsitektur Nehalem diyakini bisa mencapai hal tersebut dan Windows 7 memang didesain untuk memaksimalkan kinerja chip Intel. Pengembangan di sektor hardware juga dilakukan oleh Intel dan Microsoft untuk mendukung kinerja Windows 7, tetapi sejauh ini kedua belah pihak belum mau berkomentar. Sebenarnya kerja sama Intel dan Microsoft ini bukanlah hal yang baru lagi. Hampir semua komputer sekarang menggunakan Windows sebagai OS dan Intel sebagai chip processor-nya. "Intel dan Microsoft sudah bekerja sama lebih dari 20 tahun. Target dari kerja sama mutual kami adalah menghadirkan pengalaman penggunaan komputer paling responsif," tukas Joakim Lialias, Intel Alliance Manager. This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now |
Disney Jualan Film via Kartu microSD Posted: 24 Jul 2009 06:03 PM PDT Kompas - Sabtu, Juli 25 OSAKA, KOMPAS.com – Sebuah perjanjian baru saja ditandatangani oleh Panasonic dan Walt Disney Home Entertainment. Keduanya akan bekerjasama dalam mendistribusikan film-film Disney di kartu microSD mulai bulan November. Film pertama yang akan dirilis di kartu microSD ini adalah trilogi Pirates of the Carribean. Judul-judul lain akan dirilis bersamaan dengan jadwal yang ada di DVD. Film-film tersebut bisa ditonton pada sistem navigasi mobil dan ponsel. Sekadar informasi, Panasonic sudah memiliki TV panel datar dan kamera video yang punya built-in SD card reader. Sayangnya kita di tanah air belum dapat menikmati kartu microSD ini. Sebab peredaran kartu berisi film itu sementara waktu terbatas di Jepang. Selain itu, harga kartu itu cukup mahal, US$ 53. Maklum di dalamnya juga terkemas teknologi anti-copy. This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now |
Semua Nominator INAICTA 2009 Berkesempatan Mengembangkan Usaha Posted: 24 Jul 2009 06:03 PM PDT Kompas - Sabtu, Juli 25 JAKARTA, KOMPAS.com - Peserta Indonesian ICT Award (INAICTA) tidak perlu khawatir lagi tidak mendapatkan apresiasi dan bantuan dana untuk mengembangkan hasil kreativitasnya. Dimulai dari INAICTA 2009, semua nominator akan mendapatkan dukungan dari Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) berupa koneksi kepada investor/pembeli dan kemampuan beriwirausaha. Dalam konfrensi pers INAICTA 2009 yang berlangsung di Gedung Depkominfo (24/7), Menkominfo Muhammad Nuh mengemukakan bahwa sekarang ada dua program yang bertujuan untuk mengapresiasi prestasi nomintaor INAICTA. Kedua program tersebut adalah Business Matchmaking dan Entrepreneurship Program. Business Matchmaking adalah upaya Depkominfo untuk membantu nominator mendapatkan bantuan dana dari investor atau pembeli yang tertarik terhadap hasil karya mereka. Investor atau pembeli tidak harus selalu dicarikan oleh pihak Depkominfo, tetapi peserta boleh menawarkan sendiri siapa calon investor atau pembeli mereka terhadap Depkominfo. "Jadi INAICTA tidak hanya sekedar ajang kompetisi ICT saja, tetapi juga sebagai ajang pertemuan antara nominator dengan investor," jelas Muhammad Nuh dalam konfrensi pers yang berlangsung. Selain Business Matchmaking Program, terdapat Entreprenership Program. Entrepreneurship Program diadakan dengan tujuan agar nominator tidak hanya pandai menciptakan suatu karya saja, tetapi di sisi lain juga pandai memperdagangkannya. Pada intinya, program ini melatih nominator INAICTA untuk pandai berwirausaha dalam waktu enam bulan Kedua program yang sebenarnya sudah direncanakan sejak 2008 tersebut mendapat tanggapan yang cukup baik dari beberapa perusahaan. Sebagai contoh adalah Bank Mandiri yang akan terlibat langsung dalam Entrepreneurship Program. Meskipun kedua program ini kebanyakan didukung oleh perusahaan swasta, tidak menutup kemungkinan pihak pemerintah juga akan menjadi investor atau pembeli. "Meski kebanyakan dari pihak swasta, terdapat juga beberapa calon investor yang berasal dari BUMN," jelas Hari Sungkari, Ketua INAICTA 2009. This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now |
MySpace Coba Menjadi Pusat Video Game Online Posted: 24 Jul 2009 06:03 PM PDT Kompas - Sabtu, Juli 25 SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Untuk bisa bersaing dengan Facebook yang terus menarik pengguna baru, MySpace coba melakukan perubahan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengubah MySpace menjadi pusat bermain video game online agar bisa tetap bertahan sebagai tempat tujuan entertainment. Jonathan Miller, NewsCorp Digital Head, mengutarakan keinginannya Kamis lalu (23/7) untuk bisa memperbanyak permainan video game di MySpace yang diyakini menjadi salah satu alasan kenapa Facebook begitu populer. "MySpace akan menghadirkan sesuatu yang lebih sebagai pusat video game, sebuah ruang di mana orang bisa bertemu dan bermain game bersama," tukas Miller seperti dilansir Reuters. Miller juga menambahkan bahwa mungkin NewsCorp akan melakukan akusisi terhadap salah satu pengembang game demi memperlancar rencana mereka. Meskipun begitu, hingga saat ini belum ada satu nama pun pengembang game yang terlintas di kepala. "Akusisi mungkin memang dibutuhkan untuk memulai rencana NewsCorp menjadikan MySpace sebagai pusat videogame," ucap Richard Greenfield, seorang pengamat dari Pali Research. MySpace sekarang sudah mempunyai portal khusus di mana pengguna MySpace bisa bermain video game secara online bersama teman-teman. Beberapa analisis menunjukkan bahwa MySpace semakin diragukan dalam menghadirkan hiburan entertainment seperti video yang dulu dijadikan ujung tombak MySpace. Sekarang pengguna internet lebih sering mengunjungi Youtube dan Hulu untuk menikmati video-video amatir ataupun professional. Jika di sektor video saja sudah kalah, satu-satunya yang tersisa untuk MySpace adalah video game. This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now |
2011, Single Identity Number Siap Posted: 24 Jul 2009 06:19 AM PDT By Indra Darmawan, Muhammad Chandrataruna VIVAnews - Sabtu, Juli 25 VIVAnews - Menjelang berakhirnya kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh masih menyisakan beberapa PR yang belum kelar. Di antaranya adalah proyek pembangunan backbone telekomunikasi Palapa Ring, Single Identity Number (SIN), dan e-Education. Hal itu diakui sendiri oleh Nuh usai Konferensi Pers INAICTA 2009, di Gedung Depkominfo, Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat 24 Juli 2009. "Tak hanya Palapa Ring yang belum rampung di flagship Detiknas (Dewan TIK Nasional), masih ada Single Identity Number dan e-Education," kata Nuh. Salah satu yang tak kalah penting, kata Nuh, adalah pemberlakuan Single Identity Number (SIN). SIN alias nomor identitas tunggal adalah nomor tunggal yang diterapkan pada KTP, SIM, NPWP, visa, BPKB atau paspor, untuk menghindari duplikasi identitas. Menurut Nuh, SIN dapat menjadi solusi bagi polemik Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terjadi pada pemilu 2009. "Single Identity Number bisa menyudahi masalah DPT pada pemilihan umum 2014 mendatang. Mudah-mudahan pada 2011 nanti sudah bisa diluncurkan," kata Nuh. Ia berjanji, departemennya akan membahas kembali tiga agenda yang belum rampung itu, sebelum Agustus mendatang. Nasib Palapa Ring diputuskan bulan depan Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Kominfo Gatot S Dewa Broto mengatakan bahwa beberapa peserta konsorsium Palapa Ring, telah meminta agar pembangunan fisik Palapa Ring diundur hingga Desember tahun ini. Namun, kata Gatot, hal itu akan didiskusikan lagi, dan baru diputuskan kelanjutannya bulan depan. Sedianya, pembangunan megaproyek ini sudah dimulai Agustus tahun ini dan mulai beroperasi pada 2010. Namun, karena tekanan krisis, beberapa anggota konsorsium termasuk XL mengundurkan diri. "Kita memahami kesulitan mereka. Soal alternatif pendanaan juga akan disinggung di diskusi nanti. Sementara XL, mereka berjanji akan kembali tahun depan," ujar Gatot. Palapa Ring adalah megaproyek yang bertujuan membangun tulang punggung (backbone) serat optik nasional yang terdiri dari tujuh cincin (ring) yang melingkupi 33 provinsi dan 460 kabupaten, terutama di Kawasan Timur Indonesia. Awalnya megaproyek ini diikuti oleh Bakrie Telecom (BTel), Excelcomindo Pratama, Indosat, Infokom Elektrindo (termasuk PT Mobile-8 Telecom Tbk sebesar 6,3 persen), Powertek Utama Internusa (sebagai representasi Linbrooke Worldwide Ltd sebesar 10 persen), dan Telkom. Setelah beberapa anggotanya mundur, praktis, kini anggota konsorsium yang bertahan tinggal BTel, Indosat dan Telkom. |
You are subscribed to email updates from Add Images to any RSS Feed To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Inbox too full? ![]() | |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
STOP DREAMING START ACTION